Kenapa Berhenti Merokok Dapat Menyebabkan Kita Gampang Gemuk?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini saya akan membahas video lanjutan tentang “KenapaBerhenti Merokok Dapat Menyebabkan Kita Gampang Gemuk”.

Sobat sehat, siapa yang saat ini sedang menonton videoini sambil merokok? Jika kita bicara soal rokok, pasti sebagian besarpenggunanya adalah kaum pria. Namun tidak jarang di kota-kota besar kamu wanitajuga ikut-ikutan merokok. Biasanya faktor penyebab orang merokok ini adalahkarena faktor lingkungan, pergaulan dan lain-lain.

Ada yang bilang bahwa kalau tidak merokok itu tidakkeren dan tidak ‘cowok banget’. Terus kalau wanita yang merokok, masa’ jadicowok?

Jadi, ada banyak yang bertanya begini :

“Dok, mengapa saya susah sekali berhenti merokok?”

“Mengap ketika saya berhenti merokok, berat badan sayanaik secara drastis?”

Jadi, mengapa para perokok ini susah sekali untukberhenti merokok? Sebelumnya saya juga pernah membahas video tentang : “MengapaPerokok Tetap Sehat?”. Bukan berarti saya menganjurkan anda untuk merokok, silahkananda menonton video saya tersebut.

Lalu, apa dampaknya jika anda berhenti merokok?

Pada video tersebut, saya tidak menyarankan anda untuklangsung berhenti total. Jadi, anda harus berhenti secara bertahap. Alasannya begini..Di dalam rokok terdapat zat bernama nikotin. Zat ini sama halnya seperti kafeindi dalam kopi, dulu saya pernah membahasnya. Zat itulah yang membuat mood kitamembaik, merasa lebih fokus, mudah berkonsentrasi, lebih energik dansebagainya.

Bahkan, banyak perokok yang mengatakan bahwa merekalebih memilih tidak makan daripada tidak merokok. Jadi, mereka itu mengawalihari mereka dengan secangkir kopi dan sebungkus rokok.

Ketika anda baru pertama kali belajar merokok, mungkinsetengah sampai satu batang rokok saja sudah cukup untuk anda. Namun lamakelamaan, anda akan merasa bahwa sebatang rokok per hari itu tidak cukup. Lalu andamulai tambah menjadi dua batang dan seterusnya karena reseptor anda yangmenangkap nikotin tersebut produksinya akan meningkat.

Dan hal ini sama juga dengan kafein. Akhirnya ketikaanda berhenti secara mendadak, reseptor-reseptor tersebut akan terus mencari nikotin.Akhirnya akan terjadi perubahan mood, kemudian ada jug yang bilang depresi,susah tidur, bahkan susah untuk fokus. Biasanya hal ini akan terjadi selama 2minggu sampai satu bulan kemudian jika anda berhenti seara  total. Dan itu rasanya tidak enak.

Oleh sebab itu saya membantu beberapa pasien sayadengan akupuntur agar dapat merasa lebih tenang. Saya menganjurkan anda untuktidak lansung berhenti secara total, karena reseptor anda masih banyak. Jadi caranyaadalah harus tetap diisi, namun pelan-pelan anda kurangi dosisnya.

Mengapa ketika berhenti merokok, berat badan saya naiksecara drastis?

Biasanya rokok merupakan jalan pintas yang digunakanpara wanita di kota besar yang ingin menjaga berat badannya. Tujuannya adalahagar badannya tidak melar. Efek itu memang ada. Tetapi untuk jangka panjangnya,itu tidak baik untuk tubuh anda. Ketika anda sudah memangkas makanan anda, tidakmemperhatikan nutrisi, lalu ditambah lagi dengan radikal bebas dari merokok,maka yang ada justru anda menjadi cepat keriput dan terlihat lebih tua.

Coba perhatikan gigi para perokok berat. Biasanya,gigi mereka akan rusak. Jadi saran saya bagi anda yang perokok berat, andaharus sering kontrol gigi anda ke dokter gigi.

Lalu, mengapa ketika berhenti merokok, berat badansaya naik secara drastis?

Jadi, nikotin itu digunakan untuk meningkatkankewaspadaan, fokus, dan konsentrasi dimana pada saat itu adrenalin kita naik. Padasaat adrenalin kita naik, hormon insulin kita akan turun, dan kadar gula kitamenjadi naik. Akhirnya, tubuh kita merasa tetap kenyang. Namun sebenarnya kitahanay mendapatkan energi dari nikotin pada rokok itu tadi. Dan biasanya ditambahdengan kafein dari secangkir kopi.

Jadi, sumberenergi mereka hanya dari rokok dan darisecangkir kopi yang ditambahkan gula, atau mungkin rokok dan minuman berenergi.Karena sering seperti itu terus, akhirnya jadi lupa makan. Biasanya yangdisalahkan adalah kopinya atau minuman berenergi itu tadi. Namun penyebab sebenarnyaadalah karena perubahan pola makan itu tadi. Jadi, sumber energinya hanyaberasal dari gula, kafein dan nikotin. Dan ketika anda berhenti mengkonsumsirokok atau nikotin, maka gula darah anda akan kembali normal.

Bagaimana sih rasanya orang yang baru berhentimerokok? Ada yang bilang mulutnya terasa pahit, sehingga mereka mencari makananyang manis-manis. Oleh sebab itu, nafsu makan mereka menjadi meningkat. Disinilahterjadinya peningkatan berat badan.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak terjadi peningkatanberat badan ketika saya berhenti merokok?

Sekali lagi saya katakan, jangan langsung berhentitotal. Kurangilah secara perlahan. Kemudian, kontrol juga nafsu makan anda. Ketikaanda baru lepas dari rokok, rasanya pasti tidak enak, mulut terasa pahit danlain-lain. Namun jika anda menguranginya secara perlahan, maka tidak akanterlalu berdampak.

Ada juga yang bertanya : “Bagaimana dengan vape ataurokok elektrik, dok? Katanya lebih aman dan tidak berbahaya?”

Untuk masalah ini, akan saya bahas di video sayaselanjutnya. Jadi saran saya untuk para perokok yang ingin berhenti merokokadalah kurangilah secara perlahan. Dan untuk anda yang ingin menjaga beratbadan, jangan dengan cara merokok. Sebaiknya anda berolahraga, makan makananyang bergizi, dan kurangi jumlah asupan kalori anda.

Sobat sehat,sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url