Home Berita Atasi Asam Lambung dengan 6 Bahan Alami yang Mudah Dicari Berikut Ini

Atasi Asam Lambung dengan 6 Bahan Alami yang Mudah Dicari Berikut Ini

0
7

SB30 Health – Apakah asam lambung anda sering kambuh, terutama pada malam hari? Masalah naiknya asam lambung memang sangat mengganggu aktivitas harian anda. Pemicu naiknya asam lambung antara lain adalah karena anda mengkonsumsi makanan pedas, makanan yang mengandung tinggi lemak, terlalu sering mengkonsumsi kopi, kebiasaan langsung tidur setelah makan atau karena pikiran sedang stress.

Beberapa gejala yang ditimbulkan ketika asam lambung naik adalah mulut terasa asam, perut terasa kembung atau mual, dada seperti terbakar, bahkan ulu hati terasa nyeri. 

Untuk itu, anda harus mengubah gaya hidup dan pola makan anda agar menjadi lebih sehat. Pasalnya, beberapa makanan dan minuman seperti yang sudah saya sebutkan di atas dapat mengiritasi lambung.

Walaupun hal ini bisa menyerang siapa saja, namun anda bisa meminimalisir resiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. 

Anda juga harus sedia obat pereda asam lambung di rumah anda. Namun jika anda tidak memiliki stok obat di rumah atau lebih memilih untuk mengkonsumsi obat herbal dari bahan alami, maka anda bisa mencoba beberapa obat herbal dari bahan alami berikut ini untuk menetralkan kadar asam lambung :

1. Minyak peppermint

Minyak dari daun peppermint sudah sejak lama menjadi obat tradisional untuk melegakan pilek, sakit kepala, mual, dan gangguan pencernaan. Selain itu, minyak peppermint juga dapat mengatasi gejala naiknya asam lambung.

Akan tetapi yang harus anda perhatikan, jangan gunakan minyak peppermint ini bersamaan dengan obat antasida. Pemakaian keduanya secara bersamaan justru dapat memicu terjadinya heartburn atau dada terasa seperti terbakar.

2. Jahe

Jahe kaya dengan antioksidan serta fenolat yang dapat meredakan iritasi saluran cerna dan mengurangi kontraksi otot lambung. Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati.

Jahe cukup termasyhur sebagai obat herbal sejak ratusan tahun silam, salah satunya dalam mengatasi heartburn.

Selain itu, jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung dan mual. Bahkan, bahan aktif yang terkandung pada jahe sebenarnya juga ada pada obat antasida. Untuk mengatasi gejala GERD atau naiknya asam lambung, anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

3. Kunyit 

Kunyit biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu atau bumbu di dalam menu masakan. Akan tetapi, kunyit juga dapat anda manfaatkan sebagai alternatif obat herbal dari bahan alami karena efektif untuk meredakan asam lambung.

Cara mengolahnya adalah dengan menumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk. Kemudian, seduh setengah sendok teh bubuk kunyit dengan air hangat. Jika dirasa terlalu repot, anda bisa menggunakan kunyit bubuk yang bisa anda temukan di toko ataupun minimarket.

Akan tetapi yang perlu diingat, sebaiknya jangan mengkonsumsi kunyit secara berlebihan karena bisa memicu rasa mual, diare, hingga alergi pada kulit. 

4. Pepaya 

Buah pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn). 

Selama ini, buah pepaya dikenal sebagai buah yang kaya serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Akan tetapi, pepaya juga bisa digunakan sebagai obat herbal dari bahan alami untuk meredakan asam lambung. 

5. Mentimun

Mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B dan C. Selain itu mentimun juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan. 

Mentimun biasan digunakan sebagai lalapan, minuman segar dan juga salah satu bahan utama untuk membuat sayur asem. Ternyata, mentimun juga efektif untuk meredakan asam lambung. 

Jika asam lambung anda naik, maka anda cukup mengkonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya selama dua jam sekali. 

6. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan. Artinya, obat herbal maag ini bisa digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung.

Selain digunakan sebagai lalapan dan salah satu tambahan dalam masakan, daun kemangi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal dari bahan alami untuk mengatasi masalah lambung. Anda bisa merebus daun kemangi dan meminum airnya, atau memasukkannya ke dalam olahan masakan.


Jadi sobat sehat, itulah beberapa obat herbal dari bahan alami untuk mengatasi masalah naiknya kadar asam lambung anda. Anda bisa memilih salah satu bahan alami di atas untuk meredakan asam lambung. Selamat mencoba..!

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here