Home Info Kesehatan 7 Penyebab Gusi Bengkak Yang Wajib Kamu Waspadai

7 Penyebab Gusi Bengkak Yang Wajib Kamu Waspadai

0
3
7 Penyebab Gusi Bengkak Yang Wajib Kamu Waspadai - Gusi Bengkak

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah pada gigi dan mulut yang paling sering terjadi. Bahkan dikutip dari Medlineplus, gusi bengkak merupakan hal yang sangat sering terjadi. Adanya infeksi pada gusi akan membuat area sekitar gusi tersebut mengalami pembengkakan. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa sakit yang teramat parah, bahkan sampai menimbulkan benjolan berisi nanah di area gusi. Selain itu, gusi bengkak ini juga dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap.

Gusi bengkak sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebabnya pun beragam, mulai dari yang ringan hingga yang cukup parah. Berikut beberapa penyebab gusi bengkak yang wajib untuk diwaspadai:

1. Menyikat terlalu keras

Gusi bengkak dapat disebabkan apabila seseorang menyikat giginya terlalu keras. Menggosok gigi terlalu keras akan merusak jaringan gigi. Hal ini dapat mengakibatkan gusi menjadi luka dan berdarah, yang akhirnya akan mengakibatkak gusi menjadi bengkak.

2. Gingivitis

Gingvitis sendiri merupakan suatu penyakit yang paling sering menjadi penyebab gusi mengalami iritasi serta bengkak. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kondisi kebersihan mulut seseorang yang buruk. Ketika seseorang tidak membersihkan gigi dengan benar, maka hal tersebut akan mengakibatkan timbulnya plak serta karang gigi yang menjadi penyebab gingivitis. Selain itu, kondisi gigi yang tidak dijaga kebersihannya akan mengakibatkan gigi berlubang serta munculnya abses atau benjolan bernanah.

3. Pasang behel

Seseorang yang baru saja memasang behel atau kawat gigi berisiko untuk mengalami gusi bengkak. Hal ini dikarenakan adanya gesekan antara kawat dengan sisi dalam bibir, pipi, gusi, serta lidah yang dapat mengakibatkan luka. Kondisi ini akan mengakibatkan seseorang mengalami rasa sakit yang luar biasa terlebih pada awal-awal pemasangan behel atau kawat gigi.

4. Kehamilan

Gusi bengkak juga dapat terjadi akibat seorang wanita sedang hamil. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon selama kehamilan. Dimana perubahan hormon tersebut mengakibatkan seorang wanita memproduksi darah yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini akan mengakibatkan gusi lebih rentan mengalami iritasi serta bengkak.

5. Sariawan

Gusi bengkak juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami sariawan, khususnya pada area dasar gusi. Sariawan sendiri merupakan salah satu masalah mulut yang mengakibatkan penderitanya merasakan nyeri yang luar biasa hingga mengalami kesulitan makan serta berbicara. Gusi bengkak pada orang yang sariawan dapat terjadi akibat gangguan sistem imun maupun adanya infeksi bakteri maupun virus.

6. Kekurangan vitamin

Seseorang yang kekurangan asupan vitamin B dan vitamin C sangat rentan untuk mengalami gusi bengkak. Hal ini dikarenakan vitamin C sangat dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang membentuk jaringan gusi. Sedangkan vitamin B berperan dalam membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk gusi.

7. Merokok

Kebiasaan buruk merokok dapat mengakibatkan gusi seseorang menjadi bengkak. Merokok sendiri meningkatkan adanya risiko infeksi pada area mulut dan gigi, termasuk pada gusi. Selain itu, merokok juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan infeksi akibat virus serta bakteri.

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah mulut dan gigi yang paling sering terjadi dan akan sangat menganggu. Segera hubungi dokter apabila mengalami gusi bengkak untuk segera memperoleh penanganan. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here