Waspada 4 Bahaya Darah Rendah Bagi Kesehatan - Bahaya Darah Rendah

Bahaya darah rendah tentunya memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Darah rendah sendiri merupakan suatu kondisi dimana ketika tekanan darah berada kurang dari 90/60 mmHg, sedangkan tekanan darah normal untuk orang dewasa berada pada angka 120/80 mmHg. Darah rendah akan menimbulkan beberapa gejala berupa pusing kepala, mual dan muntah, tubuh akan terasa lemas, pandangan menjadi buram, hingga mengalami sesak napas.

Dehidrasi dapat terjadi akibat berbagai macam faktor mulai dari pertambahan usia serta faktor keturunan. Masalah ini juga dapat terjadi akibat seseorang sedang hamil, mengalami dehidrasi, terdapat pendarahan, serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi ini tentunya tidak dapat dianggap remeh begitu saja. Apabila masalah darah rendah tidak diatasi dengan baik maka hal ini akan menyebabkan timbulnya berbagai macam komplikasi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya darah rendah yang dapat terjadi apabila masalah darah rendah tidak ditangani dengan baik

1. Penyakit jantung

Bahaya darah rendah yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan masalah penyakit jantung. Masalah darah rendah yang terlalu sering timbul akan mengakibatkan gangguan pada jantung mulai dari gagal jantung, gangguan irama jantung, bahkan sampai serangan jantung. Hal ini dikarenakan tekanan darah rendah dapat menurunkan kemampuan jantung dalam memompa darah. Apabila masalah ini tidak segara ditangani dengan baik akan memicu terjadinya penyakit jantung.

2. Stroke

Tekanan darah rendah sangat berisiko menyebabkan timbulnya masalah stroke. Hal ini terjadi akibat kurangnya pasokan darah yang mengalir menuju otak. Sehingga kondisi tersebut dapat membuat otak mengalami kerusakan serta mengakibatkan fungsi otak menjadi terganggu. Stroke dapat dikenali dengan adanya beberapa gejala seperti salah satu sisi anggota tubuh melemah, ucapan menjadi tidak jelas, satu sisi wajah tidak dapat digerakkan, hilangnya pengelihatan secara tiba-tiba, penurunan kesadaran, hingga sakit kepala yang hebat.

3. Gagal ginjal

Bahaya darah rendah yang lain ialah mengakibatkan masalah gagal ginjal. Hal ini dikarenakan tekanan darah rendah menyebabkan penurunan aliran darah yang disaring oleh ginjal. Kondisi tersebut akan mengakibatkan timbulnya kerusakan pada ginjal. Kerusakan pada ginjal yang tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan masalah gagal ginjal.

4. Syok

Kondisi darah rendah sangat mudah mengakibatkan penderitanya mengalami syok. Syok sendiri dapat terjadi akibat tekanan darah menurun secara drastis. Kondisi ini akan mengakibatkan organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik akibat kurangnya pasokan darah. Syok yang terjadi akibat seseorang mengalami darah rendah akan menimbulkan berbagai macam gejala seperti sesak napas, denyut jantung cepat namun lemah, keringat dingin, pucat, hingga dapat mengakibatkan pingsan.

Bahaya darah rendah ini dapat terjadi apabila masalah darah rendah tidak segera ditangani dengan baik. Apabila kamu mengalami masalah darah rendah, segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here