Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padakesempatan kali saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?”.

Sobat sehat,apabila ada yang bertanya “Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?”, makajawabannya adalah TERGANTUNG. Bukan boleh atau tidak boleh. Tetapi dilihat dulukondisinya seperti apa. Karena apabila kita naik motor, entah itu kitamengendarai motor sendiri atau dibonceng, kita harus melihat dari segikehamilannya dulu.

Kehamilan itu dibagi menjadi tiga tahap. Yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimeser ketiga.

Pada saat trimester pertama, gejala yang dirasakan oleh mayoritas wanita hamil adalah merasa sering mual, muntah dan pusing. Kalau kondisinya seperti ini, sebaiknya anda tidak menyetir motor sendiri. Jadi, sebaiknya anda dibonceng orang lain. Dan apabila tidak ada keperluan, lebih baik anda diam di rumah, tidak usah naik motor. Yang dikhawatirkan, ketika anda mual, muntah dan pusing ketika berkendara, hal ini dapat berbahaya untuk anda dan janin anda.

Ketika sudahmasuk ke trimester kedua, biasanya sudah lebih aman. Jadi gejala-gejala tadi sudahmulai berkurang dan stabil. Jadi, anda bisa menyetir sendiri tanpa masalahkarena kehamilan itu bukan penyakit. Tetapi pada beberapa orang memang dapatmengalami gejala mual, muntah dan pusing. Tetapi jika anda merasa baik-baiksaja, sebenarnya tidak apa-apa jika anda mengendarai sepeda motor sendiri.

Mungkin banyakyang beranggapan lebih aman naik mobil agar janinnya tidak kenapa-kenapa. Jika andaingin lebih aman, memang lebih baik seperti itu. Sehingga anda dapatterlindungi dari panasnya matahari, hujan maupun goncangan. Apalagi kalaujalannya jelek, maka sebaiknya anda mengurangi perjalanan jauh.

Kemudian kitamasuk ke trimester ketiga. Di trimester ketiga, perut ibu hamil sudah mulaimembesar. Jadi, masalahnya adalah di kestabilan. Apabila anda ingin membawamotor sendiri, sebaiknya jangan lakukan. Lebih baik anda dibonceng orang lainsaja agar lebih aman. Tetapi apabila di jalan tersebut ada banyak lubangnya, tidakrata, atau anda harus menempuh perjalanan jauh, sebaiknya anda naik mobil.

Kondisi setiap orang memang berbeda-beda.

Kalau adanya hanya motor, mau bagaimana lagi? Tetapi apabila anda naik motor, sebaiknya anda berhati-hati. Jadi, anda harus menggunakan helm. Dan apabila anda ingin ke Rumah Sakit, biasanya karena di kota jalanannya lebih macet, mereka lebih cepat penanganannya. Ketika akan persalinan dan baru pembukaan awal, mereka sudah pergi ke Rumah Sakit atau ke bidan.

Tetapi kalauorang-orang yang tinggal di desa, mereka berpikir ‘santai saja’, karena pergike dokter atau bidan hanya memakan waktu 10-15 menit. Jadi mereka menunggubukaan 9-10, barulah mereka berangkat ke Rumah Sakit atau bidan. Saran saya,jangan menunggu sampai seperti itu. Jadi, sebaiknya ketika sudah pembukaanawal, harus segera dibawa ke Rumah Sakit atau bidan sehingga anda tidakterburu-buru ketika mengendarai motor. Kalau bisa, wanita yang akan persalinandibawa menggunakan mobil.

Tetapi apabilaanda ingin bepergian untuk hal yang tidak penting sekali, misalkan inginbertemu teman, sebaiknya anda tidak usah bepergian. Jika hal penting sepertiingin membeli obat, silahkan saja. Kalau bisa, lebih baik anda menyuruh oranglain saja. Misalnya saudara atau suami anda yang bisa anda suruh membelikan apayang anda butuhkan.

Jadi kesimpulannya, semua itu tergantung anda sedang berada di trimester ke berapa. Dan juga tergantung kondisi tubuh anda. Kemudian ada satu hal lagi, tinggi wanita itu kan berbeda-beda. Jadi, wanita hamil yang postur tubuhnya lebih pendek itu lebih rentan ketika naik sepeda motor. Dari segi keseimbangan, mungkin ketika tidak hamil saja sudah agak kesusahan untuk naik motor karena kakinya pendek. Apalagi kalau sedang hamil?

Jadi, kenalitubuh anda sendiri.

Sobat sehat,mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasiyang saya berikan ini dapat bermanfaat. Informasi ini memang singkat, tetapiinformasi ini penting bagi wanita yang sedang hamil.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url