Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas tentang : “Apakah Manfaat dari Omega 3 ?”. Sobat sehat, sebenarnya omega-3 merupakan salah satu asam lemak yang sangat berperan penting untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Namun banyak sekali di Indonesia, bahkan penduduk di seluruh dunia yang kekurangan zat omega-3 ini di dalam menu makanan mereka sehari-hari.

Disini khususnya penduduk Indonesia sebenarnya dalam pola makan sehari-hari, mereka banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-6. Tetapi, tidak diimbangi dengan asam lemak omega-3. Akhirnya, tubuh mudah mengalami peradangan.

Pada zaman sekarang, sebenarnya ada banyak penyakit-penyakit kronis yang awalnya disebabkan oleh peradangan yang banyak di dalam tubuh mereka. Sobat sehat, mungkin bagi anda yang sering ke dokter atau sering ke Rumah Sakit, dan sering mendengar diagnosa dari dokter anda dengan akhiran kata ‘itis’. Jadi sebenarnya ini adalah bahasa Latin yang artinya adalah peradangan.

Contohnya seperti ini :

  • Arthritis, berarti peradangan sendi (sendi anda sedang mengalami peradangan)
  • Ulcerative colitis, berarti peradangan usus besar (kolon/usus besar anda mengalami peradangan)

Dan banyak juga penyakit jantung yang awalnya disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah.

Jadi pada saat ini, kolesterol yang tinggi bukanlah satu-satunya penyebab dari penyakit jantung atau penyakit pada pembuluh darah anda. Dengan adanya peradangan, maka akan membuat kolesterol mudah menempel pada dinding pembuluh darah anda. Dan itulah yang menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah anda.

Jika anda ingin menyembuhkan diri dari berbagai penyakit kronis atau mencegah berbagai penyakit, maka anda harus mengurangi peradangan atau inflamasi pada tubuh anda. Cara terbaik atau cara yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan menambahkan omega-3 ke dalam menu makanan atau menu diet anda sehari-hari.

Mungkin anda bertanya seperti ini, “Dok, saya bisa mendapatkan omega-3 dari mana? Makanan apa yang harus saya makan?”. Sobat sehat, sumber omega-3 yang dapat dengan mudah anda temukan berasal dari telur. Kemudian, anda juga bisa mengkonsumsi makanan dari ikan laut. Misalnya ikan tuna, sarden, mackerel, dan ikan salmon. Dan ada juga bagi anda yang vegetarian atau vegan, anda bisa mendapatkan omega-3 dari biji-bijian. Contohnya disini adalah biji-bijian dalam kategori super seed. Misalnya chia seed, flake seed, dan sebagainya.

Dan saat ini juga sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membuat omega-3 dalam bentuk suplemen. Biasanya menggunakan fish oil atau cod liver oil. Lalu, apa saja manfaat dari omega-3? Misalkan saya mengkonsumsi omega-3, apa benefit atau manfaat yang akan saya dapatkan?

Kandungan omega-3 yang utama adalah EPA dan DHA. Dimana omega-3 memiliki manfaat seperti yang saya sebutkan sebelumnya, yaitu anti radang atau anti inflamasi. Dan fungsi yang lainnya adalah omega-3 dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anda, mengurangi resiko kanker, meningkatkan performa, recovery dan meningkatkan fungsi otak.

Apakah anak-anak boleh mengkonsumsi omega-3 ?

Saya juga mendapatkan banyak sekali pertanyaan, terutama dari ibu-ibu. Mereka bertanya :

  • “Dok, anak saya masih bayi. Bolehkah saya memberinya suplemen omega-3?”
  • “Dok, anak saya sudah memasuki usia sekolah. Bolehkah saya memberinya suplemen omega-3 supaya anak saya semakin pintar di sekolah?”
  • “Dok, anak saya tidak dapat ranking. Jika saya beri omega-3, bisakah anak saya menjadi juara satu?”

Disini saya akan membahasnya terlebih dahulu. Jadi, sebenarnya omega-3 sudah terkandung pada ASI. Jadi para ibu yang mempunyai anak bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya anda hanya memberikan ASI. Tenang saja, karena ASI anda sudah mengandung omega-3. Dan sebaiknya anda tidak memberikan makanan tambahan dari luar, atau kita sebut ASI eksklusif. Lalu bagi para ibu yang mempunyai anak-anak yang sudah memasuki usia sekolah, anda boleh mengajarkan mereka untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3 dan makanan yang mengandung serat.

Bagi para ibu, anda jangan mencari gampangnya saja. Mungkin karena sibuk bekerja, akhirnya anda hanya memberikan anak anda mie instant setiap hari. Atau hanya nasi goreng karena ingin cepat. Akhirnya, perkembangan otak anak anda tidak sebagus jika anda memberikan makanan dengan gizi yang baik. Disini saya juga mendapatkan data bahwa di Indonesia, jumlah konsumsi mie instant pada tahun 2015 mencapai lebih dari 13 miliar. Sangat besar sekali.

Kemudian omega-3 sendiri baik bagi mereka yang menderita stroke atau menderita penyakit jantung. Tetapi ingat, anda yang mendapatkan obat dari dokter harus berkonsultasi pada dokter anda terlebih dahulu. Terutama, bagi mereka yang mendapatkan obat pengencer darah. Jadi bagi anda yang ingin mengkonsumsi omega-3, misalkan anda sudah membeli suplemen atau anda ingin makan ikan dalam porsi besar, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anda.

Semoga penjelasan yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan disini saya merekomendasikan 2 video lagi. Jika anda menyukai channel kesehatan dan gaya hidup seperti ini, anda bisa klik like di bawah ini, subscribe dan share kepada teman-teman anda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here