Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini saya akan membahas tentang : “Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?”.

Sobat sehat,pada video kali ini saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda seputar mata,terutama mata minus. Ada yang bertanya begini :

“Dok, sayaminus sekian. Saya harus minum obat apa?”

“Dok, apakahsuplemen A/B/C yang dijual di online shopitu bisa menyembuhkan mata minus?”

“Dok,pennglihatan saya mulai kabur. Apa yang harus saya lakukan?”

Pada video kali ini saya akan membahas seputar mata minus.

Tetapi sebelumnya, saya sarankan anda untuk menonton video saya sebelumnya tentang : “Bagaimana Cara Mata Kita Bisa Melihat”. Disitu saya menjelaskan tentang bagaimana proses benda yang kita lihat itu memantulkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh mata kita. Kemudian, oleh otak kita diubah menjadi gambar. Silahkan anda tonton dahulu. Sekarang, saya akan jelaskan tentang mata minus.

Jadi,pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah saya rangkum disini. Tetapi, saya akanmenjelaskan dahulu apa yang dimaksud dengan ‘mata minus’.

Mungkin andasering melihat orang yang masih SD, SMP, atau dewasa seperti saya menggunakankacamata. Lalu, anda berkata ‘Oh, matanya minus. Makanya dia pakai kacamata’. Ya,penggunaan kacamata ini identik dengan orang yang matanya minus. Tetapi bagiorang yang sudah berusia di atas 40 tahun, bisa jadi ia memiliki mata plus. Jadi,tidak semua orang yang memakai kacamata itu matanya minus.

Lalu, apa penyebab mata minus?

Anda harustahu bahwa bola mata kita itu berkembang. Ketika kita berkembang dari kecilmenjadi dewasa, tubuh kita juga ikut berkembang, begitu pula dengan bola matakita. Tetapi pada beberapa orang, saat bola matanaya berkembang, maka bisa memanjangatau menjadi sedikit lonjong. Dan hal inilah yang dapat menyebabkan mata minus.Jadi, cahaya yang masuk itu jatuhnya tidak tepat di retina, melainkan di depanretina.

Lalu, ada juga yang bertanya : “Dok, apakah mata minus ini berbahaya?”

Mata minusini dibagi menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah rabun jauh. Dalam bahasamedisnya, disebut dengan myopia. Myopia ini sendiri dibagi menjadi tiga jenislagi. Ada myopia ringan, sedang dan berat. Myopia ringan itu ukurannya di bawahminus 3. Misalkan minus 2, minu 1, atau minus 1,5 itu masih termasuk ringan. Kemudian,myopia sedang itu minus 3 sampai minus 6. Kalau di atas minus 6, maka sudahtermasuk myopia berat.

Jika andabertanya bahaya atau tidak, sampai saat ini belum ada laporan orang meninggalkarena matanya minus. Tetapi bagi mereka yang sudah termasuk myopia berat, saransaya anda harus segera konsultasi ke dokter mata. Karena ditakutkan bisaterjadi komplikasi, yaitu retina detachment, dimana retina bisa terlepas. Apabilaretina sudah terlepas, maka bisa terjadi buta permanen.

Kemudian yangsering terjadi pada anak-anak adalah amblyopia atau crazy eye, atau bisa juga disebut mata malas. Jika anda tidaksegera menanganinya seperti memberikan kacamata atau memakai contact lens, dihawatirkan akan terjadi amblyopiakarena setiap harinya anak tidak bisa menangkap bayangan dengan jelas. Benda itumemiliki bayangan yang seharusnya bisa ditangkap oleh mata kita. Jika bayanganini tidak bisa ditangkap dengan jelas, maka akhirnya akan terjadi amblyopia.

Kemudian bisajuga disebabkan oleh perbedaan minus yang terlalu jauh. Misalkan mata kananminus tujuh, mata kirinya minus dua. Jadi apabila minus anda sudah lebih daritiga, anda harus segera periksakan ke dokter mata.

“Bagaimanacara mengetahuinya kalau anak saya matanya minus dok?”

Caranya mudah.Coba posisikan anak anda duduk di kursi paling belakang. Apakah dia masih bisamelihat denga jelas tulisan di papan tulis? Suruh teman dia untuk mengeceknya. Jikatemannya bisa melihatnya sedangkan anak anda tidak bisa, maka kemungkinan mataanak anda minus atau myopia, yaitu rabun jauh. Kalau sudah begitu, maka andaharus segera periksakan ke dokter mata. Jangan dibiarkan berlarut-larut.

“Lalu,bagaimana ciri-ciri rabun jauh yang lain?”

Yang palingmudah adalah periksakan diri anda ke dokter mata. Untuk mengeceknya sendiri,coba lihat dari cara membaca. Jika anda kesulitan membaca tulisan dari jarakyang agak jauh, maka dapat dipastikan mata anda minus. Atau apabila andamelihat sesuatu yang sedikit jauh dan tidak terlihat jelas, coba anda cek kedokter mata.

“Lalu,apakah kita yang setiap hari menghadap komputer, melihat layar HP atau membacabuku sambil tiduran bisa menyebabkan mata kita minus?”

Jawabannya adalahBISA. Mungkin tidak berlaku pada setiap orang, karena setiap orang memilikimata yang berbeda. Ketika kita membaca buku atau melihat HP sambil tiduran, otomatistangan kita capek. Pernahkah anda ketika membaca buku, tiba-tiba anda ketidurandan bukunya malah jatuh ke wajah? Atau karena tangan anda capek, tangan andasemakin mendekatkan buku ke waha anda, dan hal ini terjadi terus menerus. Akhirnya,lensa mata anda yang tadinya fleksibel justru akan kehilangan fleksibilitasnya.

Lensa matakita ini memiliki daya akomodasi. Jadi bisa mencembung, mencekung, menebal danmenipis sesuai dengan jarak tadi. Jika anda paksa melihat dengan jarak terlaludekat terus, maka mata kita akan kehilangan fleksibilitasnya. Begitu andamelihat jauh, maka pandangan anda perlahan-lahan akan mulai kabur. Dan hal inidapat memicu mata anda menjadi minus.

Jadi saransaya, ketika anda membaca, pastikan jaraknya jangan terlalu dekat. Kemudian,jangan terlalu lama di depan komputer. Ini adalah pengalaman saya pribadi. Dulusaya suka main game di depan laptop.

Lalu pertanyaanterakhir : “Apakah mata minus bisa disembuhkan?”

Saya lebih suka menggunakan kata ‘koreksi’. Jadi, ada 3 cara. Yang pertama adalah menggunakan kacamata. Anda bisa mengukur berapa minus anda, barulah anda membeli kacamata sesuai kebutuhan mata anda. Saran saya, coba anda cek ke dokter mata dahulu.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan lensa kontak. Saya sudah pernah membahas tentang lensa kontak ini di video saya sebelumnya. Jadi, anda harus telaten membersihkannya dan harus selalu dilepas sebelum anda tidur. Jika anda tidak telaten menggunakan lensa kontak, lebih baik anda menggunakan kacamata.

Kemudian yangterakhir, anda bisa melakukan lasik. Tetapi, anda harus konsultasi ke doktermata dahulu, apakah anda sudah saatnya lasik atau belum. Karena jika andaterburu-buru, maka hasilnya akan sia-sia. Mungkin sekarang kondisi mata andasudah bagus. Tetapi karena bola mata anda berkembang dan memanjang, akhirnyaanda mengalami minus.

Sobat sehat,sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url