Apakah Terapi Belatung Baik untuk Kesehatan?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahassebuah topik yang sangat menarik, tetapi agak ‘menjijikan’. Yaitu tentang : “Terapi Belatung”.

Sobat sehat,ketika anda mendengar kata belatung atau ketika saya menyebutkan kata‘belatung’, apa yang terbayang di dalam pikiran anda? Mungkin andamembayangkan, ‘Ih, jijik banget.. Menjijikan, saya jadi mual, mau muntah!’

Saran sayasebelum anda menonton video ini, sebaiknya anda tidak sambil makan. Bagi andayang sekarang lagi makan, selesaikan dulu makanan anda. Saya takut ketika andamenonton video ini, anda jadi kehilangan selera makan. Oke, mari kita bahas.

Di dunia kedokteranatau dunia kesehatan, ada yang namanya terapi belatung. Jadi, ilmu terapi inidikembangkan. Di negara-negara yang sudah maju, mereka sudah menggunakan terapibelatung ini untuk penyembuhan luka. Bisa anda bayangkan, ketika belatungtersebut menari-nari di atas daging anda yang terluka? Kita akan membahas halini lebih dalam.

Pernahkahanda merawat teman anda atau keluarga anda yang terluka dan luka itu sulitsekali untuk sembuh? Bahkan banyak sekali jaringannya yang mati. Biasanyaluka-luka tersebut disebabkan oleh komplikasi diabetes. Jadi gula darah yangtinggi, kemudian mereka yang mengalami koma dalam jangka waktu lama atau tiduranterus dalam jangka waktu lama, akhirnya punggung mereka atau bokong mereka mengalamiluka yang disebut dengan ulkus dekubitus.

Biasanya,luka-luka seperti ini sangat sulit untuk sembuh karena banyak jaringannya yangmati. Akhirnya, belatung dikembangkan di laboratorium dan belatung itudigunakan untuk penyembuhan luka.

Sobat sehat,anda bisa lihat cuplikannya pada video berikut ini. Yaitu maggot medicine dari NationalGeographic. Oke sobat sehat, jadi kita sama-sama nonton videonya disini. Divideo ini, di Wesley Medical Center adapasien wanita obesitas dengan luka di perutnya yang ingin menjalani terapibelatung atau maggot therapy. Dan iniadalah pengalaman pertamanya.

Wanita inimemiliki riwayat penyakit diabetes. Jadi, 4 bulan sebelumnya sudah terjadiabses di perutnya. Dan dijelaskan juga bahwa prosedur konvensional membuatdirinya merasa sangat sakit dan ia tidak tahan. Tetapi apabila tidak segeradiperbaiki, tidak segera diobati, maka infeksi tersebut bisa menyebar danmenyebabkan kematian. Dan solusinya adalah dengan terapi belatung atau larva.

Jadisebanyak 100 larva atau belatung yang dikembangbiakkan di laboratorium ini akandimasukkan ke dalam luka tersebut. Akhirnya ditanamkan ke luka tersebut danternyata hasilnya bagus, seperti yang anda lihat di video tersebut.

Itu tadiadalah sedikit cuplikan videonya. Semoga anda tidak mual melihatnya. Sekarang,bagaimana cara kerjanya? Mengapa terapi belatung ini sangat ampuh atau sangatmanjur untuk menyembuhkan luka akibat komplikasi dan diabetes, atau luka yangbanyak sekali jaringannya yang mati.

Jadi carakerjanya adalah secara alamiah belatung ini hanya akan memakan jaringan yangsudah mati. Sedangkan jaringan yang masih hidup tidak dimakan oleh belatungtersebut. Pada saat kita atau tenaga medis ingin membersihkan jaringan mati,otomatis jaringan yang hidup pun biasanya akan ikut tersayat. Dan hal ini akanmengakibatkan sakit yang luar biasa.

Jadi sepertiyang diceritakan di video tadi, untuk tindakan prosedur konvensional, pasientersebut tidak tahan karena sangat sakit. Sedangkan dengan terapi belatung, belatungini hanya akan memakan jaringan yang sudah mati saja. Akhirnya, jaringan yangmasih bagus itu bisa tumbuh kembali. Dan infeksinya pun tidak akan menyebar.Mengapa bisa begitu?

Karenajaringan mati ini merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri yang akhirnyadapat menyebabkan infeksi. Bahkan dengan antibiotik sekalipun tidak bisamenyembuhkan infeksi tersebut.

Terapibelatung ini sudah banyak sekali digunakan di negara-negara maju, dinegara-negara barat. Dan kira-kira, jika anda harus terapi belatung, bagaimanajawaban anda? Siapa yang mau? Silahkan commentdi bawah. Mungkin bagi anda yang mengatakan, “Wah, jijik banget! Saya mual!”dan sebagainya.

Tetapiterapi belatung ini sudah teruji di berbagai Rumah Sakit di negara-negara yangsudah maju. Dan saran saya untuk anda semua, sebaiknya tetap menjaga kesehatan.Jangan mentang-mentang sudah ada terapi belatung, lalu anda tenang-tenang saja.Memangnya anda mau terapi belatung seperti ini?

Oke, itusaja video dari saya. Semoga anda semua tetap sehat. Dan seperti biasa, bagianda semua yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkananda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat. Dan bagi anda yang suka dengan video ini, silahkan andaklik like di bawah ini. Andaboleh  bantu share ke teman-teman anda. Siapa tahu mereka membutuhkan video ini.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url