Home Info Kesehatan Segudang Manfaat Habbatussauda Yang Baik Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Habbatussauda Yang Baik Bagi Kesehatan

0
1
Segudang Manfaat Habbatussauda Yang Baik Bagi Kesehatan - Habbatussauda

Habbatussauda atau yang juga dikenal dengan biji jintan hitam ini memiliki nama latin Nigella sativa. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Asia Selatan serta Asia Barat. Habbatussauda sendiri di negara asalnya sering digunakan sebagai bumbu penyedap serta bahan pengawet alami untuk berbagai jenis masakan, khususnya masakan India serta Timur Tengah. Habbatussauda atau jintan hitam ini memiliki rasa serta aroma khas pahit-pedas yang terasa seperti kombinasi antara bawang merah, lada hitam, serta oregano.

Habbatussauda atau jintan hitam ini merupakan salah satu bahan atau rempah-rempah yang seringkali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat habbatussauda ini bahkan telah diteliti sejak lama oleh salah satu ilmuwan paling terkenal pada zaman keemasan Islam, yaitu Ibnu Sina. Berikut beberapa manfaat habbatussauda yang baik bagi kesehatan dan sayang untuk dilewatkan:

1. Mengatasi sesak napas

Habbatussauda dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah sesak napas. Berdasarkan jurnal medis Canon of Medicine yang ditulis oleh Ibnu Sina disebutkan bahwa habbatussauda memiliki manfaat sebagai obat untuk mengatasi sesak napas. Habbatussauda dapat mengatasi sesak napas yang disebabkan oleh gejala asma maupun akibat masalah pernapasan lainnya.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dan dimuat ke dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa minyak habbatussauda memiliki kemampuan dalam meningkatkan kualitas sperma. Tentunya hal ini sangat penting bagi seorang pria, khususnya mereka yang perokok berat. Hal ini dikarenakan nikotin dalam rokok dapat mengurangi kelincahan sperma untuk berenang dan juga mempengaruhi bentuk normalnya. Selain itu, minyak habbatussauda juga dapat menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

3. Mengatasi gejala diabetes tipe 1

Minyak habbatussauda mengandung suatu senyawa aktif yaitu Thymoquinone atau TQ. Dimana pada sebuah penelitian disebutkan bahwa injeksi TQ dalam dosis tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya. Sehingga para peneliti beranggapan bahwa ekstrak habbatussauda dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah

Habbatussauda dipercaya memiliki kemampuan untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada sebuah penelitian di Iran disebutkan bahwa mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi ringan. Pil ekstrak habbatussauda juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

5. Melawan kanker

Terdapat kandungan senyawa antioksidan etanol di dalam habbatussauda. Dimana kandungan ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker. Senyawa etanol mampu memberikan efek perlindungan terhadap stres oksidatif di dalam tubuh.

Habbatussauda memiliki banyak sekali manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan yang lebih ahli untuk dapat mengkonsumsi habbatussauda dengan baik dan benar serta memperoleh manfaat dari kebaikan habbatussauda. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here