6 Manfaat Minyak Sereh Yang Baik Bagi Kesehatan – Minyak Sereh

Sereh merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan nusantara. Tak hanya sebagai bumbu dapur, sereh juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Minyak sereh atau yang biasa dikenal dengan citronella oil ini merupakan salah satu obat tradisional yang sudah sangat terkenal khasiatnya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan selama bertahun-tahun.

Dalam membuat minyak sereh, terdapat dua jenis sereh yang sering digunakan, yaitu jenis java dan ceylon. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan spesiesnya. Untuk citronella java sendiri memiliki warna yang lebih gelap, aroma yang lebih segar, serta memiliki khasiat yang lebih kuat dari jenis ceylon. Namun perlu diketahui, kedua jenis minyak sereh ini memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan lain sebagainya yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari citronella oil yang baik bagi kesehatan:

1. Pereda nyeri

Manfaat minyak sereh yang pertama yaitu sebagai bahan pereda nyeri terbaik yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan minyak sereh memiliki sifat antiinflamasi serta antioksidan, sehingga dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh masalah osteoarthritis. Selain itu, minyak sereh ini sangat baik untuk meredakan nyeri sendi serta otot pada bayi yang masih sensitif.

2. Meredakan stres

Anda dapat menggunakan minyak sereh untuk meredakan stres akibat tekanan pikiran yang anda rasakan, baik masalah pekerjaan, rumah, dan lain sebagainya. Anda cukup menyemprotkan ke sprei tempat anda tidur atau memijat kulit kepala secara lembut menggunakan citronella oil. Selain untuk meredakan stres penggunaan minyak sereh ini juga dapat membantu tidur anda menjadi lebih nyeyak.

3. Membantu proses pencernaan

Minyak sereh dipercaya mampu membantu sistem pencernaan kita menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa pada minyak sereh yang memiliki kemampuan untuk dapat membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Selain itu, minyak sereh ini memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan pada sistem pencernaan serta membunuh parasit maupun cacing yang berada pada usus kecil dan usus besar.

4. Detoksifikasi

Minyak sereh memiliki kemampuan untuk membantu proses detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun atau zat berbahay dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya sifat sebagai agen diaphoretic yang merangsang keluarnya keringat serta sifat agen diuretic untuk merangsang berkemih pada citronella.

5. Merawat kulit

Sereh juga dikenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit serta mengatasi berbagai masalah kulit yang merugikan dan menganggu penampilan. Penggunaan minyak sereh pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih muda serta mengurangi efek buruk akibat paparan sinar matahari yang diserap kulit. Sereh dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti dermatitis, dan eskim, serta infeksi jamur. Selain itu, sereh ini juga dapat melindungi kulit dari gigitan serangga maupun mengobati luka infeksi akibat gigitan serangga.

6. Penyubur rambut

Minyak sereh memiliki manfaat yang luar biasa apabila diaplikasikan pada kulit kepala bayi. Penggunaan citronella ini dapat mecegah rasa gatal maupun tidak nyaman pada kulit kepala bayi. Selain itu, citronella juga mampu merangsang pertumbuhan rambut pada bayi menjadi lebih cepat dan subur.

Gunakanlah minyak sereh dalam jumlah yang kecil atau sesuai dengan saran dari dokter agar memperoleh manfaat baik dari sereh dan menghindari efek samping, seperti alergi.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here