5 Penyebab Kenapa Badan Saya Lelah?

0
28

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Sobat sehat, saya mendapatkan beberapa pertanyaan : “Dok, kenapa sih badan saya sering lelah? Padahal tidur saya sudah cukup, makan saya juga sudah baik. tetapi, saya masih sering lelah dalam kehidupan sehari-hari.”

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengangkat topik tentang : “5 Penyebab Kenapa Badan Saya Lelah?”.

Sobat sehat, sebelum saya membahas video ini lebih lanjut, saya akan menginformasikan kepada kalian semua, para subscriber dan viewer dari SB30 Health.

Untuk pertama kalinya, tim SB30 Health akan membuat grup WhatsApp. Jadi, nantinya setiap hari kami akan memberikan tips-tips untuk kesehatan. Kami akan usahakan setiap hari, namun kalau tidak bisa setiap hari, jangan dikomplain yaa..

Tips-tips kesehatan ini akan kami berikan gratis, dan utnuk satu grup WhatsApp hanya untuk 250 orang. Memang terbatas seperti itu. Jadi untuk anda yang benar-benar membutuhkan, silahkan klik link’nya di bawah ini atau di atas. Silahkan anda cari. Silahkan daftar disana dan bergabung bersama kami di grup WhatsApp.

Oke, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan di awal video ini. Kita lanjut..

Sobat sehat, siapa disini yang setiap hari merasa setiap hari tidak punya semangat? Tidak punya semangat untuk kerja, kemudian badan terasa lelah. Mungkin beberapa di antara kalian semua ada yang sudah sampai cek ke laboratorium dan ternyata hasilnya normal. Lalu, apa penyebabnya?

Disini saya akan membahas 5 penyebab yang mengakibatkan setiap harinya tubuh kita merasa lelah.

Jadi yang pertama adalah anda kurang istirahat. Kita tahu ketika dulu kita belajar di sekolah bahwa kita membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 6 sampai 8 jam. Ada yang bilang 7 sampai 8 jam. Namun pada kenyataannya, banyak dari kita semua yang sekarang memasuki usia kerja ataupun usia sekolah yang tidurnya tidak cukup atau istirahatnya tidak cukup. Mungkin hanya sekitar 4 jam. 3 sampai 4 jam, entah karena berbagai alasan.

Mungkin ada yang susah tidur karena insomnia. Dan ada juga yang sibuk kerja. Saya tahu, mungkin anda yang masuk ke dunia kerja, anda yang sekarang baru merintis karir demi sesuap nasi dan sekarung berlian, kurang lebih seperti itu.

Untuk anda yang baru memulai karir, tetap jaga kesehatan tubuh anda, dan perhatikan istirahat anda.

Namun di luar itu semua, ada juga mereka yang sengaja begadang. Tujuannya untuk nonton film korea, nonton serial drama. Kemudian, ada yang sibuk kepoin Instagram orang lain atau social media lain, baik itu Facebook atau apapun. Akhirnya, mereka tidur jam 3 subuh atau jam 4 subuh. Dan ada juga yang karena keasyikan lihat Instagram dan social media. akhirnya, mereka kelupaan tidur dan keesokan harinya mereka harus kerja lagi. Coba anda perhatikan hal ini.

Lalu ada yang bertanya, “Saya ini sudah cukup tidur, dok. Saya tidur selama 8-10 jam. Tetapi, mengapa badan saya masih lemas? Badan saya masih lelah? Jadi, dalam keseharian saya tidak fokus dengan pekerjaan. Saya cuma menguap, mengantuk, dan pengen tidur di siang harinya”.

Kalau seperti ini, coba perhatikan kualitas tidur anda. Jadi, tidur itu dibagi lagi, ada light sleep dan fase deep sleep atau fase tidur yang dalam. Hal ini sangat penting untuk regenerasi sel, untuk pertumbuhan sel, dan untuk pembuatan sel-sel yang baru, dan terutama untuk anda semua yang menggunakan banyak pikiran dalam hal pekerjaan. Hal itu membutuhkan kualitas tidur yang baik.

Saran saya untuk anda yang kualitas tidurnya tidak baik adalah anda bisa mencoba untuk olahraga.

Itu yang pertama. Kemduian untuk anda yang kegemukan, turunkan berat badan anda. Dan satu lagi, anda bisa melakukan terapi akupuntur. Jadi, jangan dulu cepat-cepat mengkonsumsi obat tidur karena nanti anda bisa ketergantungan dengan obat tidur tersebut. Akhirnya kalau tidak minum obat tidur, anda tidak bisa tidur. Jadi itu tadi yang pertama, yaitu kurang istirahat.

Kemudian kita lanjut yang kedua. Yang kedua ini diakibatkan karena kurang nutrisi atau kurang gizi. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang diet super ketat. Siapa disini yang menjalankan program diet? Terutama untuk menurunkan berat badan. Kalau untuk menaikkan berat badan, biasanya mereka makan dalam jumlah besar. Kalau yang program menurunkan berat badan, biasanya nafsu makan mereka ada, tetapi mereka berusaha untuk tidak makan. Akhirnya, asupan gizi dan asupan kalorinya berkurang jauh.

Jadi, sebenarnya program diet yang baik adalah mengurangi sedikit dari jumlah kalori harian. Tetapi anda harus tetap mengkonsumsi baik itu zat gizi makro maupun zat gizi mikro. Tetapi kebanyakan orang begitu melakukan program diet untuk penurunan berat badan, yang dilakukannya adalah tidak makan salam sekali atau hanya makan satu buah apel, atau hanya makan suplemen. Hal ini tidak baik untuk tubuh anda.

Akhirnya, tubuh anda akan kekurangan kalori. Itu yang pertama. Kemudian, zat gizi makro dan mikronya pun tidak ada. Yang perlu anda ingat, sel di tubuh kita membutuhkan makanan. Dan satu hal lagi, anda harus tahu bahwa seluruh sistem di tubuh kita baik itu hormonal, kemudian enzim, itu semua bahan dasarnya adalah zat-zat gizi dari makanan. Jadi apabila anda tidak makan dengan cukup, maka akhirnya sel tubuh kita tidak dapat terbentuk dengan baik. Dan hasilnya, anda akan mengalami lelah sepanjang hari.

Dan satu hal lagi yang bisa anda cek. Untuk anda yang sering merasa lelah dan pusing, ada yang bilang berkunang-kunang, coba anda cek di depan cermin. Lihatlah di bawah mata anda, yang kita sebut dengan conjunctiva. Apakah warnanya merah segar, ataukah pucat? Bandingkan dengan teman anda yang masih segar, yang setiap harinya tidak merasa lelah.

Kemudian, cara yang kedua adalah anda bisa cek di bawah kuku anda.

Bandingkan dengan teman anda yang normal. Untuk ada yang merasa lelah setiap hari. Coba bandingkan dengan teman anda yang normal. Jika kuku anda pucat, conjunctiva anda pucat, apalagi bibir anda pucat, bisa jadi anda mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin.

Zat ini berperan penting untuk membawa oksigen ke otak. Jika hemoglobin anda kurang, tentu saja anda akan mengalami lelah sepanjang hari karena tubuh anda kekurangan oksigen. Terutama di bagian otak. Kemudian satu hal lagi. Untuk anda semua yang masih ngekost, biasanya apa sih makanan anda? Mungkin biasanya cuma nasi putih dicampur dengan mie dan krupuk. Ya, saya tahu anda ingin hemat.

Tetapi jika anda mengkonsumsi makanan seperti ini dalam jangka waktu yang lama, maka akhirnya tubuh anda akan kekurangan zat gizi yang lainnya. Terutama protein untuk membangun sel tubuh anda. Mungkin pada saat selesai makan, badan anda terasa segar. Tetapi 1-2 jam kemudian, energi anda akan habis. Jadi, hanya segar sesaat setelah selesai makan.

Kemudian kita lanjut ke penyebab yang ketiga, yaitu dehidrasi. Jadi, dehidrasi adalah kekurangan cairan. Biasanya untuk anda semua yang sering ke bandara, pada sat ke toilet anda bisa menemukan daftar derajat warna air seni anda. Mulai dari jernih, putih kekuningan dan ke arah kuning pekat. Hal ini juga perlu anda perhatikan.

Mengapa dehidrasi bisa menyebabkan tubuh kita lelah?

Jadi, tubuh kita ini membutuhkan cairan untuk menjaga sistem sirkulasi agar dapat berjalan dengan baik. Darah di tubuh kita itu sebagian besar terdiri dari cairan. Bahkan, 70% t ubuh kita terdiri dari cairan. Jadi apabila kita kekurangan cairan, otomatis sistemnya tidak dpat berjalan dengan baik. Jika sirkulasinya berjalan dengan tidak baik, akhirnya pengangkutan oksigen ke otak anda serta pengangkutan nutrisi ke sel-sel juga akan terhambat. Itulah penyebab mengapa anda lelah sepanjang hari.

Jadi apabila ditanya berapa dosis air minum yang diperlukan, maka dosis cairan yang anda butuhkan adalah dengan ara berikut ini. Anda bisa mengalikan berat badan anda degnan 40 cc atau 40 ml. Jadi misalkan berat badan saya 50 kg, maka dikalikan 40 dan hasilnya adalah 2000 cc atau kurang lebihnya 2 liter.

Kemudian kita masuk ke penyebab yang keempat, yaitu aktivitas fisik yang terlalu berat.

Aktivitas fisik yang terlalu berat ini juga dapat membuat anda kelelahan pada keesokan harinya. Mungkin anda tidak pernah olahraga. Tetapi, tiba-tiba hari ini anda ikut lari jarak jauh. Otomatis, besok sampai seminggu kemudian badan anda akan sakit semua dan anda merasa lelah. Jadi untuk anda yang ingin olahraga, sebaiknya lakukan secara bertahap. Atau apabila anda yang sekarang setiap hari harus melakukan pekerjaan atau aktivitas fisik yang berlebihan, coba anda kurangi. Misalnya jam lembur anda dikurangi. Intinya begini, kegiatan fisik yang anda lakukan, anda sendiri yang tahu.

Jadi, coba nilai sendiri sampai mana tenaga yang harus saya keluarkan. Dan istirahat juga penting, seperti pembahasan nomor satu tadi.

Kemudian yang terakhir, nomor lima adalah stress berlebihan. Saya juga sudah pernah bahas di video saya sebelumnya tentang stress. Jadi, stress ini kalau kadarnya kecil, itu baik untuk pertumbuhan atau perkembangan diri kita. Tetapi jika stress anda sudah berat dan dalam jangka waktu lama, maka juga dapat merusak sistem di dalam tubuh kita, baik itu sistem hormonal maupun sistem imun. Akhirnya, tubuh anda akan mengalami kelelahan. Jadi, saran saya adlah coba imbangi antara pekerjaan anda, refreshing anda dan istirahat anda.

Oke, itu tadi adalah 5 penyebab mengapa badan anda terasa lelah setiap harinya. Mungkin salah satunya ada di poin yang saya sebutkan. Mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda semua.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here