Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Kenapa Saya Sering Lemas Saat Bangun Tidur?”.

Sobat sehat, setelah kita bekerja seharian, mungkin bagi anda yang pelajar sudah belajar seharian, kemudian mungkin membantu orang tua bekerja, dan istirahat malam adalah obat paling mujarab untuk mengembalikan tubuh kita pada kondisi prima kembali.

Tapi terkadang ketika kita sudah cukup tidur di malam hari, misalnya anda tidur jam 9-10 malam dan bangun jam 6 pagi. Tapi ternyata badan anda masih lemas, rasanya tidur anda kurang cukup. Ketika bangun, badan masih terasa lemas. Mungkin ada yang merasa badannya pusing.

Di video kali ini, saya akan sharing kepada anda semua tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi. Siapa disini yang ketika bangun tidur, badannya terasa tidak segar? Malah makin malas-malasan. Mau bangun malas, lalu ada yang ketika bangun kepalanya terasa pusing. Silahkan anda comment di bawah ini, kira-kira apa penyebabnya.

Jadi, disini saya akan sharing kepada anda tentang 9 penyebab mengapa saat bangun tidur badan anda masih terasa lemas.

Penyebab yang pertama adalah karena anda membawa pekerjaan anda ke tempat tidur.

Siapa disini yang ketika mau tidur, sambil mengerjakan tugas? Mungkin pakai laptop atau masih main HP. Atau anda yang tidak bawa apa-apa, tetapi pikiran anda masih membawa pekerjaan anda di kantor.

Jadi, orang-orang seperti ini biasanya matanya sudah tertutup, tetapi pikirannya masih kesana kemari. Apalagi anda yang tidur sambil bekerja dengan laptop. Bisa-bisa saat anda bangun pagi, posisi tidur anda salah. Anda tidur di keyboard laptop. Akhirnya ketika bangun pagi, pipi anda mengecap keyboard di pipi.

Jadi, hal-hal seperti ini juga bisa membuat kualitas tidur anda tidak baik. Akhirnya pada keesokan harinya ketika anda bangun, anda masih merasa lemas. Mungkin ada juga yang merasakan pusing.

Lalu yang kedua, anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein sehingga anda terjaga di malam hari.

Ketika anda ingin menutup mata/tidur, jantung anda berdebar terus dan akhirnya tidak bisa tidur. Akhirnya, anda baru bisa  tidur saat larut malam. Jadi pada keesokan harinya yang harusnya anda bangun tidur dengan segar, akhirnya ketika anda bangun pagi, badan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Kemudian yang ketiga, anda makan berlebihan atau terlalu banyak sebelum tidur.

Siapa disini yang suka makan pada jam 11 malam, atau masih makan pada jam 12 malam? Dan makanan apa yang biasa anda makan? Kebanyakan, kita makan junkfood di malam hari. Saya tidak menyebutkan mereknya, tetapi biasanya itu semua yang anda makan. Benar ‘kan?

Jika anda makan terlalu banyak di malam hari, akhirnya ketika anda tidur, usus anda tetap bekerja mencerna makanan, yang seharusnya saat malam organ tubuh kita ikut beristirahat. Tetapi karena bekerja terus, akhirnya keesokan harinya pada saat bangun tidur kita tidak bisa merasa lebih segar. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah karena yang buka di malam hari, yang buka 24 jam itu adalah makanan junkfood atau makanan instan.

Oke, kita lanjutkan. Kemudian yang keempat adalah karena anda jarang berolahraga.

Jadi, ketahuilah bahwa olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah anda dan memperbaiki metabolisme sehingga anda bisa tidur lebih lelap. Percuma anda tidur jika anda tidak bisa tidur lelap. Akhirnya, kualitas tidur anda tidak baik dan anda bangun dalam kondisi tidak prima.

Kemudian penyebab selanjutnya. Penyebab nomor lima adalah karena anda mengalami dehidrasi.

Jadi, saran saya adalah perhatikan asupan cairan juga. Apabila anda dehidrasi, asupan cairan kurang, maka sirkulasi darah anda juga tidak baik. Yang perlu anda ingat, 70% dari tubuh kita adalah cairan. Jadi apabila anda dehidrasi, anda kekurangan cairan, maka metabolisme tubuh anda  tidak dapat berjalan dengan baik. Sirkulasi darah anda juga tidak dapat berjalan dengan baik. Akhirnya, ketika anda bangun pagi tidak bisa terasa segar.

Lalu, yang keenam adalah anemia.

“Dok, bagaimana cara mengetahui saya ini anemia atau tidak?”.  Untuk anda semua yang ingin periksa, silahkan ke lab. Jadi, anda bisa cek Hb anda berapa. Kalau di bawah normal, itu artinya anda mengalami anemia. Atau pemeriksaan paling gampang yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah cek di bawah mata anda atau konjungtiva.

Jadi, caranya dalah anda tarik seperti ini, lalu lihat di depan cermin. Apakah warnanya lebih pucat? Jadi, anda bisa bandingkan dengan teman anda yang sehat atau keluarga anda yang sehat. Kemudian, anda juga bisa cek di kuku. Jadi, anda buka kuku anda seperti ini, kemudian anda cek. Apakah warnanya putih pucat? Jika iya, berarti anda mengalami anemia. Dan untuk memastikannya, silahkan anda cek di laboratorium.

Kemudian, yang ketujuh adalah hipotensi.

Mengapa anemia bisa menyebabkan anda lemas ketika bangun tidur? Karena sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh anda kurang. Jadi ketika anda tidur maupun ketika anda melakukan aktivitas, tubuh anda tetap membutuhkan yang namanya oksigen.

‘Apa itu hipotensi, dok?’. Hipotensi adalah tekanan darah rendah. Jadi untuk anda yang ingin tahu, silahkan anda cek ke dokter anda atau ke perawat. Jadi anda bisa minta tolong tensikan diri anda. ‘Lalu, apa yang harus saya lakukan kalau seandainya tensi saya rendah?’. Perbaiki pola makan anda. Coba anda perhatikan. Apakah makanan anda sudah cukup karbohidrat, protein, dan zat besi lainnya? Jika belum, segera diperbaiki. Lalu tambahkan dengan olahraga.

Lalu, yang kedelapan adalah hipoglikemia.

Hipoglikemia ini merupakan kondisi dimana kadar gula darah anda drop atau terlalu rendah. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita kencing manis, atau yang kita sebut dengan diabetes yang mengkonsumsi obat. Mungkin pola makannya tidak teratur, lupa makan lalu minum obat. Dan pada keesokan harinya, kadar gula darahnya drop. Hal ini juga dapat menyebabkan badan lemas dan kepala pusing. Tolong anda cek, bagi anda yang memiliki penyakit diabetes. Atur pola makan anda, dan segera konsultasi ke dokter.

Kemudian yang kesembilan adalah efek samping obat atau alkohol.

Jadi, obat-obatan tertentu juga dapat membuat anda lemas pada keesokan harinya. Misalnya obat penenang yang diminum dengan dosis terlalu tinggi. Atau anda habis mabuk karena pada malam harinya minum alkohol.

Itu semua adalah 9 penyebab mengapa saat bangun tidur anda masih merasa lemas. Oke, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jadi bagi anda yang bangun tidur kemudian masih merasa lemas, silahkan cek dari nomor satu sampai nomor sembilan, yang mana yang anda langgar. Dan bagi anda semua yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat. Dan seperti biasa bagi anda yang menyukai video ini, silahkan klik like di bawah ini, dan silahkan anda comment, serta silahkan subscribe bagi anda yang belum subscribe.Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Kenapa Saya Sering Lemas Saat Bangun Tidur?

Kenapa Saya Sering Lemas Saat Bangun Tidur?

Sobat sehat, setelah kita bekerja seharian, mungkin bagi anda yang pelajar sudah belajar seharian, kemudian mungkin membantu orang tua bekerja, dan istirahat malam adalah obat paling mujarab untuk mengembalikan tubuh kita pada kondisi prima kembali.  Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Kenapa Saya Sering Lemas Saat Bangun Tidur?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here