Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sahabat sehat, perkenalkan saya dr. Sungadi Santoso. Anda boleh menyapa saya dengan sebutan dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan acara “TANYA DR. SUNG”. Acara ini bisa anda tonton di YouTube setiap hari Rabu dan Sabtu.

Di acara “TANYA DR. SUNG” ini saya akan membahas seputar dunia kesehatan dan gaya hidup. Dan topik saya kali ini adalah : “Orang – Orang Yang Begadang Cenderung Mengalami Obesitas”.

Kenapa sih, orang – orang yang begadang cenderung mengalami obesitas?

Ada 2 faktor utama mengapa orang yang begadang cenderung mengalami obesitas :

1. Hormon BMAL1

Faktor yang pertama adalah mungkin anda pernah mendengar yang namanya HORMON BMAL1. Jadi yang namanya orang begadang, pasti ditemani camilan. Makanan yang paling banyak dikonsumsi di malam hari itu apa sih? Sebagian besar adalah junk food. Tentunya teman-teman sudah tahu, jarang sekali kita begadang camilannya apel atau jeruk. Itu jarang sekali. 99% orang begadang mengkonsumsi junk food. Lalu, apa sih hubungannya dengan hormon BMAL1 tadi?

Jadi, hormon ini terbentuk sekitar jam 2 malam. Itu adalah puncaknya. Dan tugas hormon ini adalah untuk membentuk lemak pada sel-sel tubuh. Jadi kalau misalkan anda makan jam 9, jam 10 atau bahkan jam 12, itu artinya anda menyiapkan nutrisi bagi hormon ini untuk membentuk lemak. Jadi bagi anda yang sedang program diet, saya sarankan untuk tidak makan di atas jam 7 malam. Kenapa? Karena seperti yang sudah saya katakan tadi.

2. Hormon NPY (Neuropeptide Y)

Faktor yang kedua, ada hormon yang namanya hormon NPY (Neuropeptide Y). Hormon ini juga sangat erat kaitannya. Hormon NPY ini cara kerjanya mirip dengan hormon sebelumnya, yaitu hormon BMAL1 tadi. Mengapa hormon ini bisa terbentuk? Itu pertanyaannya. Hormon ini bisa terbentuk karena STRESS. Jadi, kebiasaan tidur larut malam cenderung terjadi pada mereka yang mengalami ‘stress’.

Penyebab stress ada bermacam-macam :

  • Masalah pekerjaan kantor yang belum selesai
  • Banyak pikiran

Coba anda perhatikan. Mungkin anda sekarang yang sedang menjalankan program diet, anda yang setiap hari mengalami stress, pasti anda susah untuk menurunkan berat badan anda.

Jadi saran saya bagi anda yang sedang menjalani program diet :

  • Cobalah mengatur pola tidur anda
  • Berusahalah memanajemen pikiran stress anda

Karena kalau tidak, sekeras apapun anda berusaha dan berolahraga, berat badan anda akan susah sekali turun. Kalaupun turun, nantinya akan naik lagi. Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Jika anda menyukai topik kesehatan seperti ini, silahkan anda share ke teman-teman anda. Dan jika ada pertanyaan, silahkan anda comment di bawah, serta jangan lupa like dan subscribe. Sekian dari saya dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here