Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik yang sebenarnya agak risih untuk dibahas. Yaitu : “Kenapa Saya Sering Kentut, dan Bau Pula?”

Sobat sehat, setiap hari kita pasti buang angin atau yang orang sebut ‘kentut’. Namun, dalam bahasa medisnya disebut dengan ‘Flatus’. Jadi apabila ada yang bertanya : “Kenapa saya sering kentut? Lalu, mengapa suaranya bervariasi dan kentut saya bau sekali? Apa sih penyebabnya?”

Secara normal, tubuh kita memang menghasilkan gas kurang lebih sekitar 1,9 liter setiap harinya. Itu masih dalam batas normal. Lalu, berapa kali kita kentut dalam sehari? Normalnya bisa 14 sampai 15 kali sehari. Jika sudah melebihi itu, barulah anda harus cek makanan anda.

Jadi, faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya pengumpulan gas di dalam perut kita?

Jika ada yang bertanya : “Dok, kentut itu berasal darimana?”. Jawabannya dari bawah. Iya lahh dari bawah..

Sebenarnya, kentut itu berasal dari gas. Lalu, gas itu dari mana? Yang pertama bisa dari pada saat kita makan, lalu ada udara yang ikut tertelan. Apalagi jika kita makan sambil berbicara. Jadi, orang yang sedang makan sambil mulutnya tetap cerewet itu biasanya akan menelan lebih banyak gas dan lebih sering buang angin.

Kemudian yang kedua, dari makanan yang kita makan.

Jadi, ada makanan-makanan tertentu yang membuat tubuh atau usus kita menghasiljan lebih banyak gas. Contohnya seperti brokoli, kubis, kemudian biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga ada satu lagi. Bagi mereka yang intoleransi terhadap laktosa atau lactose intolerance, hal ini juga dapat meningkatkan produksi gas ketika mereka minum susu. Yang saya maksud adalah susu sapi, bukan susu kedelai.

Ketika mereka mengkonsumsi susu sapi dan usus mereka tidak bisa menerimanya, maka akhirnya produksi gas akan meningkat. Dan bahkan, ada beberapa orang yang sampai mencret atau bahkan diare.

Dan secara normal, memang di dalam tubuh kita terdapat bakteri. Jika anda dulu pernah belajar biologi, di dalam usus besar kita terdapat bakteri baik atau yang kita sebut dengan flora normal. Jadi, metabolisme mereka untuk membantu menyerap nutrisi itu juga menghasilkan gas. Lalu infeksi usus, peradangan dan gangguan-gangguan usus juga bisa menyebabkan produksi gas yang berlebihan.

Lalu jika ditanya : “Mengapa bau sekali?”

Hal ini tergantung pada makanan apa yang anda makan. Jadi normalnya jika kita makan secara wajar atau tidak berlebihan, maka baunya tidak sampai mengganggu. Namun jika anda konsumsi makanan tertentu secara berlebihan, contohnya bawang, jengkol, kemudian petai, dan lain-lain. Mungkin sobat sehat bisa comment di bawah, ketika anda makan apa saja kentut anda menjadi berbau busuk? Biasanay kalau sudah ada yang kentut satu orang, pasti terjadi saling tuduh : “kamu yaa yang kentut?”

Kemudian ada satu pertanyaan lagi : Mengapa bunyi kentut bisa bervariasi?

Hal ini tergantung dari banyaknya udara dan tekanan udara terhadap otot di anus atau dubur. Jadi ada otot disana, dan tekanan udara tadi akan menggetarkan otot tersebut sehingga menghasilkan bunyi.

Contohnya begini.. Anda meniup sebuah balon, lalu anda jepit lubang udaranya. Maka udara yang keluar dari balon tersebut akan berbunyi. Kurang lebih penjelasannya seperti itu.

“Lalu, apakah bahaya jika kita setiap hari kentut, dok?”

Sebenarnya, justru setiap hari kita harus buang angin. Bahkan, buang angin ini merupakan suatu indikasi atau penilaian untuk pasien pasca operasi, khususnya di saluran pencernaan atau sistem pencernaan. Biasanya pasca operasi, pasien akan ditanya : “Sudah bisa kentut belum?”. Setelah bisa buang angin, barulah kita boleh makan dan pulang.

Apabila kita buang angin lebih dari 15 kali per hari, lalu anda mengalami gangguan di perut atau pencernaan, maka anda harus periksakan ke dokter. Mungkin anda makan makanan yang terlalu pedas atau banyak bakterinya. Akhirnya, anda mengalami gangguan pencernaan. Kemudian pertanyaan yang terakhir : “Bolehkah kita menahan kentut?”

Sebenarnya, kentut ini memang harus dibuang. Namanya juga buang angin, berarti harus anda keluarkan. Tetapi ya harus lihat-lihat tempat juga. Jangan dikeluarkan ketika anda lagi makan besar bersama calon mertua atau keluarga. Akhirnya, anda jadi merusak acara. Sebaiknya, anda minta izin ke toilet dulu dan buang disana. Jadi, apapun yang tubuh kita sekresikan itu harus dibuang. Jangan ditahan. Contohnya buang air besar,buang air kecil maupun buang angin.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Sebenarnya saya juga agak risih membahas hal ini, tetapi hal ini juga penting untuk edukasi.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Kenapa Saya Sering Kentut, dan Bau Pula?

Kenapa Saya Sering Kentut, dan Bau Pula?

Sobat sehat,
setiap hari kita pasti buang angin atau yang orang sebut ‘kentut’. Namun, dalam
bahasa medisnya disebut dengan ‘Flatus’. Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas topik yang sebenarnya agak risih untuk
dibahas. Yaitu : “Kenapa Saya Sering Kentut, dan Bau Pula?”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here