Tidur menjadi salah satu kebutuhan mendasar dan sangat penting bagi manusia. Tidur sendiri memiliki manfaat untuk mengistirahatkan tubuh beserta organ-organ di dalamnya setelah bekerja seharian penuh serta meregenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh. Jam tidur normal yang dibutuhkan sekitar 8 jam. Namun sebagian besar orang memiliki kesulitan atau gangguan tidur seperti insomnia.

Insomnia merupakan gangguan tidur, dimana penderitanya memiliki kesulitan untuk memulai atau memperthankan tidurnya, meskipun orang tersebut memiliki banyak waktu yang dapat digunakan untuk memperoleh jam tidur minimal yang dibutuhkan. Dimana penderita insomnia mengalami kesulitan ketika akan tidur maupun rasa tidak nyenyak dan nyaman saat dalam kondisi tidur. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita insomnia seperti gaya hidup tidak sehat, stres, pengaruh obat-obatan, dan lain sebagainya.

Insomnia sendiri dapat menimbulkan berbagai masalah seperti emosi yang tidak terkontrol, depresi, menurunnya gairah seks, gangguan kognitif, gangguan mental, hingga meningkatkan resiko penyakit berbahaya. Untuk itu masalah insomnia ini harus segera diatasi.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gangguan insomnia:

1. Berolahraga secara rutin

Anda dapat mengatasi masalah insomnia dengan cara berolahraga secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa seseorang yang berolahraga secara rutin dapat tidur satu jam lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga, serta hal ini juga dapat meredakan stres hingga depresi.

2. Mandi dengan garam laut

Garam laut memiliki sifat yang menenangkan, oleh karena itu mandi menggunakan air hangat yang telah diberi garam laut sebelum tidur dapat menjadi solusi untuk mengatasi insomnia. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang serta meredakan stres tubuh.

3. Meditasi

Salah satu cara alami untuk mengatasi gangguan insomnia tanpa gangguan obat yaitu meditasi. Salah satu meditasi yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan melatih pernapasan, dimana hal tersebut membuat tubuh menjadi lebih santai serta fokus. Dimana hal tersebut dapat membantu kondisi tubuh lebih rileks sebelum tidur sehingga dapat membuat seseorang tidur lebih cepat.

4. Atur jam makan

Anda perlu mengatur jam makan, khususnya makan malam atau sebelum tidur untuk mengatasi gangguan insomnia. Usahakan makan 3 hingga 4 jam sebelum tidur, agar makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat benar-benar terserap dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan seseorang tidur dengan lebih cepat dan rileks.

5. Atur waktu tidur

Mengatur waktu tidur juga menjadi hal yang sangat penting dan dianjurkan untuk mengatasi masalah insomnia. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Waktu tidur yang berubah-ubah akan menganggu ritme sirkadian yang mengatur metabolisme tubuh dan memicu adanya insomnia.

6. Hindari bermain hp sebelum tidur

Sebaiknya anda tidak bermain hp sebelum tidur, agar masalah insomnia dapat segera teratasi. Bermain handphone sebelum tidur dapat membuat otak kita terangsang oleh paparan cahayanya, sehingga otak berada pada kondisi yang sangat aktif dan membuat kita sulit terlelap.

7. Usahakan jangan tidur siang

Untuk mengatasi gangguan insomnia, gunakanlah waktu di siang hari untuk beraktivitas serta hindari tidur di siang hari. Dimana tidur pada siang hari akan mengurangi jumlah kebutuhan waktu tidur pada malam hari yang justru dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Apabila kondisi insomnia anda tidak segera membaik, segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here