Penyebab Serta Gejala Asam Lambung Yang Perlu Diwaspadai – Asam Lambung

Asam lambung sendiri merupakan suatu kondisi naiknya asam lambung dari perut menuju ke kerongkongan. Saluran pencernaan tubuh manusia memiliki pintu masuk ke perut berupa katup. Dimana katup tersebut memiliki bentuk seperti cincin otot yang disebut dengan sfingter esofagus bagian bawah. Katup tersebut dapat tertutup secara rapat setelah dilewati makanan ketika dalam kondisi normal. Ketika kinerja katup mengalami gangguan, maka katup tersebut tidak dapat tertutup secara rapat atau bahkan seringkali terbuka. Ketika katup tersebut terbuka, maka hal ini akan memungkinkan naiknya asam yang diproduksi di lambung menuju ke kerongkongan.

Asam lambung sendiri sebenarnya tidak mematikan, namun penyakit asam lambung ini harus segera ditangani. Apabila hal ini tidak segera ditangani akan dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan serta dapat ke tahap kronis. Dimana asam lambung kronis sering disebut sebagai  gangguan refluks gastroefagus atau biasanya disingkat dengan GERD.

Penyebab Asam Lambung

Asam lambung dapat disebabkan oleh berbagai hal atau berbagai macam faktor yang tentunya perlu diwaspadai. Beberapa penyebab asam lambung antara lain yaitu makan terlalu banyak, langsung berbaring setelah makan, makan terlalu dekat dengan waktu tidur, makan makanan tertentu (seperti tomat, jeruk, mint, cokelat, hingga berbagai macam makanan pedas), mengkonsumsi teh dan kopi hingga minuman bersoda, merokok, efek samping obat-obatan, dan lain sebagainya. Dimana berbagai macam faktor ini akan mengakibatkan otot kerongkongan bagian bawah otot LES yang bertugas untuk menutup saluran ke kerongkongan setelah makan melemah. Tentunya berbagai faktor ini perlu dihindari agar tidak menyebabkan timbulnya penyakit asam lambung.

Gejala Asam Lambung

Ketika seseorang mengalami asam lambung, akan timbul berbagai macam gejala yang dapat dirasakan oleh tubuh. Dimana gejala asam lambung yang dirasakan oleh setiap orang ini berbeda-beda tergantung dengan organ yang ikut terpengaruh oleh asam lambung tersebut. Gejala yang ditimbulkan oleh asam lambung ini dapat berupa gejala yang ringan hingga dapat gejala yang berat.

Gejala yang paling sering dirasakan oleh penderita asam lambung ini ialah heartburn atau sensasi panas dan terasa seperti terbakar yang tidak nyaman di bagian dada. Selain itu, mulut akan terasa asam dan pahit bahkan kerap diikuti dengan sensasi panas mirip terbakar di tenggorokan dan mulut. Penyakit asam lambung dapat mengakibatkan iritasi di tenggorokan yang mengakibatkan radang tenggorokan, suara serak, batuk kering, hingga timbul sensasi benjolan di tenggorokan. Beberapa penderita penyakit asam lambung ini juga kerap kali mengalami regurgitasi bahkan penderita tersebut bisa sampai muntah. 

Apabila anda mengalami masalah asam lambung segera atasi masalah tersebut atau hubungi dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut agar hal tersebut tidak mengakibatknya munculnya komplikasi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here