Home Berita 7 Bahan Alami Mudah Dijumpai Yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

7 Bahan Alami Mudah Dijumpai Yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

0
8

Hipertensi merupakan salah satu masalah utama serta menjadi penyakit yang paling banyak menyerang manusia di dunia. Terbukti dengan adanya data yang diungkapkan oleh WHO pada tahun 2015, menunjukkan bahwa sekitar 1.13 miliar orang di dunia mengidap penyakit hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini sendiri merupakan sebuah penyakit yang terjadi ketika tekanan darah seseorang berada pada angka 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan darah sendiri dibagi menjadi dua yaitu, tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Tekanan sistolik merupakan tekanan darah yang terjadi ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan tekanan diastolik terjadi ketika jantung melakukan relaksasi atau beristirahat sebelum kembali memompa darah ke seluruh tubuh. Hipertensi terjadi ketika tekanan sistolik berada pada angka 140 mmHg atau lebih dan tekanan diastolik berada pada angka 90 mmHg atau lebih.

Penyakit hipertensi merupakan penyakit berbahaya yang dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, bahkan kematian. Agar penyakit hipertensi tidak menimbulkan masalah lain yang lebih serius, maka hal ini harus segera diatasi. Anda dapat mengkonsumsi beberapa bahan alami berikut untuk menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Pisang

Anda dapat mengkonsumsi pisang untuk menurunkan tekanan darah anda serta mengatasi masalah hipertensi. Hal ini dikarenakan pisang merupakan salah satu buah yang tinggi akan kandungan potasium, dimana potasium sendiri sangat baik untuk menurunkan kadar tekanan darah. Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan kalium yang dapat menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh.

2. Kentang

Makanan yang satu ini juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah hipertensi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium serta magnesium yang cukup tinggi pada kentang. Dimana kedua mineral yang ada pada kentang tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah serta mengatasi masalah hipertensi.

3. Kapulaga

Salah satu bumbu penyedap yang sering digunakan pada berbagai masakan nusantara ini ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan darah tinggi. Pada sebuah penelitian yang dilakukan ditemukan fakta bahwa terjadi penurunan tekanan darah tinggi secara signifikan pada pasien yang mengkonsumsi 1,5 gram bubuk kapulaga secara rutin dua kali sehari dalam 12 minggu.

4. Biji rami

Biji rami ini merupakan salah satu produk nabati yang kaya akan kandungan Omega-3. Dimana hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah hipertensi, karena omega-3 dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, biji rami juga memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, mengurangi kolesterol serum, serta meningkatkan toleransi glukosa.

5. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi. Bawang putih sendiri mampu mengatasi masalah hipertensi dengan membantu peningkatan oksida nitrat yang ada di dalam tubuh. Dimana kandungan tersebut berperan untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan lebar, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

6. Temulawak

Temulawak menjadi salah satu obat herbal alami yang dipercaya ampuh mengatasi masalah hipertensi atau darah tinggi karena terdapat kandungan flavonoid yang memiliki khasiat untuk melindungi endotel vascular.

7. Jahe

Mengkonsumsi jahe secara rutin dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi masalah hipertensi. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot yang terdapat di sekitar area pembuluh darah, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Lakukan pemeriksaan secara rutin serta segera hubungi dokter apabila tekanan darah tinggi anda tidak kunjung turun untuk memperoleh penanganan yang sesuai agar masalah ini bisa segera teratasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here