Protein Dalam Makanan Ini Memberi Efek Anti Aging (Anti Penuaan)

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas video lanjutan tentang sarang burung. Jika pada video sebelumnya saya sudah pernah membuat video tentang kunjungan saya ke pabrik sarang burung walet dan bagaimana sejarahnya di kerajaan China, kali ini saya akan membahas tentang “Protein Dalam Sarang Burung yang Dapat Memberi Efek Anti Aging (Anti Penuaan)” serta beberapa pertanyaan lainnya seputar sarang burung walet.

Sobat sehat, di video saya sebelumnya, ada yang bertanya :

“Apakah dengan mengkonsumsi sarang burung dapat membuat kita awet muda?”

Jadi begini..Sebenarnya jika anda ingin awet muda, yang pertama adalah perhatikan pola makandan gaya hidup anda. Jadi, jam berapa anda tidur? Apakah anda berolahraga? Bagaimanadengan tingkat stress anda? Apakah setiap harinya anda terpapar radikal bebas? Apakahanda setiap hari terpapar sinar matahari cukup lama? Anda harus perhatikanhal-hal tersebut.

Setelah andamengatasi hal tersebut, jika anda ingin mengkonsumsi sarang burung, silahkansaja. Namun untuk manfaat sarang burung ini sendiri yang saya baca daribeberapa jurnal, salah satunya adalah Journalof Asian Scientific Research. disini dikatakan bahwa sarang burung waletmengandung protein sekitar 59,8-65,8%. Dimana kita tahu protein ini memegangperanan penting untuk biological process.

Kemudian, ada jurnal lainnya yang mengatakan bahwa salah satu protein yang terkandung di dalamnya adalah EGF (Epidermal Growth Factor) yang dapat merangsang pembelahan dan pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi jaringan. Jadi, ini adalah salah satu manfaat sarang burung. Yaitu meremajakan atau rejuvenation.

Namun, halini kembali lagi ke masing-masing individu. Setiap orang punya genetik yangberbeda, usia berbeda, dan jenis kelamin yang berbeda. Hal ini juga tergantungpada kualitas sarang burung yang anda konsumsi. Jika anda makan sarang burungyang sudah difortifikasi dengan tambahan kolagen dan lain-lain, maka efeknyaakan berbeda. Kemudian, rentang waktu anda mengkonsumsi sarang burung tersebutjuga dapat mempengaruhi. Jadi, anda harus konsisten.

Agar awetmuda, anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup anda. Hal inilah yang sangatberperan penting. Jika anda ingin menambahkan suplemen atau konsumsi sarangburung, silahkan.

Kemudian pertanyaanselanjutnya adalah :

Apakah sarangburung walet itu halal?

Sebenarnya,pertanyaan ini bukan kapasitas saya untuk menjawabnya. Namun anda bisa cek divideo saya sebelumhya ketika saya berkunjung ke salah satu pabrik sarang burungdi Bojonegoro. Pabrik tersebut sudah memiliki sertifikat halal.

Lalu kitalanjut ke pertanyaan yang ketiga :

Mengapaharga sarang burung walet sangat mahal?

 Sebenarnya harga murah atau mahal itu relatif,karena setiap individu pasti kondisi finansialnya berbeda. Dengan nominal yang sama,ada yang mengatakan mahal, ada juga yang mengatakan itu murah.

Untuk sarangburung sendiri, ada yang menyebutnya Caviarof the East. Dari literatur yang saya baca, harga sarang burung walet inimemang mahal dikarenakan bahan bakunya yang sulit didapatkan dan sangatterbatas. Namun, kita beruntung karena tinggal di Indonesia. Indonesia adalahprodusen sarang burung walet terbesar, terutama di Kalimantan.

Kemudian pertanyaanselanjutnya adalah :

Apa sajayang perlu diperhatikan jika ingin mengkonsumsi sarang burung walet?

Yang pertamaadalah jika anda membelinya dalam kondisi mentah. Jika anda ingin mengolahnyasendiri, saran saya anda pelajari dulu bagaimana cara mengolahnya. Jadi, jangansampai anda salah cara memasaknya. Misalkan anda overcook, maka kandungan gizi di dalamnya juga akan hilang.

Kemudian apabilaanda beli dalam bentuk kemasan, maka yang perlu anda perhatikan adalah expired date’nya. Itu dulu yang harusanda baca. Kemudian yang kedua adalah apa saja bahan campurannya. Sekarang inisudah banyak pabrik yang memproduksi sarang burung walet dalam bentuk kemasan. Adayang diolah dengan tambahan gula batu, tambahan stevia, dan juga kolagen. Jadi,sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kemudian, perhatikan juga berapa kadarnya.

Anda juga perlumemperhatikan reaksi alergi. Untuk anda para orang tua yang ingin memberikan sarangburung walet untuk anak anda yang masih kecil, saran saya adalah berikan duludalam dosis kecil untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika terjadireaksi alergi seperti gatal-gatal, bibir bengkak, atau nafasnya menjadi cepat, makaanda harus menghentikan konsumsi sarang burung walet dan segera dibawa kedokter.

Sarang burungwalet ini aman dikonsumsi segala usia, dengan catatan tidak memiliki alergiterhadap sarang burung walet. Karena memang ada beberapa orang yang alergiterhadap bahan makanan yang mengandung protein, dan salah satunya adalah sarangburung walet. Alergi yang biasanya kita ketahui mungkin alergi seafood atau telur. Namun, sarang burungwalet juga memiliki kadar protein tinggi, yaitu sekitar 59,8-65,8%.

Kemudian pertanyaanselanjutnya adalah :

Usia berapasaja yang boleh mengkonsumsi sarang burung walet?

Jika dilihatdari komposisinya yang memiliki kadar proteinnya tinggi, yaitu sekitar59,8-65,8%.  Maka sarang burung walet inikadar proteinnya sama dengan makanan lain seperti telur, ikan, dan lain-lain. Jadi,sarang burung walet ini dapat dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anaksampai lanjut usia. Namun, tentu saja bagi bayi usia 0-6 bulan belum bolehdiberikan makanan, karena bayi hanya mengkonsumsi ASI eksklusif.

Jika andaingin memberikan anak anda sarang burung walet dalam bentuk kemasan, anda harustanyakan dulu pada penjualnya ada bahan campuran apa saja di dalamnya. Lalu,bolehkah anak usia 1-2 tahun mengkonsumsinya? Anda wajib menanyakan hal inikarena setiap produsen pasti memilki bahan campuran tersendiri.

Kemudian kitamasuk kepertanyaan terakhir :

Apa sajamanfaat sarang burung?

Sarang burungini memiliki banyak manfaat. Sarang burung sudah dikenal sejak zaman dinastiTang tahun 618 di kerajaan China. Pada zaman tersebut, sarang burung waletdiolah menjadi sup dan juga dikenal bermanfaat untuk pengobatan. Ini semuaditulis oleh Zhanglu dari zaman dinasti Qing.

Kemudiandari literatur yang saya baca, sarang burung walet ini dihargai karena nilaiobatnya yang tinggi. Termasuk manfaatnya sebagai anti aging, anti kanker, danmeningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian juga dapat mengurangi asma, menekanbatuk, meningkatkan libido, masalah stomatchulcer dan lain-lain.

Mengingat nilaigizi dan nilai obatnya yang tinggi, berbagai percobaan ilmiah dilakukan untukmempelajari fungsi dan komponen bioaktif dari sarang burung tersebut. Selama membuattopik ini, saya juga membaca beberapa jurnal dari Malaysia dan lain-lain. Jadi,pertanyaan-pertanyaan tadi saya jawab berdasarkan literatur yang saya baca.

Dan satu hallagi, selain protein EGF yang tadi sudah saya bahas, ada satu zat lain yangterkandung di dalam sarang burung walet yang sering diperbincangkan, yaituSialic Acid. Namun, saya akan membahas ini di video saya selanjutnya.

Sobat sehat,sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url