Bagaimana Cara Mata Kita Bisa Melihat?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Sobatsehat, setiap hari kita melihat berbagai macam objek dan warna.  Tetapi, tahukah anda bagaimana proses itubisa terjadi?

Sobat sehat,pada video-video sebelumnya saya mendapatkan banyak pertanyaan seputar kesehatanmata. Ada yang bertanya : “Dok, mata saya minus, bagaimana caramenyembuhkannya?”. Kemudian, “Dok, apakah mata minus bisa disembuhkan?”. Lalu,“Dok, apakah dengan menggunakan suplemen A, B, C, mata minus saya bisadisembuhkan? Saya ingin melepas kacamata.” Ya, saya sendiri juga memakaikacamata.

Sebelum sayamenjelaskan itu semua, mungkin saya akan membahas itu semua di video sayaselanjutnya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas dulu bagaimana caramata kita bisa melihat dengan normal.

Jadi,objek-objek di sekitar kita seperti benda, taman, hijaunya rumput, kemudianwarna merah pada bunga mawar, kita juga bisa melihat ombak di tepi pantai, ataubahkan anda melihat cewek seksi di pantai cuma pakai bikini sampai air liuranda keluar. Tetapi, saya tidak akan membahas prosesnya sampai mengapa andabisa keluar air liur.

Jadi,bagaimana prosesnya sampai otak kita bisa menerima : “Oh, ada objek di depansaya”?

Sebelum sayamembahas itu, saya ingin membahas dulu tentang anatomi mata. Sebenarnya dulukita pasti sudah pernah mempelajarinya di pelajaran IPA, cabangnya adalahbiologi. Dulu ada biologi, fisika, dan kimia. Kalau sekarang saya tidak tahukarena saya tidak mengikuti kurikulum sekolah.

Di daerah atasmata kita terdapat yang namanya alis. Siapa disini yang tidak punya alis karenadicukur habis? Sebenarnya alis ini memiliki fungsi. Yang pertama adalah untuk menahankeringat dari kepala agar tidak langsung mengenai mata kita. Siapa disini yangsuka berolahraga dan sering berkeringat? Kemudian yang kedua adalah untukmenahan air yang jatuh dari atas, misalkan ketika gerimis atau hujan. Jadi, ituadalah fungsi alis.

Kemudian adabulu mata. Bulu mata juga memiliki fungsi. Yang pertama adalah untuk mengurangidebu yang masuk ke mata. Kemudian yang kedua adalah untuk mengurangi cahaya yangberlebihan. Sebagian dari debu dan cahaya tersebut akan dihalangi oleh bulumata. Jadi, ada beberapa orang yang bulu matanya pendek, bulu matanya panjang,dan bahkan lebih lentik. Tetapi, sekarang sudah banyak yang menjual bulu mataanti badai.

Kemudian,ada kelopak mata. Kelopak mata ini bisa menutup dan membuka. Tujuannya adalahuntuk melindungi mata kita. Jika anda membuka mata terus, maka mata anda bisakering. Jadi, jangan lupa untuk berkedip. Apalagi ketika anda sedang menontonfilm seru atau sedang main game.

Sekarang,kita masuk ke bagian dalam organ mata. Bola mata kita berbentuk bulat sepertibola pingpong. Tetapi pada beberapa orang, semakin dewasa, maka bola matanyaakan semakin berbentuk lonjong. Hal ini akan saya bahas di video sayaberikutnya, tentang mengapa mata seseorang bisa minus. Sekarang kita bahas duluproses normal mata sehingga bisa melihat.

Jadi, pada mata bagian depan terdapat yang namanya kornea.

Kornea ini berbentuk seperti kubah. Fungsi kornea adalah sebagai jendela untuk masuknya sinar ke mata. Kemudian, di belakang kornea ada yang disebut dengan anterior chamber yang seperti kantung berisi cairan aqueous humor. Cairan ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan di mata. Jika tekanan pada mata berlebihan, itu disebut dengan glaucoma. Tetapi saya tidak akan membahasnya di video kali ini.

Kemudian adalagi yang namaya sklera. Jadi, bagian putih pada bola mata itu disebut dengansklera. Pada penyakti tertentu misalkan pada orang yang sakit kuning, punyapenyakit hati ataupun batu empedu, sklera ini akan berubah warnanya menjadikuning karena peningkatan bilirubin. Di sklera ini terdapat otot-otot. Jadi,mata kita bisa bergerak ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah tanpa harusmenoleh karena ada otot yang menggerakannya.

Kemudian,bagian mata yang lainnya adalah iris dan pupil. Jika anda bertanya : “Mengapa orangdi belahan bumi bagian barat alias Eropa itu warna matanya biru keabu-abuan?”

Sebenarnya, itu adalah warna dari iris. Kemudian, di tengah iris ada yang disebut dengan pupil. Pupil ini berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk. Jadi ketika di siang hari terdapat banyak cahaya, pupil ini akan mengecil. Tujuannya adalah untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata. Tetapi begitu malam hari ketika kondisi ruangan agak gelap, akhirnya pupil mulai membesar agar ada banyak cahaya yang masuk. Jadi, prinsipnya mirip dengan kamera.

Misalkan di depan kita ada benda, lalu ada cahaya yang dipantulkan oleh benda ini. Kemdian, cahaya ini akan masuk ke mata melalui kornea yang paling depan itu tadi. Kemdian, cahaya ini akan diteruskan ke pupil. Hal ini tergantung dari jumlah cahaya yang diterima.

Jika jumlah cahaya cukup banyak, maka otomatis pupil akan mengecil untuk menyaring cahaya yang masuk.

Setelah itu,cahaya masuk melalui lensa. Lensa inilah yang bertugas untuk mengatur agarcahaya ini jatuh ke retina. Lensa ini memiliki kemampuan, yaitu daya akomodasi.Bisa mencembung dan mencekung. Setelah cahaya jatuh tepat di retina, makarentina akan mengubah cahaya tersebut menjadi gelombang elektrik atau disebutimpulse listrik. Inilah yang akan ditransfer ke otak melalui syaraf optik. Jadi,kurang lebih penjelasannya seperti itu. Jadi, kita bisa melihat benda karenaproses itu tadi.

Untuk pertanyaananda seputar mata minus dan sebagainya, saya akan membahasnya di video sayaselanjutnya. Yang penting, anda mengerti dengan proses melihat dengan normalini dulu.

Sobat sehat,sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url