Home Berita Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Anda Tidur Kurang dari 8 Jam

Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Anda Tidur Kurang dari 8 Jam

0
31

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan video sebelumnya. Kalau di video sebelumnya saya membahas tentang pengaruh kurang tidur terhadap fungsi otak, kali ini saya akan membahas : “Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Anda Tidur Kurang dari 8 Jam”.

Sobat sehat, jadi pada video kali ini saya akan membahas apa pengaruh kurang tidur terhadap sistem di dalam tubuh kita. Mungkin pada video kali ini saya akan banyak menggunakan istilah-istilah medis. Dan saya akan coba sederhanakan sesederhana mungkin agar anda semua bisa mengerti.

Jadi yang pertama, kurang tidur berefek terhadap hormon kita. Terutama hormon seks.

Jadi pada pria dewasa yang tidurnya setiap hari hanya 4 sampai 5 jam akan mengalami penurunan kadar level testosteronnya. Coba anda tonton video TED, saya akan berikan linknya di bawah. Anda bisa klik disana.

Jadi, disana dikatakan bahwa pria yang tidurnya hanya 4 sampai 5 jam setiap hari akan mengalami penurunan kadar level testosteron seperti seniornya yang 10 tahun di atasnya. Atau 10 tahun di atas usia mereka. Kurang lebih seperti itu. Hal ini jgua berlaku untuk reproduksi wanita.

Jika anda yang menonton video ini adalah anak-anak atau remaja dalam masa pertumbuhan, jadi untuk anda yang masih ingin tubuhnya lebih tinggi lagi dari yang sekarang, sebaiknya di malam hari anda harus cukup tidur. Kalau ditanya ‘cukup tidur itu berapa jam?’. Yaitu sekitar 8 jam. Karena hal itu juga akan mempengaruhi hormon pertumbuhan tinggi badan anda.

Kemudian, yang kedua adalah efek kruang tidur pada sistem kardiovaskular.

Jadi, kardiovaskular itu berbicara tentang kesehatan sistem jantung. Jantung itu kardio, sedangkan vaskular itu pembuluh darah. Ini merupakan istilah medis. Lalu, apa hubungan kurang tidur dengan kardiovaskular?

Dari video TED yang berjudul “Sleep is your superpower”, disana dilakukan 2 eksperimen yang dilakukan 2 kali dalam setahun. Eksperimen ini dilakukan secara global di 70 negara. Kurang lebih sekitar 1,6 milyar individu.disana dibagi menjadi 2 penelitian. Yaitu 2 musim, yang pertama musim semi. Dimana jumlah tidur orang-orang tersebut berkurang 1 jam. Dan hal ini dikaitkan dengan resiko terjadinya serangan jantung. Yaitu terjadi peningkatan sebanyak 24%.

 Dan sebaliknya di musim gugur, mereka mendapatkan lagi 1 jam tidurnya. Jadi sudah tidak berkurang. Dan angka resiko serangan jantung juga menurun sekitar 21%. Jadi, di musim semi meningkat 24% karena kurang tidur 1 jam. Namun kemudian menurun 21% di musim gugur. Apakah hanya sebatas itu saja?

Hal ini dikaitkan lagi dengan profile yang sama. Yaitu angka terjadinya kecelakaan mobil tabrakan, kemudian angka kecelakaan lalu lintas, dan juga angka bunuh diri. Jadi, meningkat pada musim semi dan menurun pada musim gugur. Jadi, kedua musim tersebut berkaitan.

Lalu, yang ketiga adalah pengaruh kurang tidur terhadap immune system.

Jadi, di dalam immune system atau sistem kekebalan tubuh, terdapat yang namanya NK Cell. Apa itu NK cell? Kepanjangan dari NK cell adalah Nature Killer Cell. Dan saya ibaratkan sel ini adalah agen rahasia yang tugasnya adalah mengidentifikasi zat-zat yang berbahaya atau yang tidak diinginkan oleh tubuh kita lalu dieliminasi.

Sebenarnya tugasnya adalah mengeliminasi zat-zat atau sel tumor kanker. Jadi, sebenarnya tubuh kita memiliki kemampuan atau ‘tentara’ untuk membunuh sel-sel kanker tadi. Namun ketika anda kurang tidur, hal ini akan berpengaruh terhadap immune system atau NK cell itu tadi. Apa yang akan terjadi?

Di video TED dilakukan percobaan atau penelitian lagi. Sekelompok orang ini dikondisikan untuk tidur hanya 4 jam dalam 1 malam atau single night. Setelah diperiksa, ternyata NK cell activity’nya berkurang sebanyak 70%. Padahal hanya dihitung selama 1 malam. Mungkin kita beranggapan hanya berkurang 10%-20%. Ternyata, berkurang hingga 70%. So, disni kita menemukan benang merahnya. Bahwa mereka yang kurang tidur memiliki resiko terkena kanker lebih besar dibandingkan mereka yang tidurnya cukup.

Mungkin ada yang berkata :

“Loh dok, faktor resiko untuk terjadinya kanker itu ‘kan ada banyak?”

Itu benar. Tetapi kurang tidur merupakan salah satu faktor resiko yang sering dianggap remeh. Jadi, banyak orang yang selalu berpikiran bahwa penyakitnya disebabkan oleh stress dan lain-lain. Ternyata, faktor resiko kurang tidur ini tidak diperhitungkan. WHO atau organisasi kesehatan dunia juga telah mengklasifikasi pekerjaan shift malam sebagai kemungkinan karsinogen.

Kemudian yang keempat adalah pengaruh kurang tidur terhadap kode genetik, yaitu DNA.

Jadi, kurang tidur dapat mengikis jalan kehidupan biologis itu sendiri, yaitu kode genetik DNA. Di dalam penelitian tersebut, mereka mengambil sekelompok orang dewasa yang sehat. Jadi, tidur malam mereka dibatasi hanya sampai 6 jam selama 1 minggu. Kemudian, mereka mengukur perubahan profil aktifitas gen mereka dan mereka mendapatkan 2 temuan penting.

Temuan yang pertama cukup besar dan signifikan. 711 gen mengalami distorsi atau gangguan dalam aktifitasnya karena kurang tidur. Kemudian yang kedua, hasilnya adalah separuh dari gen tadi, jadi 711 separuh aktifitasnya meningkat, dan separuhnya menurun.

Gen-gen yang aktifitasnya menurun karena kurang tidur tadi adalah gen-gen yang ada kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh. Kemudian yang meningkat adalah gen-gen yang terkait dengan promosi tumor serta kronik inflamasi. Kemudian, ada juga gen yang berkaitan dengan stress. Dan konsekuensinya adalah penyakit kardiovaskular.  

Jadi, video ini lebih menekankan pada apa efek kurang tidur terhadap tubuh kita. Mungkin materinya lebih berat karena saya menyajikan banyak sekali penelitian yang saya ambil dari video TED. Matt Walker memang merupakan seorang peneliti. Khususnya untuk materi tidur, beliau sangat menguasainya.

Beliau juga banyak menulis buku-buku. Jika anda ingin tahu lebih detail, saya berikan link videonya disini. Beliau juga mengatakan :

The shorter you sleep, the shorter your life.

Artinya adalah semain pendek anda tidur, maka semakin pendek juga usia anda.

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here