Home Info Kesehatan Ini Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Bagi Pemula

Ini Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Bagi Pemula

0
3
Ini Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Bagi Pemula - Lucid Dream

Lucid dream merupakan suatu fenomena mimpi. Dimana pada kondisi ini, seseorang akan membuat seseorang mengalami mimpi di tengah tidurnya tetapi ia berada dalam kondisi sadar. Dimana kondisi ini juga kerap kali disebut dengan istilah mimpi sadar.

Lucid dream akan membuat seseorang merasa seolah melihat kejadian tertentu yang melibatkan dirinya sendiri. Ternyata, terdapat penejlasan secara ilmiah di balik lucid dreams dan penyebab lucid dream terjadi. Saat lucid dream sedang terjadi, seseorang akan merasakan seolah melihat kejadian tertentu yang akan melibatkan diri sendiri.

Lucid dream banyak dilakukan karena dianggap banyak memiliki manfaat atau dampak baik bagi orang yang melakukannya. Hal ini akan membuat pengalaman sensori serta emosional seseorang menjadi luar biasa. Selain itu, hal ini juga dianggap mampu mampu meningkatkan kreativitas serta mengurangi tingkat kecemasan. Untuk dapat mengalami lucid dream, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Berikut beberapa cara mudah melakukan lucid dream yang dapat kamu coba:

1. Catat jurnal

Lucid dream dapat dilakukan dengan cara mencatat jurnal atau siklus tidurnya setiap hari. Hal ini dipercaya memungkinkan seseorang untuk mengalami lucid dream menjadi lebih besar. Selain itu, car aini juga akan membuat kamu menjadi menyadari pengalaman ini Ketika terjadi.

2. Meningkatkan fase REM

Lucid dream sering terjadi di fase REM, sebisa mungkin meningkatkan kualitas tidur agar dapat berada di tahap ini. Pada saat fase REM, mata akan bergerak lebih cepat, lalu otot di seluruh tubuh tidak bergerak, dan tendensi mengalami mimpi yang lebih besar. Untuk dapat mengalami fase ini, sleep hygiene dioptimalkan dengan tidur teratur, mengurangi akses alat elektronik sebelum tidur, tidak makan terlalu berat, menghindari konsumsi kefein menjelang tidur, serta membuat suasana kamar tidur senyaman mungkin.

3. Reality testing

Kegiatan ini dilakukan pada saat bangun tidur dan terlelap agar mengetahui situasi sedang bermimpi atau tidak. Bisa berbentuk apa saja. Seperti menekankan jari pada dinding untuk memastikan apakah sedang bermimpi. Jika tidak bermimpi, jari tentunya akan terhenti saat sudah menekan tembok.

4. Mnemonic Induction of Lucid Dreams

Dapat disebut dengan MILD, Memastikan diri sendiri bahwa anda sedang bermimpi dengan kondisi sadar akan mimpi itu merupakan cara teknik ini dilakukan. Teknik ini mengantungkan mekanisme memori prospektif atau kemampuan untuk mengingat kejadian yang akan datang. Secara tidak langsung ini juga akan mengaktifkan situasi lucid dream. Cara efektif melakukan teknik ini yaitu saat seseorang terjaga di tengah malam  sekitar 30-120 menit, sebelum kemudian kembali tertidur. Artinya, metode ini dilakukan dengan sengaja menginterupsi durasi tidur seseorang.

Melakukan atau mengalami lucid dream tentunya akan berdampak pada diri seseorang, mulai dari gangguan tidur hingga dampak pada kepribadian seseorang. Konsultasikan hal ini kepada yang lebih ahli untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here