Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Kenapa Bisa Sakit Kuning?”

Sobat sehat, ketika saya membaca kolom komentar, ada yang bertanya : “Dok, mengapa mata dan kulit saya berubah menjadi kuning?”. Saya tidak menjawabnya di kolom komentar tersebut karena penjelasannya sangat panjang.

Pada kesempatan kali ini, saya buatkan videonya. Jadi, apa saja yang menyebabkan kulit atau sklera mata anda menjadi kuning? Bagian putih pada mata itulah yang disebut sklera. Lalu, mengapa bisa menguning? Jadi, penyebabnya adalah penumpukan zat yang disebut Bilirubin di dalam darah kita.

Sebenarnya setiap hari tubuh kita menghasilkan zat bilirubin karena pemecahan sel darah. Namun dalam jumlah normal, karena setiap hari selalu ada sel darah kita yang rusak, walaupun dalam jumlah kecil. Tetapi jika jumlahnya besar, otomatis bilirubin juga akan meningkat. Namun, ada juga hal lain yang menyebabkan bilirubin meningkat. Disini saya akan membagi menjadi 3 kategori.

Yang pertama adalah prehepatik, kemudian yang kedua intrahepatik, lalu yang ketiga posthepatik.

Kita bahas dari yang pertama, yaitu prehepatik. Bisa dikatakan bahwa prehepatik adalah bilirubin sebelum dirombak di hati. Disini biasanya ada banyak sekali pemecahan dari sel-sel darah atau yang kita sebut hemolisis. Sel-sel darah merah ini menghasilkan bilirubin. Sebenarnya birilubin ini akan diproses di hati. Tetapi karena jumlahnya sangat banyak, akhirnya bilirubin ini beredar di dalam darah dan menyebabkan kulit kita menjadi kuning.

Kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang menderita malaria, anemia bulan sabit dan talasemia. Hal ini juga dapat terjadi pada mereka yang kekurangan G6PD. G6PD ini adalah Glucose 6 Phosphate Dehydrogenase. Dimana pada kondisi ini banyak sel darah merah yang pecah. Hal inilah yang mengakibatkan bilirubin kita menjadi naik di dalam darah.

Kemudian yang kedua adalah intrahepatik. Intrahepatik adalah adanya gangguan pada organ hati dalam memproses bilirubin. Biasanya, hal ini disebabkan oleh infeksi virus, misalnya hepatitis. Hepatitis A adalah yang paling sering menyebabkan penyakit kuning. Kemudian ada kanker hati, sirosis, kemudian bisa juga disebabkan oleh alkohol atau obat-obatan. Akhirnya, sel-sel hati yang tugasnya merombak bilirubin ini tidak dapat bekerja dengan baik. akhirnya, bilirubin akan meningkat di dalam darah.

Lalu, yang ketiga adalah posthepatik.

Posthepatik ini berarti bilirubin sudah melewati hati, atau biasa kita kenal dengan obstructive jaundice. Jadi setelah melewati hati, ada saluran lagi untuk pembuangan bilirubin. Biasanya akan terjadi obstructive atau penyumbatan pada saluran tadi. Bisa karena batu empedu, bisa karena tumor, bisa karena kanker, bisa karena cacing ataupun infeksi.

Intinya adalah segala hal yang dapat menyebabkan obstructive atau penyumbatan pada saluran pembuangan bilirubin. Jadi, ketiga hal inilah yang dapat menyebabkan bilirubin meningkat di dalam darah. Akhirnya setelah kita periksa, “Oh, bilirubin saya naik!”.

Jika anda bertanya bagaimana cara mengobati atau mencegahnya, itu semua tergantung dari apa penyebabnya karena faktornya ada banyak. Ada banyak penyakit yang bisa menyebabkan anda sakit kuning. Jadi, anda harus konsultasi kepada dokter anda karena saya tidak mungkin menjelaskan satu per satu di video ini.

Jadi ketika anda melihat ke cermin, terlihat mata dan badan anda kuning, maka sebaiknya anda harus periksakan diri anda ke dokter. Kalau bisa, anda harus pergi ke dokter spesialis penyakit dalam. Namun ada satu hal yang perlu anda ingat. Kalau kuningnya karena kunyit, maka pasti akan hilang dalam beberapa hari. Jadi, anda tidak perlu memeriksakan diri anda ke dokter.

Mungkin ini saja yang dapat saya bagikan pada video kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here