Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang : “Apa Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Otak?”.

Sobat sehat, setiap hari kita membutuhkan yang namanya istirahat. Jadi, istirahat kita di malam hari kita sebut dengan tidur. Kita semua pasti pernah belajar pelajaran IPA atau biologi bahwa manusia membutuhkan waktu untuk tidur kurang lebih sekitar 8 jam setiap harinya untuk memulihkan kondisi otak dan tubuh kita. Namun, terkadang banyak dari kita yang kurang tidur.

Siapa disini yang menonton video ini sambil tiduran di atas ranjang dan sudah bersiap-siap untuk tidur? Anda sudah berbaring sambil memegang tablet? Tapi hati-hati tabletnya jatuh ya kalau anda ketiduran..

Banyak orang yang juga mengalami masalah susah tidur. Ada yang masih berjuang untuk bisa tidur. Jadi ada yang dari jam 9 sudah masuk kamar tidur, tetapi sampai jam 2 pagi masih tidak bisa tidur. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas apa efek apabila kita kurang tidur terhadap kesehatan otak.

Jadi, sebenarnya kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan otak dan tubuh kita.

Beberapa hari yang lalu, saya menonton sebuah video yang berjudul : “Sleep is Your Superpower”. Saya menonton video tersebut di channel YouTube TED yang dibawakan oleh Matt Walker. Beliau adalah seorang scientist atau ilmuwan dan juga seorang professor sekaligus psikolog di universitas California.

Jadi, beliau membahas masalah tidur, yaitu masalah kurang tidur terhadap kesehatan otak dan tubuh. Pada video kali ini, saya akan membahas pengaruh kurang tidur terhadap fungsi otak. Yaitu untuk fungsi belajar dan menyimpan memori.

Selama ini, yang kita tahu ketika kita selesai belajar, kita tidur untuk menyimpan apa yang sudah kita pelajari tadi atau menyimpan informasi. Kurang lebih seperti ini, saya berikan gambarannya. Misalkan setelah anda mengetik di Ms. Word, anda klik Save atau Ctrl+S. Jadi, kurang lebih fungsinya seperti itu. Pada saat selesai belajar, kita tidur. Itu hal umum yang kita ketahui.

Namun pada penelitian belakangan ini, dikatakan pada video tersebut bahwa sebelum memulai belajar, kita juga perlu tidur. Jadi untuk anda yang sekarang dalam masa sekolah atau masa kuliah, anda perlu tidur yang cukup di malam hari untuk persiapan anda belajar esok harinya. Jadi diibaratkan, otak anda seperti sponge kering yang dipersiapkan untuk menyerap air sebanyak mungkin.

Jadi apabila tidur anda tidak cukup, maka ketika guru atau dosen anda menjelaskan, maka akan masuk telinga kiri, keluar telinga kanan. Atau mungkin terpental. Jadi, tidak ada yang anda ingat ketika dosen anda menjelaskan. Jadi, siapa disini yang ketika belajar selalu kurang fokus? Pada saat belajar, anda mendenganrkan. Tetapi sesampainya di rumah, anda lupa semuanya. Mungkin, pada malam harinya anda kurang tidur. Jadi, disini saya berikan tips untuk anda semua.

Jadi setelah anda belajar, setelah anda banyak mendapatkan informasi dan pulang dari sekolah, maka anda harus segera tidur.

Coba anda ubah pola kebiasaan anda menjadi seperti ini. Siapa tahu, nilai anda bisa berubah menjadi jauh lebih baik. namun dengan catatan jika anda cukup tidur dan di sekolah anda mendengarkan apa yang guru anda ajarkan. Bukannya bermain game di HP.

Jadi dari video yang saya tonton di channel YouTube TED, disana disebutkan ada 2 kelompok. Jadi, dilakukan penelitian dengan 2 kelompok. Yang satu cukup tidur, dan yang satunya lagi dikondisikan tidak cukup tidur. Dan ternyata setelah dites, hasilnya adalah mereka yang tidak cukup tidur mengalami penurunan fungsi otak dalam hal penyimpanan memori sebanyak 40%.

Jadi, saya menyarankan agar anda semua tidur cukup. Mungkin anda bertanya-tanya : “Dok, memori jangka pendek tadi atau informasi yang saya dapatkan tadi itu disimpan dimana?”

Jawabannya adalah di hippocampus. Jadi, di otak kita ada bagian yang namanya hippocampus yang terletak di sebelah kiri dan kanan. Anda bisa lihat gambarnya disini.

Jadi, hippocampus berfungsi untuk menyimpan sementara atau penyimpanan jangka pendek, atau kita sebut Short Term Memory. Jadi, informasi yang anda dapatkan tadi akan di’save sementara disana. Misalnya, anda habis mengerjakan di Microsoft Word. Setelah anda ketik, anda beri judul, kemudian anda save di desktop sebagai penyimpanan sementara.

Nanti setelah anda selesaikan semuanya, mungkin selesai presentasi, anda save di folder sebenarnya untuk penyimpanan jangka panjang. Sama. Jadi setelah anda save sementara di hippocampus, kamudian anda tidur, maka memori itu akan ditransfer untuk disimpan sebagai penyimpanan jangka panjang.

Apa yang terjadi jika kita kurang tidur?

Jika kita kurang tidur, proses penyimpanan dari short term untuk ditransfer ke long term memory akan terganggu. Jadi, fungsi dari hippocampus tadi sebagai penyimpanan short term memory juga akan terganggu. Karena itulah informasi yang anda dapatkan tadi terpental atau mungkin anda pernah dengar istilahnya : “Kamu kok kalau diberi tahu, masuk kuping kanan, keluar kuping kiri? “. Atau mungkin informasinya terpental, tidak masuk sama sekali.

Hal ini bisa terjadi pada anda yang kurang tidur. Jadi untuk anda yang masih mahasiswa atau pelajar, ketika baca buku dan anda sudah membacanya berulang kali, mengapa anda susah sekali mengingatnya? Coba perhatikan jam tidur anda di malam hari. Mungkin anda tidurnya kurang atau kualitas tidur anda tidak baik. hal ini juga berlaku untuk diri saya sendiri.

Jadi pada saat akan membuat video, ketika malam harinya saya kurang tidur, mungkin tidur di atas jam 12, maka esoknya saya sering take berulang kali. Karena saya lupa dengan apa yang harus saya katakan, terkadang gugup juga karena kurang tidur. Siapa disini yang pernah merasakan hal yang sama?

Biasanya, anda tidur jam berapa di malam hari?

 Hal itu juga penting. Lalu selain faktor kurang tidur, ada hal-hal lain yang juga mempengaruhi kesehatan otak, fungsi memori dan pembelajaran. Faktor lain tersebut adalah yang pertama nutrisi. Kemudian yang kedua faktor usia. Tentu saja bagi mereka yang sudah berusia lanjut, akan berbeda kemampuan kognitifnya, kemampuan belajar, serta kemampuan mengingatnya dibandingkan mereka yang masih muda.

Untuk itulah selagi anda masih muda, belajarlah sebanyak mungkin. Kemudian juga banyak faktor lain seperti polusi, oksidasi dan lain-lain. Namun, kurang tidur sangat berperan penting terhadap kesehatan otak anda, termasuk untuk fungsi memori.

“Lalu, bagaimana solusi untuk saya yang susah tidur, dok? Saya sudah mencoba untuk tidur, masuk ke kamar tidur jam 9. Tetapi akhirnya jam 2 pagi saya baru bisa tidur. Dan setiap hari seperti itu. Hal ini sangat mengganggu. Lalu, apa yang harus saya lakukan?”

Kalau sampai seperti itu, anda bisa tonton video saya disini. Jadi, saya sudah pernah membahas masalah insomnia. Jadi selain tips-tips saya di atas, anda bisa tambahkan dengan terapi akupuntur. Jadi, ini merupakan pengalaman saya pribadi. Banyak pasien-pasien yang datang karena susah tidur. Jadi ketika sudah diakupuntur beberapa kali, akhirnya mereka terbantu dan bisa tidur lebih nyenyak.

Jadi, hasil di setiap orang akan bervariasi. Apalagi untuk mereka yang sudah ketergantungan obat tidur, biasanya agak laam. Tetapi itu tergantung anda. Coba kombinasikan dengan perubahan gaya hidup, kurangi lemak, olahraga dan sebagainya. saya sudah membahas ini di video saya sebelumnya.  

Oke, mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda semua. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here