Flek hitam di wajah tentunya akan menganggu penampilan serta menurunkan rasa percaya diri seseorang. Setiap orang akan mendambakan untuk memiliki kulit wajah yang bersih, mulus, serta bagus sehingga dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam bersosialiasi.

Flek hitam atau juga bisa disebut ephelis merupakan istilah untuk kumpulan pigmen alami atau melanin yang berisi melanosome. Flek hitam sendiri merupakan bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam sendiri biasanya ada pada area wajah, namun flek hitam juga dapat berada pada area tubuh yang lain. Flek hitam sendiri dapat terjadi pada setiap orang terlebih bagi mereka yang memiliki warna kulit cerah. Meskipun tidak membahayakan, namun adanya flek hitam dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Flek hitam tentunya menjadi salah satu momok bagi mereka yang sangat perduli terhadap penampilan, khususnya wanita. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan faktor penyebab munculnya flek hitam sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan. Selain itu, kalian perlu mengetahui gejala timbulnya flek hitam agar hal tersebut dapat diatasi sejak dini.

Berikut faktor penyebab munculnya flek hitam serta gejala yang ditimbulkan dan perlu kalian waspadai:

Penyebab flek hitam

Penyebab utama adanya flek hitam adalah peningkatan produksi melanosome pada melanin, terutama setelah terpapar sinar ultraviolet atau sinar matahari. Flek hitam dapat muncul akibat kulit menyerap sinar ultraviolet dari matahari yang dapat meningkatkan produksi melanin. Melanin sendiri merupakan pigmen alami yang dapat menentukan warna kulit, rambut, mata, dan bagian tubuh tertentu seseorang. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau adanya penumpukan melanin pada bagian tersebut akan berwarna lebih gelap daripada area lain dan tampak seperti bintik-bintik, hal inilah yang disebut dengan flek hitam.

Faktor geografis juga dapat menyebabkan seseorang memiliki flek hitam khususnya pada wilayah tropis dan orang-orang yang berada di sekitar garis khatulistiwa, dimana pada wilayah tersebut paparan cahaya matahari lebih banyak sehingga membuat peningkatan produksi melanin.

Selain kedua faktor di atas, faktor genetik juga dapat membuat seseorang memiliki flek hitam. Orang dengan kulit berwarna cerah dan rambut pirang akan ccenderung mengalami kondisi ini. Hal ini biasanya dikenal dengan sebutan sun spot.

Gejala flek hitam

Gejala umum yang terjadi apabila seseorang memiliki flek hitam ialah area kulit khususnya wajah akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna coklat terang yang menyebar secara merata. Flek hitam pada umumnya berada pada area tulang hidung hingga ke pipi dan bentuknya datar. Flek hitam sendiri dapat memudar dengan sendirinya ketika intensitas terkena paparan cahaya matahari berkurang.

Meskipun flek hitam tidak membahayakan namun hal ini dapat mengganggu penampilan dan mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang sesuai.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here