Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang : “6 Teknik Relaksasi Pada Jaman Kuno dari Berbagai Negara”.

Sobat sehat, pada saat orang stress dan penat dengan pekerjaan, mereka akan mencari berbagai cara untuk relaksasi. Di zaman sekarang, banyak yang melakukan relaksasi dengan bermain game, berolahraga, atau melakukan yoga. Kemudian ada juga yang pergi ke maal untuk shopping. Jadi, relaksasinya itu cuci mata.

Disini saya akan sharing kepada anda semua bahwa ada berbagai teknik relaksasi pada zaman dahulu. Zaman dahulu belum ada game dan gadget. Jadi, mereka melakukan relaksasi dengan cara kuno atau tradisional yang masih dilakukan hingga saat ini. Bahkan ada yang populer di beberapa negara.

Yang pertama adalah meditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk relaksasi. Tetapi orang-orang zaman dulu bahkan sampai saat ini melakukan meditasi dengan berbagai macam alasan. Ada yang karena alasan agama, spiritual, untuk ketenangan, untuk bersatu dengan alam dan lain-lain. Siapa disini yang suka meditasi? Dan teknik meditasi apa yang sering anda lakukan? Setahu saya, teknik meditasi itu ada banyak. Dan saya akan hare beberapa teknik meditasi disini.

Teknik meditasi yang pertama adalah fokus pada pernapasan.

Jadi, mereka mengamati napas yang masuk dan keluar dengan posisi duduk tertentu, contohnya bersila. Tujuannya adalah untuk mengatur pikiran mereka dan fokus pada pernapasan mereka. Ada yang berkata : “Pikiran kita ini nakal seperti monyet. Loncat kesana kemari, tidak bisa diam”. Jadi badan kita duduk, tetapi mungkin pikiran kita di kantor, di rumah pacar kita, atau bahkan di mall.

Jadi, tujuan meditasi adalah memfokuskan pikiran kita. Ada teknik meditasi menggunakan objek, misalkan lilin. Tujuannya adalah untuk memfokuskan pikiran kita. Ada juga teknik yang lain, seperti membayangkan sesuatu. Saya tidak peduli apapun tekniknya. Tetapi tujuan dari meditasi adalah untuk merelaksasikan dan memfokuskan pikiran.

Kemudian ada teknik yang kedua, yaitu berdoa.

Jadi, meditasi dan berdoa ini sedikit berbeda. Berdoa itu tergantung dari kepercayaan anda, agama anda. Disini tidak ada satu pakem yang benar, anda harus duduk seperti apa. Ini tergantung dari kepercayaan anda masing-masing, tetapi intinya satu. Ketika anda berdoa, anda memfokuskan pikiran anda. Anda bersyukur dan berterima kasih. Jadi, kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika anda bisa melakukan teknik ini, anda bisa bersyukur, sebenarnya anda sudah terhindar dari stress.

Mungkin ada yang bilang : “Iya dok, kalau habis gajian saya mudah sekali bersyukur. Tetai egitu ada masalah, saya susah sekali bersyukur”. Itu namanya bukan bersyukur. Bersyukur itu artinya anda berterima kasih tanpa dipengaruhi oleh BOS. Yaitu Barang, Orang, dan Situasi. Jadi, di dalam situasi apapun anda tetap bersyukur.

Misalkan anda sedang sakit batuk. Ya sudah, disyukuri saja. Toh sakitnya masih ringan. Misalkan anda habis kena stroke, anda harus tetap bersyukur. Bersyukurlah anda masih bisa jalan, walaupun lumpuh separuh. Ketika anda berusaha berobat ke dokter, jangan maki-maki dokter anda, lalu menyalahkan Tuhan. Sebenarnya yang salah itu diri kita sendiri. Mengapa kita tidak menjaga makanan? Kurang lebih seperti itu pemahamannya.

Jadi, kembali lagi kepada diri anda sendiri. Jika anda tanya mana yang benar dan salah, maka apa yang anda lakukan dengan sungguh-sungguh itu yang benar.

Kemudian, teknik relaksasi yang ketiga adalah yoga.

Yoga ini mirip dengan meditasi. Jadi, di dalam yoga juga ada ajaran meditasinya. Jadi, yoga ini berasal dari bahasa sansekerta yang artinya penyatuan. Yaitu penyatuan dengan alam semesta dan pencipta.

Teknik ini sebenarnya berasal dari India sejak 5000 tahun yang lalu dan digunakan di agama Hindu. Saya tidak tahu apakah agama lain atau praktisi-praktisi lain juga mengajarkan yang seperti yoga. Tetapi di zaman modern ini, yoga sudah ada di tempat-tempat kebugaran. Dan mungkin tekniknya agak sedikit berbeda karena lebih ke arah olahraga. Tetapi, anda juga bisa melakukannya. Carilah guru yoga yang anda percaya. Anda bisa belajar yoga untuk menenangkan pikiran anda. Selain untuk memfokuskan pikiran, anda juga bisa berlatih meregangkan tubuh anda agar lebih fleksibel.

Jika kita tegang, psati kita tidak merasa relaks. Otot-otot kita juga pasti ikut kaku. Jadi, mereka yang tegang dan stress, kemudian bagian leher dan pundaknya kaku semua, itu namanya TTH. Anda juga bisa melakukan yoga untuk mengatasi masalah ini.

Kemudian kita masuk ke teknik relaksasi yang keempat, yaitu tai chi.

Tai chi ini pasti sudah familiar di telingan anda semua. Jadi, tai chi ini sering kita lihat di film. Ada ‘Man of Tai Chi’ yang diperankan oleh Jet Li dan lain-lain. Sebenarnya, tai chi ini adalah gabungan dari olahraga kebugaran dan seni yang memfokuskan pikiran, gerakan dan pernapasan. Jadi, gerakannya itu seperti air mengalir.

Ketika 3 hal ini dipadukan, kita akan mendapatkan ketenangan, dan bahkan bisa masuk ke dalam kondisi yang kita sebut meditasi.

Jadi, sebenarnya tai chi mirip dengan meditasi dan yoga. Namun, tai chi ini ada gerakannya. Terkadang, orang berpikir bahwa meditasi itu harus duduk diam. Tetapi dengan melakukan yoga atau tai chi, sebenarnya kita juga bisa masuk ke dalam kondisi tersebut.

Tujuannya apa sih? Untuk mencari ketenangan dan memfokuskan pikiran atau badan kita. Tai Chi sendiri berkembang di negara China sejak ribuan tahun yang lalu dan dipercaya dapat meningkatkan energi di dalam tubuh karena pikiran yang baik, gerakan yang baik, dan fokus yang baik sehingga dapat meningkatkan qi atau energi di dalam tubuh kita. Jadi selain untuk menenangkan atau merelaksasikan pikiran, juga meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi untuk mereka yang mempunyai penyakit tertentu atau nyeri juga bisa melakukan teknik olahraga ini. Jika anda ingin melakukannya, carilah guru yang bisa mengajari anda untuk melakukannya dengan baik.

Kemudian yang kelima adalah berendam di air panas.

Ketika saya berkata air panas, apa yang ada di dalam pikiran anda? Bikin teh? Bukan.. Yang saya maksud adalah Onsen, yaitu pemandian air panas yang ada di Jepang. Jadi, negara Jepang memiliki tradisi atau budaya ini sejak 3000 tahun yang lalu. Biasanya teknik ini digunakan oleh tentara-tentara Jepang. Setelah pulang dari medan pertempuran, untuk menghilangkan rasa nyeri, capek dan pegal-pegal, mereka berendam di air panas karena dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kalau tidak salah sejarahnya seperti itu.

Jadi, onsen ini dikenalkan oleh biksu ke masyarakat bahwa dapat mengurangi nyeri, merelaksasi tubuh, kemudian dapat memulihkan tubuh yang sedang sakit. Dan sumber mata air ini panasnya itu adalah dari panas bumi.

Lalu, ada juga filosofi yang dipercaya seperti ini. Ketika anda berendam air panas di onsen tadi, maka semua manusia yang ada di dalamnya itu sama rata. Karena ketika mandi, seluruh pakaian yang menunjukkan tahta dan kasta mereka itu dilepas. Harta benda mereka juga ditinggalkan. Kalau di zaman dulu, pemandian pria dan wanita itu dicampur. Tetapi di zaman sekarang tentu sudah dipisahkan. Untuk anda yang punya budget lebih, silahkan kunjungi onsen di Jepang.

Kemudian kita masuk ke terapi relaksasi yang terakhir, yaitu hidroterapi.

Hidro itu artinya air. Jadi, terapi ini menggunakan air. Terapi ini sebenarnya sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di berbagai negara, salah satunya di China. Kemudian juga di Jepang, Yunani, Mesir dan Romawi.

Disini sudah saya rangkum beberapa metode dan teknik untuk melakukan hidroterapi. Misalnya orang-orang di Yunani menjadikan mandi sebagai terapi. Kemudian bangsawan di Mesir menambahkan bunga dan minyak essensial ke dalam air mandi mereka. Jadi, hidroterapi dulu dikenal sebagai hidropathy. Yaitu metode pengobatan menggunakan air untuk mengobati berbagai macam penyakit dan meringankan kondisi yang menyakitkan.

Jadi mereka yang memiliki stress tinggi, kemudian kram otot, nyeri otot, atau habis kerja seharian akan melakukan hidroterapi. Disini sudah saya rangkum juga beberapa metode terapi. Yang pertama adalah mandi pinggul atau sitzbath. Jadi di dalam metode ini, mereka berendam hanya sebatas pinggul saja.

Kemudian yang kedua adalah pijat air.

Jadi, dilakukan semprotan air yang memiliki efek membuat tubuh kita rileks. Biasanya menggunakan shower. Saya juga baru tahu kalau shower ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Kemudian metode yang ketiga adalah membungkus dengan air.

Jadi, mereka diminta untuk berbaring, kemudian dibungkus dengan kain yang basah, selanjutnya ditutupi dengan kain yang kering. Setelah itu, mereka diminta untuk mandi. Metode ini digunakan untuk meredakan nyeri otot, gangguan kulit, bronkitis dan flu.

Kemuudian yang keempat adalah kompres.

Kalau kompres ini tentunya kita semua sudah tahu ya.. Jadi ketika anak kecil atau kita sedang sakit panas, kita ambil air lalu kita kompres di kepala, ketiak atau selangkangan. Jadi, hal ini sudah familiar.

Kemudian metode yang kelima adalah merendam kaki.

Anda bisa menggunakan air hangat atau dingin untuk merendam kaki anda. Jika pembuluh darah kita terkena air dingin, maka akan kontraksi sehingga darah kita dapat dipompa ke atas atau pusat tubuh. Metode ini efektif untuk anda yang kakinya lelah. Lalu jika menggunakan air hangat, hal ini akan membaut pembuluh darah kita melebar. Metode ini dapat membantu meringankan kaki kita yang sudah capek seharian. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam air tersebut.

Disini ada salah satu produk dari boxsehat.com, yaitu Ancient Salt. Ancient Foot Therapy. Jadi, anda bisa menambahkan ini sekitar 3-5 sendok makan, tergantung seberapa besar wadah yang anda gunakan untuk merendam kaki. Jadi, air anda jangan terlalu panas karena kaki anda bisa mengalami luka bakar dan melepuh. Jadi, kurang lebih suhunya sekitar 35 derajat, lalu anda campurkan ini.

Apa sih gunanya garam ini? Garam ini bisa membunuh kuman karena garam dikenal sebagai antiseptic alami. Kemudian yang kedua, anda bisa menghilangkan bau kaki dan jamur kaki dengan garam ini. Garam sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Kemudian juga bermanfaat untuk membersihkan dan merawat kuku anda dengan merendamnya di air garam kurang lebih selama 15-20 menit. Ingat, jangan direndam terlalu lama.

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat.

Untuk anda yang ingin memesan garam ini, silahkan anda kunjungi boxsehat.com. Disana juga banyak produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat.

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

6 Teknik Relaksasi Pada Jaman Kuno dari Berbagai Negara

6 Teknik Relaksasi Pada Jaman Kuno dari Berbagai Negara

Sobat sehat, disini saya akan sharing kepada anda semua bahwa ada berbagai teknik relaksasi pada zaman dahulu. Zaman dahulu belum ada game dan gadget. Jadi, mereka melakukan relaksasi dengan cara kuno atau tradisional yang masih dilakukan hingga saat ini. Bahkan ada yang populer di beberapa negara. Jadi, judul kali ini adalah : 6 Teknik Relaksasi Pada Jaman Kuno dari Berbagai Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here