Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas video lanjutan tentang sarang burung. Jika pada video sebelumnya saya sudah pernah membuat video tentang kunjungan saya ke pabrik sarang burung walet dan bagaimana sejarahnya di kerajaan China, kali ini saya akan membahas tentang “Protein Dalam Sarang Burung yang Dapat Memberi Efek Anti Aging (Anti Penuaan)” serta beberapa pertanyaan lainnya seputar sarang burung walet.

Sobat sehat, di video saya sebelumnya, ada yang bertanya :

“Apakah dengan mengkonsumsi sarang burung dapat membuat kita awet muda?”

Jadi begini.. Sebenarnya jika anda ingin awet muda, yang pertama adalah perhatikan pola makan dan gaya hidup anda. Jadi, jam berapa anda tidur? Apakah anda berolahraga? Bagaimana dengan tingkat stress anda? Apakah setiap harinya anda terpapar radikal bebas? Apakah anda setiap hari terpapar sinar matahari cukup lama? Anda harus perhatikan hal-hal tersebut.

Setelah anda mengatasi hal tersebut, jika anda ingin mengkonsumsi sarang burung, silahkan saja. Namun untuk manfaat sarang burung ini sendiri yang saya baca dari beberapa jurnal, salah satunya adalah Journal of Asian Scientific Research. disini dikatakan bahwa sarang burung walet mengandung protein sekitar 59,8-65,8%. Dimana kita tahu protein ini memegang peranan penting untuk biological process.

Kemudian, ada jurnal lainnya yang mengatakan bahwa salah satu protein yang terkandung di dalamnya adalah EGF (Epidermal Growth Factor) yang dapat merangsang pembelahan dan pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi jaringan. Jadi, ini adalah salah satu manfaat sarang burung. Yaitu meremajakan atau rejuvenation.

Namun, hal ini kembali lagi ke masing-masing individu. Setiap orang punya genetik yang berbeda, usia berbeda, dan jenis kelamin yang berbeda. Hal ini juga tergantung pada kualitas sarang burung yang anda konsumsi. Jika anda makan sarang burung yang sudah difortifikasi dengan tambahan kolagen dan lain-lain, maka efeknya akan berbeda. Kemudian, rentang waktu anda mengkonsumsi sarang burung tersebut juga dapat mempengaruhi. Jadi, anda harus konsisten.

Agar awet muda, anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup anda. Hal inilah yang sangat berperan penting. Jika anda ingin menambahkan suplemen atau konsumsi sarang burung, silahkan.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah :

Apakah sarang burung walet itu halal?

Sebenarnya, pertanyaan ini bukan kapasitas saya untuk menjawabnya. Namun anda bisa cek di video saya sebelumhya ketika saya berkunjung ke salah satu pabrik sarang burung di Bojonegoro. Pabrik tersebut sudah memiliki sertifikat halal.

Lalu kita lanjut ke pertanyaan yang ketiga :

Mengapa harga sarang burung walet sangat mahal?

 Sebenarnya harga murah atau mahal itu relatif, karena setiap individu pasti kondisi finansialnya berbeda. Dengan nominal yang sama, ada yang mengatakan mahal, ada juga yang mengatakan itu murah.

Untuk sarang burung sendiri, ada yang menyebutnya Caviar of the East. Dari literatur yang saya baca, harga sarang burung walet ini memang mahal dikarenakan bahan bakunya yang sulit didapatkan dan sangat terbatas. Namun, kita beruntung karena tinggal di Indonesia. Indonesia adalah produsen sarang burung walet terbesar, terutama di Kalimantan.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah :

Apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin mengkonsumsi sarang burung walet?

Yang pertama adalah jika anda membelinya dalam kondisi mentah. Jika anda ingin mengolahnya sendiri, saran saya anda pelajari dulu bagaimana cara mengolahnya. Jadi, jangan sampai anda salah cara memasaknya. Misalkan anda overcook, maka kandungan gizi di dalamnya juga akan hilang.

Kemudian apabila anda beli dalam bentuk kemasan, maka yang perlu anda perhatikan adalah expired date’nya. Itu dulu yang harus anda baca. Kemudian yang kedua adalah apa saja bahan campurannya. Sekarang ini sudah banyak pabrik yang memproduksi sarang burung walet dalam bentuk kemasan. Ada yang diolah dengan tambahan gula batu, tambahan stevia, dan juga kolagen. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kemudian, perhatikan juga berapa kadarnya.

Anda juga perlu memperhatikan reaksi alergi. Untuk anda para orang tua yang ingin memberikan sarang burung walet untuk anak anda yang masih kecil, saran saya adalah berikan dulu dalam dosis kecil untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal, bibir bengkak, atau nafasnya menjadi cepat, maka anda harus menghentikan konsumsi sarang burung walet dan segera dibawa ke dokter.

Sarang burung walet ini aman dikonsumsi segala usia, dengan catatan tidak memiliki alergi terhadap sarang burung walet. Karena memang ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan makanan yang mengandung protein, dan salah satunya adalah sarang burung walet. Alergi yang biasanya kita ketahui mungkin alergi seafood atau telur. Namun, sarang burung walet juga memiliki kadar protein tinggi, yaitu sekitar 59,8-65,8%.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah :

Usia berapa saja yang boleh mengkonsumsi sarang burung walet?

Jika dilihat dari komposisinya yang memiliki kadar proteinnya tinggi, yaitu sekitar 59,8-65,8%.  Maka sarang burung walet ini kadar proteinnya sama dengan makanan lain seperti telur, ikan, dan lain-lain. Jadi, sarang burung walet ini dapat dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia. Namun, tentu saja bagi bayi usia 0-6 bulan belum boleh diberikan makanan, karena bayi hanya mengkonsumsi ASI eksklusif.

Jika anda ingin memberikan anak anda sarang burung walet dalam bentuk kemasan, anda harus tanyakan dulu pada penjualnya ada bahan campuran apa saja di dalamnya. Lalu, bolehkah anak usia 1-2 tahun mengkonsumsinya? Anda wajib menanyakan hal ini karena setiap produsen pasti memilki bahan campuran tersendiri.

Kemudian kita masuk kepertanyaan terakhir :

Apa saja manfaat sarang burung?

Sarang burung ini memiliki banyak manfaat. Sarang burung sudah dikenal sejak zaman dinasti Tang tahun 618 di kerajaan China. Pada zaman tersebut, sarang burung walet diolah menjadi sup dan juga dikenal bermanfaat untuk pengobatan. Ini semua ditulis oleh Zhanglu dari zaman dinasti Qing.

Kemudian dari literatur yang saya baca, sarang burung walet ini dihargai karena nilai obatnya yang tinggi. Termasuk manfaatnya sebagai anti aging, anti kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian juga dapat mengurangi asma, menekan batuk, meningkatkan libido, masalah stomatch ulcer dan lain-lain.

Mengingat nilai gizi dan nilai obatnya yang tinggi, berbagai percobaan ilmiah dilakukan untuk mempelajari fungsi dan komponen bioaktif dari sarang burung tersebut. Selama membuat topik ini, saya juga membaca beberapa jurnal dari Malaysia dan lain-lain. Jadi, pertanyaan-pertanyaan tadi saya jawab berdasarkan literatur yang saya baca.

Dan satu hal lagi, selain protein EGF yang tadi sudah saya bahas, ada satu zat lain yang terkandung di dalam sarang burung walet yang sering diperbincangkan, yaitu Sialic Acid. Namun, saya akan membahas ini di video saya selanjutnya.

Sobat sehat, sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here