Home Berita Kenapa Rambut Kita Bisa Jadi Putih?

Kenapa Rambut Kita Bisa Jadi Putih?

0
26

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik yang ringan. Jadi, topik kali ini adalah : “Kenapa Rambut Kita Bisa Jadi Putih?”

Sobat sehat, waktu masih kecil mungkin anda ingat pernah bertanya begini kepada orang tua : “Pa/Ma, kenapa sih rambut kakek dan nenek warnanya putih?”

Lalu, apa jawaban mereka? “Ya karena mereka sudah tua, nak..”. Seperti itu. Jadi, kita semua pasti akan mengalami hal ini. Semakin usia kita bertambah, maka kita akan semakin tua. Namun, ada pepatah bijak yang mengatakan seperti ini :

“Tua itu pasti, dewasa itu pilihan”.

Hari ini saya menjadi orang bijak ya..

Kalau anda sendiri, anda lebih suka rambuh hitam atau rambut putih? Jadi, siapa yang kenal Lady Gaga? Pada saat Lady Gaga menyanyikan lagu ‘Poker Face’, rambutnya ‘kan putih semua. Atau anda lebih suka Lady Gaga menyanyi lagu ‘Shallow’, ketika rambutnya berwarna? Anda suka yang mana? Rambut putih atau berwarna? Silahkan anda comment di bawah. Sekarang kita bahas intinya.

Jadi, mengapa rambut kita bisa memutih?

Sebelum saya jawab, anda bisa lihat anatomi rambut pada gambar berikut ini. Jadi, pada rambut kita terdapat yang namanya folikel. Orang awam biasa menyebutnya akar rambut. Sebenarnya, akar rambut itu belum memiliki warna. Apa yang membuat rambut itu berwarna? Jadi, ada yang namanya sel melanosit.

Jika anda lihat gambarnya, sel tersebut seperti gurita. Jadi, sel melanosit ini menghasilkan zat pigmen yang disebut dengan melanin. Jadi, melanosit ini masuk ke dalam folikel, kemudian ia memberi warna pada rambut.

Warna rambut akan berbeda-beda, tergantung genetik. Ada yang rambutnya berwarna merah, pirang, cerah, dan juga hitam. Itu semua tergantung pigmennya. Dan hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi apabila rambut orang tua hitam, kemungkinan besar rambut anaknya juga hitam. Kalau rambut orang tuanya campuran, mungkin bisa menurun dari salah satunya.

Begitu pula dengan jenis rambut. Ada rambut lurus, rambut ikal, rambut keriting ataupun rambut bergelombang, itu semua dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi, ada ras-ras tertentu yang memiliki rambut yang juga berbeda-beda.

Ini bukan bicara tentang rasial, bukan membeda-bedakan ras. Tetapi, ini adalah ilmu pengetahuan.

Mungkin mereka yang memiliki rambut lurus sering dijadikan iklan shampoo. Lurus berkilau, tidak ada gelombangnya. Tetapi, apakah anda percaya itu hanya hasil dari shampoo? I don’t think so.. Jadi, itu semua adalah faktor dari genetik. Itu yang pertama.

Kemudian dari nutrisi pada makanan. Hal itu juga membuat rambut anda berkilau dan lain-lain. Shampoo juga memiliki peranan penting. Jika rambut anda tidak bersih, rambut anda tidak bisa berkilau. Tetapi faktor genetik, faktor makanan dan nutrisi juga berperan penting. Beberapa hari yang lau, saya membaca sebuah artikel dari CNN Indonesia. Jadi anda bisa klik website www.cnnindonesia.com

Saya sudah mencatatnya disini. Judulnya adalah “IRF4, Gen yang Bertanggungjawab Pada Munculnya Uban”. Artikel ini ditulis pada hari Senin tanggal 14 Maret 2016. Hal ini sebelumnya dikaitkan dengan warna rambut, tetapi akhirnya diyakini mengontrol timbulnya uban. Diperkirakan, gen ini memainkan peranan penting untuk mengatur melanin yang memberikan warna pada rambut, kulit dan mata.

Menurut mereka, penemuan ini berpotensi untuk para ilmuwan mencari cara bagaimana agar bisa mencegah terjadinya rambut memutih. Atau justru mencari cara bagaimana untuk mempercepat memutihnya rambut seperti Storm pada film X-Men.

Jadi dengan penemuan ini, tentu saja para ilmuwan akan mencari cara dan melakukan riset untuk memperlambat penuaan. Kalau bisa diperlambat, tentunya akan lebih bagus. Seiring berjalannya waktu dan usia kita bertambah, akhirnya produksi melanin akan semakin sedikit. Ingat, melanin adalah yang memberi warna pada rambut kita.

Ternyata seiring berjalannya waktu, rambut kita juga mengumpulkan senyawa yang namanya H2O2 atau Hidrogen Peroksida.

Jadi, sebenarnya H2O2 ini merupakan zat berbahaya yang harus segera dibuang oleh tubuh. Dari setiap sel-sel yang hidup, pasti menghasilkan hidrogen peroksida ini.

Yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari, biasanya H2O2 ini digunakan untuk desinfectant, bahan pemutih dan lain-lain. Namun, secara alamiah tubuh kita juga menghasilkan zat-zat tersebut. Hidrogen peroksida atau H2O2 inilah yang menghambat produksi melanin. Tetapi ketika kita masih muda, tubuh kita juga menghasilkan enzim katalase. Tujuannya adalah agar H2O2 tadi diurai menjadi oksigen dan air sehingga melanin tetap bisa diproduksi dengan baik.

Tetapi seiring berjalannya usia, produksi dari enzim katalase ini menurun.

Sedangkan produksi H2O2 justru meningkat. Akhirnya, warna rambut kita pelan-pelan akan memutih. Jadi apabila enzim katalase untuk mengurai H2O2 menurun, maka otomatis melanin juga ikut menurun. Itulah yang menyebabkan rambut kita menjadi putih.

Mungkin selama ini ada orang yang beranggapan bahwa rambut kita cepat memutih karena penggunaan shampoo atau gel rambut. Namun sebenarnya proses alamiah inilah yang terjadi di dalam tubuh kita. Mungkin dipengaruhi juga oleh makanan atau faktor nutrisi. Hal ini juga mempengaruhi nutrisi pada rambut anda.

Jadi bagi anda yang rambutnya sudah mulai memutih karena faktor usia, anda tidak perlu minder dan khawatir karena ada salah satu cara yang praktis. Yaitu anda tinggal semir rambut anda supaya hitam kembali. Bukan begitu? Karena kita tidak bisa melawan usia, itu yang pertama.

Mungkin kita bisa memperlambat penuaan, itulah mengapa sekarang banyak produk anti aging. Salah satunya juga untuk rambut, karena rambut merupakan salah satu penampilan kita.

Mungkin ini saja yang dapat saya bagikan pada video kali ini. Semoga anda semua bisa mengerti.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here