Hallo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya Dr.Sung. Pada tulisan kali ini saya akan menjawab pertanyaan anda seputar mata yaitu:

“Kenapa bisa muncul kantung mata”

“Kenapa mata bagian bawa bisa hitam”

Nah pada tulisan kali ini judulnya adalah “10 penyebab dan solusi mata panda”

Siapa yang sedang membaca artikel ini punya masalah dengan mata panda. Jadi mata panda yang saya maksud ini bukan habis di tonjok kemudian memar di sekitar mata. Yang saya maksud disini mata anda membentuk kantung, kemudian berwarna hitam di bawahnya. Beberapa orang pasti pernah mengalami hal ini dan mugkin anda yang membaca artikel ini sedang mengalami hal ini.

Karena Faktor Genetik

Siapa disini yang sudah berusaha melakukan treatment apapun tetapi masih belum bisa hilang dengan baik. Nah ini biasanya terjadi karena faktor genetik yaitu bentuk wajah anda . Tentu saja kalau anda anak dari orang tua anda otomatis wajah anda akan mirip dengan salah satunya. Kalau kedua orang tua anda mempunyai kantong mata yang besar kemungkinan anda juga akan ikut sama karena bentuk tulang wajah anda akan mirip sama mereka.

Menangis

Anda sudah tau kan setiap kali menangis atau habis menangis mata anda akan bengkak dan wajah kita lebih merah karena aliran darah banyak megalir ke wajah. Inilah yang menyebabkan wajah anda merah dan cairan banyak mengumpul di mata. Kalau menangis pasti keluar air mata dong nah itu yang menyebabkan mata kita menjadi bengkak.

Kurang Tidur

Kalau ini sudah jadi rahasia umum kalau kurang tidur dan kecapekan biasanya bagian bawah mata menjadi hitam. Beberapa orang mengalami bengkak karena hal tersebut jadi perhatikan tidur malam anda.

Selain dapat menyebabkan mata panda, kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh. Saya sudah pernah bahas ini di channel youtube saya https://www.youtube.com/watch?v=vXbFReVf4o8

Karena Sering Mengkucek Mata

Mengucek mata dapat menyebabkan rusaknya kapiler (Pembuluh darah kecil yang terdapat di kelopak mata) jadi kelopak mata ini kulitnya tipis. Kalau anda sering kucek-kucek kapilernya akan rusak inilah yang membuat tampak lebih hitam atau gelap kurang lebih seperti itu.

Karena Paparan Sinar Matahari

Jika anda bekerja di lapangan, sebaiknya anda gunakan kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari ke mata anda.

Merokok

Buat anda yang suka merokok, biasanya bukan cuman di bawah mata yang hitam tetapi di bagian kulit yang lain akan menggelap misalnya di bibir coba anda perhatikan. Jadi pada saat merokok itu membuat kapiler pembuluh darah kita beberapa akan rusak selain itu menyebabkan bagian kulit kolagennya berkurang dan menjadi tipis. Coba anda perhatikan kalau ingin lebih baik silahkan kurangi rokok anda dan kalau bisa silahkan berhenti.

Alergi

Mereka yang alergi misalnya anda yang suka bangun pagi sering bersin-bersin itu yang disebut alergi. Biasanya mereka mengalami warna hitam di bawah mata kalau seperti ini solusinya adalah anda harus segera ke dokter cek apa yang menyebabkan alergi, hindari alergi tersebut dan konsultasi ke dokter jangan beli obat sembarangan.

Faktor Penuaan

Kita semua sudah tau semakin tua usia kita fungsi orang termasuk otot, jaringan itu akan mulai melemah termasuk di bagian mata kita. Jadi akan mulai kendur dan membentuk katup disana. Anda tidak bisa melawan penuaan tapi anda bisa menghambat agar otot dan jaringan di sekitar mata kita progressnya tidak terlalu tajam untuk turun. Caranya dengan merwatnya, bagaimana caranya? nanti di bagian akhir saya akan jelaskan

Stress

Siapa yang sering stress? dan kalau stress apa yang anda lakukan?. Saya pernah bahas 5 terapi yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress. Jadi selain terapi medis mungkin anda bisa lihat videonya di channel youtube sb30 health

https://www.youtube.com/watch?v=Fl3fZSHeBhI

Jadi ada terapi jalan-jalan, rekreasi, silahturahmi dan lain lain tonton videonya disana

Karena Pola Makan Yang Buruk

Pola makan yang buruk itu kayak gimana?

Kurang asupan protein

Jadi kita semua tau sel – sel yang ada pada tubuh kita membutuhkan protein. Jadi sel- sel yang rusak kemudian dibentuk lagi yang baru itu membutuhkan protein.

Intect garam berlebihan

Dapat menyebabkan retensi air. Jadi garam ini sifatnya menarik air nah ini juga dapat berperan dalam pembentukan kantung mata.

Nah perbaiki pola makan anda, makan yang bergizi. Jadi kebutuhan gizi makro dan mikronya bisa terpenuhi.

Nah ini tadi adalah 10 penyebab yang membuat mata kita menjadi mata panda hitam dan ada kantungnya disana.

Kali ini saya akan membahas solusinya

Jadi yang pertama perbaiki pola hidup dan makan anda. Ketika anda berpergian jauh keluar lapangan untuk tidak terpapar sinar matahari langsung anda bisa menggunakan kacamata hitam. Kemudian anda bisa kurangi asupan garam. Apalagi orang Indonesia kalau rasanya tidak asin itu tidak enak. Perbanyak asupan protein jadi jumlahnya harus cukup bukan berarti berlebihan rumusnya adalah sekitar 0,8 – 1 gram / kg berat badan. Saya juga sudah bahas di channel youtube Sb30 Health. Lalu anda bisa lakukan ini dirumah yaitu mengambil kantung teh, anda seduh dulu dan dinginkan di kulkas selama kurang lebih 10-15 menit kemudian tempelkan pada mata anda. Jadi teh mengandung antioksidan, kemudian dingin ini bisa memebrikan effect vasokontriksi. Kalau pembuluh darah melebar itu namanya vasodilatasi itu akan membuat kelihatan lebih hitam. Ketika vasokontriksi berkontraksi dia akan lebih mengecil dan akan menyamarkan. Tapi kembali lagi tiap orang hasilnya akan berbeda-beda karena struktur tulang wajah berbeda-beda. Buat anda yang kurang istirahat dan malamnya selalu bergadang biasakan hidup teratur. Ketika anda sudah mencoba cara atau solusi yang saya berikan tadi dan anda belum puas dengan hasilnya, anda bisa konsultasikan ke dokter estetik atau dokter SPKK. Konsultasi ke mereka apa yang harus anda lakukan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan seperti biasa jika anda mencari produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat silahkan kunjungi http://www.boxsehat.com

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here