Apakah Gula Darah Anda Normal? Berapa Kadar Gula Yang Normal?

0
26

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik,yaitu : “Berapa Kadar Gula Yang Normal?”

Sobat sehat, sebelum kita membahas video ini lebih lanjut, saya mau menginformasikan kepada anda semua para subscriber dan viewer dari SB30 Health. Untuk pertama kalinya, tim SB30 Health akan membuat grup WhatsApp. Jadi, nantinya setiap hari kami akan memberikan tips-tips untuk kesehatan. Kami akan usahakan setiap hari, namun kalau tidak bisa setiap hari, jangan dikomplain yaa..

Tips-tips kesehatan ini akan kami berikan gratis, dan untuk satu grup WhatsApp hanya untuk 250 orang. Memang terbatas seperti itu. Jadi untuk anda yang benar-benar membutuhkan, silahkan klik link’nya di bawah ini atau di atas. Silahkan anda cari. Silahkan daftar disana dan bergabung bersama kami di grup WhatsApp.

Oke, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan di awal video ini. Kita lanjut..

Jadi sobat sehat, kadar gula darah kita yang normal dapat menunjang kinerja tubuh kita dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Sebelum saya bahas berapa kadar gula darah yang normal, saya ingin anda memahami dahulu proses perjalanan glukosa atau gula darah tadi.

Jadi ketika kita memakan karbohidrat, maka karbohidrat ini akan diubah menjadi lebih sederhana yang disebut dengan glukosa.

Glukosa diserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Pada saat itulah terjadi perlonjakan atau peningkatan kadar gula darah. Jadi tentu saja ketika anda sedang berpuasa, hasilnya akan berbeda jika diukur gula darahnya dibandingkan dengan ketika anda baru selesai makan ataupun sebelum tidur.

Jadi, ini semua disebabkan karena metabolisme dari karbohidrat tadi. Jadi karbohidrat yang sudah dipecah menjadi glukosa, kemudian glukosa masuk ke peredaran darah, sehingga gula darah anda meningkat.

Di dalam tubuh kita ada yang namanya sel beta pankreas. Sel ini akan menghasilkan atau memproduksi yang namanya hormon insulin. Hormon insulin inilah yang akan membawa gula darah atau glukosa tadi ke dalam sel. Jadi, sel ini tidak bisa terbuka pintunya jika tidak ada insulin.

Jadi pada mereka yang sudah mengalami diabetes atau yang kita sebut dengan kencing manis, hal itu terjadi karena adanya kerusakan pada sel beta pankreasnya. Atau sel beta pankreasnya masih bagus, namun insulin yang dihasilkan tidak cocok dengan reseptor pada sel.

Akhirnya, pintu sel tidak bisa terbuka dan gula darah ini tetap berada di dalam darah.

Glukosa ini tetap berada di dalam darah. Inilah yang menyebabkan gula darahnya tidak kunjung turun sehingga akhirnya dia harus mengkonsumsi obat atau disuntik insulin dari luar.

Jadi ketika glukosa yang berada di dalam darah tadi masuk ke dalam sel, otomatis kadar glukosa atau kadar gula darah akan kembali turun. Setelah masuk ke dalam sel, gula atau glukosa tadi digunakan sebagai sumber energi. lalu, kelebihannya akan disimpan di dalam hati.

Pada saat kondisi dimana kita telat makan, misalnya. Atau kita ke daerah yang kekurangan makanan, ketika kita tidak mengkonsumsi makanan, maka cadangan di hati yang disimpan dalam bentuk glikogen digunakan sebagai energi untuk tubuh kita. Tetapi jika kita menyimpan cadangan setiap hari dan jumlahnya berlebihan, maka akan menumpuk menjadi lemak dan juga dapat menjadi sumber penyakit.

Oke, itu tadi adalah penjelasan bagaimana metabolisme karbohidrat menjadi glukosa, kemudian kadar gula kita naik, kemudian masuk ke dalam sel, dan kadar gula kembali turun.

Lalu, berapa kadar gula yang normal?

Disini saya sudah membuat catatan. Jadi, kadar gula yang normal menurut WHO ketika puasa adalah 4-7 mmol per liter atau 72 sampai 126 miligram per deci liter. Lalu ketika malam hari, ketika mau tidur itu kurang lebih sekitar 8 mmol per liter atau 144 miligram per deci liter.

Lalu gula darah sewaktu normal. Jadi, normalnya 2 jam setelah makan berkisar antara 80 sampai 180 mg/dl. Idealnya adalah 80 sampai 144 miligram per deci liter. Kemudian, jika 145 sampai 179 miligram per deci liter itu dikategorikan sebagai cukup. Kemudian, jika sudah 180 sampai 199 masih dalam kategori aman, te tapi perlu diwaspadai. Kalau sudah di atas 200, maka anda harus kontrol lagi ke dokter anda. Bisa jadi, anda sudah masuk ke penyakit diabetes.

Jadi sobat sehat, penting sekali untuk menjaga kadar gula darah kita agar tetap normal. Tentunya untuk menjaga organ-organ dalam tubuh kita agar dapat bekerja dengan baik. semoga informasi singkat ini dapat anda mengerti.

Dan jika anda masih belum bisa menghafal berapa kadar gula darah tadi, anda bisa cek video ini kembali.

Oke, sekian informasi yang dapat saya berikan. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sekian video dari saya. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here