Home Penyembuhan 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

0
2
4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami - Gusi Bengkak

Cara mengatasi gusi bengkak yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya apabila dilakukan dengan tepat karena hal cara-cara ini menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Tentunya gusi bengkak menjadi salah satu masalah pada mulut dan gigi yang sangat menganggu. Gusi bengkak terjadi akibat adanya infeksi pada area gusi yang mengakibatkan area tersebut mengalami pembengkakan. Beberapa kondisi yang mengakibatkan gusi bengkak antara lain seperti menggosok gigi terlalu keras, merokok, memasang behel, dan lain sebagainya.

Gusi bengkak akan menyebabkan gusi merasakan nyeri, keluar darah saat menggosok gigi, bahkan sampai keluar nanah. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu dan perlu untuk segera diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang mudah untuk kamu lakukan di rumah saja:

1. Kumur air asin

Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama dapat kamu lakukan yaitu dengan berkumur menggunakan air campuran garam atau air asin. Kandungan garam tersebut berguna untuk membantu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi serta pembengkakan pada gusi. Cukup siapkan segelas air hangat lalu campurkan satu sendok teh garam ke dalam gelas tersebut, lalu aduk hingga larut. Gunakan cairan tersebut untuk kumur selama beberapa saat, lalu buang. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Teh celup

Ternyata teh celup yang ada di pasaran dapat digunakan untuk mengatasi masalah gusi bengkak, khususnya jenis teh hitam serta teh hijau. Hal ini dikarenakan kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan zat tanin yang cukup tinggi. Siapkan sekantong teh segar, kemudian rendam dalam air yang mendidih sekitar 5 menit. Selanjutnya tunggu kantung teh tersebut hingga dingin. Setelah kantung teh tersebut dingin, oleskan langsung ke bagian gusi yang bengkak selama kurang lebih 5 menit. Lakukan secara rutin agar kondisi gusi bengkak dapat segera membaik.

3. Kumur air lemon

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya ialah dengan berkumur menggunakan air lemon. Dimana lemon akan membantu untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut secara alami dengan kandungan asamnya. Cukup peras 1 buah lemon lalu campurkan dengan segelas air hangat. Gunakan cairan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi bengkak secara alami.

4. Ramuan herbal

Kamu juga dapat menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Gunakan ramuan herbal yang mengandung anti-inflamasi seperti jahe. Hal ini bertujuan untuk mengatasi peradangan serta meredakan nyeri pada gusi bengkak. Cukup campurkan bubuk ramuan herbal tersebut dengan sedikit air hangat, hingga mencapai konsistensi yang cukup kental. Kemudian oleskan pada area gusi yang bengkak. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Gusi bengkak dapat menjadi masalah yang serius apabila tidak segera ditangani. Lakukan cara-cara di atas untuk mengatasi masalah gusi bengkak secara alami. Apabila kondisi gusi bengkak tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here