Makanan Ini Dipercaya Membuat Kita Awet Muda Sejak Jaman Kekaisaran China

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini saya akan membahas tentang : “Makanan Ini Dipercaya Membuat KitaAwet Muda Sejak Jaman Kekaisaran China”.

Sobat sehat,jika anda sudah menonton video saya sebelumnya, saat itu saya sedangmengunjungi pabrik food & beverage diBojonegoro. Pabrik tersebut memproduksi atau mengelola bahan baku yang dulunyadi kerajaan China dipercaya dapat membuat awet muda. Dan sampai sekarang, produkinipun dipercaya memiliki banyak manfaat. Jadi, produk tersebut adalah sarangburung.

Ketika saya membuka kembali videonya, saya lihat di kolom comment banyak yang bertanya :

“Apakahkhasiatnya itu nyata?”

“Apa saja manfaatnya?”

“Bisakahdikonsumsi oleh orang-orang dengan usia tertentu?”

Untuk itu,saya akan membahas semuanya. Tetapi pada kesempatan kali ini, saya akanmembahas sejarahnya terlebih dahulu. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sayabahas di video saya selanjutnya.

Sarangburung ini sudah dikenal di negara China sejak zaman kerajaan dinasti Tang. Padazama tersebut, sarang burung ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi mulusdan awet muda. Sarang burung ini dipakai oleh para raja. Pada zaman itu, yangboleh mengkonsumsi sarang burung ini hanyalah keluarga kerajaan.

“Dok, sarangburung ini terbuat dari apa sih? Mengapa bisa dikonsumsi?”

Mungkin sarangburung yang anda ketahui biasanya terbuat dari ranting atau dahan-dahan yangkering. Nsmun, berbeda dengan sarang burung yang bisa dikonsumsi, yaitu darijenis burung walet. Sarang burung walet ini terbuat dari air liur mereka.

Jadi, adanegara-negara yang memang penghasil sarang burung. Salah satunya adalah Indonesia,terutama daerah Kalimantan. Kemudian ada juga yang dari Malaysia. Berdasarkandatanya, burung walet ini tersebar luas di Samudra Hindia, Asia Selatan danAsia Tenggara. Kemudian juga di Australia Utara dan kepulauan Pasifik. Lalu,sebagian besar ditemukan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia,Thailand, Filiphina, dan Vietnam.

Indonesia sendiri merupakan sumber daya burung walet terbesar di dunia, tepatnya di Kalimantan.

Kalau di Malaysia, yang terbesar adalah di Sarawak dan Sabah yang merupakan sumber daya terbesar kedua. Namun, setiap tahunnya literatur ini akan berbeda. Siapa tahu ke depannya akan ditemukan lagi sumber daya yang lebih besar di daerah lainnya.

Kemudian,sarang burung ini dibangun oleh burung walet jantan. Jadi pada saat akanbertelur, sang jantan akan bekerja membangun sarang. Proses membangun sarangini memakan waktu sekitar 35 hari sampai bisa kering dan bisa digunakan. Jadi,liur yang masih basah ditempelkan ke dinding gua yang berada di tepi laut, danada juga yang di daratan. Ada yang di dataran tinggi dan rendah, tergantunghabitatnya.

Jadi pada saatmusim berkembang biak, kelenjar liur atau kelenjar sublingual dari burung waletjantan ini dari berukuran 2,5 mg akan naik sampai 160 mg sehingga bisamemproduksi air liur yang banyak. Kurang lebih prosesnya seperti itu.

Kemudian, kita masuk ke proses memanen. Sebelumnya pernah ada yang bertanya :

“Kenapa sih sarang burung walet itu harganya mahal?”

Jadi, sayaceritakan dulu proses memanennya dari literatur yang saya dapat. Proses memanennyadilakukan oleh orang-orang lokal disana dengan cara tradisional. Jadi apabilaguanya tinggi, maka mereka harus mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan sarangburung tersebut. Mereka membuat scaffolding,yaitu semacam tangga yang terbuat dari bambu dan ada juga yang dari besi untukmemanjat gua tersebut.

Mereka mengumpulkansarang walet tersebut dalam waktu sekitar 2 minggu. Apabila medan yang dilaluicukup sulit, maka mereka membutuhkan waktu sekitar 1-2 bulan untukmengumpulkannya.

Sobat sehat,setelah bahan bakunya tadi dikumpulkan, maka tahap selanjutnya adalah prosespembersihan. Jadi yang anda lihat pada gambar di samping adalah sarang burungyang terbuat dari air liur burung walet. Pada sarang burung walet terdapat sekitar10% bagian berwarna hitam yang merupakan bulu dari burung walet tersebut. Bagiantersebutlah yang perlu dibersihkan.

Dan untukmembersihkannya, kita perlu merendam sarang burung tersebut kurang lebihsekitar 6-48 jam. Ketika saya masih kecil, ibu saya pernah memanen sarang walet,dan prosesnya memang selama itu. Jadi setelah direndam, kita juga perlumencabuti bulu-bulu yang menempel menggunakan pinset. Apabila anda inginmelihat prosesnya, anda bisa cek videonya disini :

 Jadi, prosesnya kurang lebih seperti itu. Hanyasaja, di pabrik tersebut sudah diproses menggunakan teknologi modern. Kemudian setelahdibersihkan, sarang walet dikeringkan kembali sebelum dijual. Prosesnya kuranglebih seperti itu. Apabila tidak dijual dalam bentuk bahan baku, maka diproseskembali menjadi sup sarang burung menggunakan gula batu. Itu tadi adalah penjelasandari proses pembentukan sarang burung walet dengan air liur walet, kemudiandicuci, dibersihkan, dan akhirnya bisa dijual. Jadi, proses yang begitu rumitinilah yang membuat harga sarang burung walet ini mahal. Selain itu, bahanbakunya juga terbatas.

Jika kita lihat dari data informasi yang saya dapatkan, Hongkong merupakan konsumen sarang burung terbesar di dunia.

Jadi nomor satu adalah Hongkong, dan nomor dua adalah etnis China di Amerika Utara. Apabila kita lihat sejarahnya, dimulai dari dinasti Tang yaitu pada tahun 618-907. Pada zaman tersebut, sarang burung ini sudah diperdagangkan. Namun, yang boleh mengkonsumsi hanya mereka yang merupakan anggota keluarga kerajaan. Tentu saja karena harganya mahal dan bahan bakunya terbatas.

Sekitar 500-600 tahun yang lalu, sarang burung walet ini mulai diimpor, dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mengimpornya. Kemudian, Malaysia juga merupakan salah satu penghasil sarang burung walet.

Karena kitatinggal di Indonesia, saya sarankan sobat sehat moncoba konsumsi sarang burung.Anda bisa membeli bahan bakunya yang masih mentah, anda bersihkan sendirikemudian anda masak. Tetapi ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula.

Untuk anda yang malas atau tidak telaten membersihkannya, anda bisa mencoba sarang burung yang sudah dalam bentuk kemasan seperti ini, dari Realfood. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak informasi tentang sarang burung, saya akan membahasnya di video saya selanjutnya. Jadi, pada video kali ini saya hanya membahas tentang sejarah dan proses bagaimana sarang burung walet dibuat sampai bisa dijual atau dikonsumsi. Dan prosesnya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Itulah sebabnya harga sarang burung walet mahal.

Saya jugamau menginformasikan satu hal lagi. Jadi, perusahaan yang kemarin saya kunjungipabriknya sedang mengadakan grandlaunching ‘Fit With Realfood’ di Jakarta. Jadi untuk anda yang inginbelajar atau mencari informasi lebih lanjut, silahkan datang ke acaranya di AtriumLaguna Central Park mulai tanggal 17-20 Oktober 2019.

Sobat sehat,sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat. Di video selanjutnya saya akan membahas komposisidari sarang burung dan apa saja manfaatnya bagi tubuh kita. Dan juga siapa sajayang boleh serta tidak boleh mengkonsumsi sarang burung walet.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url