Apakah Fogging Benar-Benar Efektif Untuk Membunuh Nyamuk?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas: “Apakah Fogging Benar-Benar Efektif Untuk Membunuh Nyamuk?”.

Indonesiapada saat ini sedang mengalami musim hujan. Dimana kita tahu banyak sekali beritatentang nyamuk demam berdarah. Banyak sekali pertanyaan yang masuk di kolom comment tentang apakah fogging benar-benar efektif untukmembunuh nyamuk demam berdarah atau nyamuk yang kita kenal dengan sebutannyamuk Aedes Aegypti.

Untuk penjelasandemam berdarah sendiri, saya sudah pernah bahas di video saya sebelumnya. Andabisa cek disini. Jadi, pertanyaan-pertanyaan yang sudah saya kumpulkan melalui GoogleAutocomplete yang pertama adalah ‘Apakahfogging dapat berbahaya untuk kucing?’.Kucing disini mewakili hewan peliharaan, tentunya. Siapa disini yang memeliharakucing, anjing, tikus? Ups, sorry..Mungkin gak memelihara tikus, tapi hamster ya..

Fogging sendiri jika dalam dosis yang normal,yang biasanya dilakukan, maka hal itu tidak akan membahayakan binatangpeliharaan anda. Tetapi sebaiknya pada saat fogging,anda juga mengamankan binatang peliharaan anda. Jadi, jangan biarkan binatangpeliharaan anda di kandang, lalu disemprot begitu saja. Namun jika binatangpeliharaan anda menghirup asapnya terlalu banyak, maka hal itu juga dapatmembahayakan binatang peliharaan anda.

Kemudian,kita masuk ke pertanyaan selanjutnya. ‘ApakahFogging Benar-Benar Efektif UntukMembunuh Nyamuk?’. Fogging sendiridapat membunuh nyamuk Aedes Aegyptiatau jenis nyamuk lainnya. Tetapi, khusus jenis nyamuk yang sudah dewasa.Nyamuk yang sudah bisa terbang.

Lalu,bagaimana dengan jentik nyamuk atau nyamuk yang belum menjadi nyamuk dewasaatau nyamuk tersebut masih dalam bentuk larva? Untuk memberantas larvatersebut, tidak ada cara lain selain dengan menguras. Jadi, bisa dibilangdengan cara 3M. Jadi menguras bak mandi, menguras tempat penampungan air, kemudianmengubur benda-benda yang dapat menampung air. Serta menutup tempat penampunganair. Jadi misalkan anda menadah air di rumah dengan ember, selesai ditadah,ketika akan anda tinggalkan, segera ditutup.

Dan satu hallagi untuk anda semua yang hobi memelihara ikan. Sebaiknya, jangan biarkankolam anda kosong. Ketika kolam anda kosong, tidak ada ikannya, maka kolam ituakan menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. Jadi, nyamuknya akan happy, bertelur disana dan akanmenghasilkan larva yang banyak. Akhirnya, larva inilah yang akan berkembangmenjadi nyamuk dewasa. Sebaiknya anda memelihara ikan untuk memakan jentiknyamuk tersebut.

Lalupertanyaan selanjutnya, ‘Apakah fogging berbahaya bagi manusia?’. Dengandosis yang normal, dengan takaran yang pas, foggingtersebut hanya efektif untuk membunuh nyamuk. Bahkan, hewan peliharaan sajatidak apa-apa. Apalagi manusia?

Tetapi padabeberapa orang yang sensitif atau dosis yang diberikan terlalu banyak, atauterlalu banyak menghirup asap fogging tersebut,ingat, fogging juga dilakukan denganpembakaran. Jadi apabila terlalu banyak menghirup asap fogging tersebut, maka juga dapat membahayakan tubuh kita.

Mungkin bagimereka yang sensitif, mereka akan mengalami sakit kepala, kemudian mata mulaiberair, hidung gatal, dan juga gangguan pada pencernaan. Mungkin bisa terjadimual dan muntah. Jika terjadi hal-hal demikian, sebaiknya anda harus ke RumahSakit untuk diperiksakan.

Lalu, kitamasuk ke pertanyaan selanjutnya.Pertanyaan nomor empat. ‘Apakah fogging itu bayar?’.Jika anda bertanya bayar atau tidak, itu tergantung dari lingkungan RT dan RWanda masing-masing. Terkecuali anda dapat sponsor, mungkin bisa dapat gratis.

Kita lanjutkepertanyaan terakhir. Pertanyaan nomor lima. ‘Apakah fogging berbahaya bagiibu hamil?’. Sampai sekarang, belum ada penelitian yang menyatakan fogging ini berbahaya atau tidak. Tetapisekali lagi, untuk anda yang tidak hamil saja disarankan jangan menghirupasapnya terlalu banyak. Apalagi bagi anda yang sekarang dalam kondisi hamil?

Sebaiknyapada saat penyemprotan atau pengasapan foggingtadi, anda yang sedang hamil segera meninggalkan tempat tersebut. Jadi, biarkanmereka yang tidak hamil untuk menjaganya disana.

Oke, semogapertanyaan dan jawaban seputar fogging inidapat anda pahami. Dan tadi saya sudah menjelaskan dengan bahasa yangsederhana. Semoga anda semua dapat mengerti. Dan seperti biasa bagi anda semuayang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan andakunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Sepertibiasa bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan andaklik like di bawah ini. Silahkan commentdan share kepada teman-temananda.

Sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url