Apakah yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas: “Apakah yang Tidak Boleh DilakukanSaat Puasa?”.

Sobat sehat,siapa saat ini yang sedang menonton video ini dan sedang berpuasa? Atau andasedang bersiap-siap karena sebentar lagi akan berpuasa. Jadi secara umum, puasaitu adalah tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jangka waktu tertentu. Jadi,ada rentang waktunya. Dan puasa ini sudah dilakukan dari ribuan tahun yang laludari berbagai negara dan berbagai teritorial.

Untukberpuasa sendiri, setiap orang menjalankan puasa dengan berbagai macam alasan. Adayang alasannya untuk diet, ada yang alasannya untuk membentuk tubuh supayalebih ramping dan lebih seksi. Ada yang dengan alasan agama, dan ada yangdengan alasan spiritual. Kalau anda, anda berpuasa untuk apa? Silahkan anda comment di bawah ini.

Puasa sendiri sebenarnya mempunyai banyak manfaat.

Jadi mungkin bagi anda yang punya masalah pencernaan, kemudian ingin mencegah kanker. Jadi, puasa adalah salah satu teknik yang dapat anda gunakan. Untuk berpuasa sendiri, banyak orang yang bertanya : “Dok, apa yang tidak boleh saya lakukan saat saya berpuasa?”. Atau “Dok, saya harus buka dengan apa?”.

Jadi, apasaja yang tidak boleh kita lakukan saat berpuasa? Jika anda mencari diinternet, jawabannya adalah tidak boleh bohong, tidak boleh makan, tidak bolehminum, tidak boleh memfitnah orang, tidak boleh menonton pornografi. Wait.. Itu semua untuk alasan spiritualatau untuk alasan agama. Tapi yang kita bahas kali ini adalah alasan kesehatan.

Yang pertama adalah jangan melakukan olahraga ekstrim.

Jadi untuk sobat sehat yang suka dengan olahraga ekstrim, misalnya triathlon atau marathon, atau siapa disini yang ketika olahraga suka menggunakan pakaian double, pakaiannya rangkap, kemudian yang terakhir pakai jas hujan dari plastik supaya cairan dari tubuh keluar lebih banyak. Pada saat berpuasa, jangan lakukan hal demikian. Mengapa?

Jadi padasaat berpuasa, anda tidak makan dan tidak minum. Terkecuali anda masih minum,maka silahkan lakukan itu. Namun, saran saya jangan olahraga terlalu ekstrim. Padasaat anda tidak minum, jadi pada saat keluar keringat terlalu banyak karenaolahraga ekstrim tadi, akhirnya anda tidak bisa mengganti cairan tubuh andayang hilang karena anda sedang berpuasa. Lebih baik, anda mengurangi tingkatolahraga anda. Mungkin bagi yang suka lari puluhan kilometer, bisa anda ubahmenjadi lebih sedikit. Atau mungkin bisa dikurangi.

Kemudian hal kedua yang tidak boleh anda lakukan adalah jangan bekerja di bawah terik matahari.

Jadi bagi anda yang bekerja di outdoor, yang seharian harus dijemur di terik matahari, sebaiknya anda pikirkan dulu. Apakah anda harus mencari pekerjaan yang lain di dalam kantor, atau yang tidak terlalu lama terkena sinar matahari. Atau sebaiknya anda tidak berpuasa dulu sampai anda menemukan pekerjaan yang tadi saya katakan.

Mengapademikian? Alasannya sama. Takutnya, anda dehidrasi. Walaupun anda kerjanyatidak terlalu ekstra, tetapi ketika dijemur matahari, ketika terkena terikmatahari, cairan akan menguap melalui kulit anda. Melalui nafas dan melaluikulit. Sehingga anda akan merasa lebih haus, kemudian anda harus minum. Jadiuntuk masalah yang nomor dua ini, sebaiknya anda ganti pekerjaan dulu jikaingin puasa. Untuk anda semua yang kerja di lapangan terbuka atau terikmatahari.

Kemudian yang tidak boleh anda lakukan lagi yang ketiga adalah mengkonsumsi kafein.

Jadi, hindarilah makanan-makanan yang mengandung tinggi kafein atau minuman yang tinggi kafein. Mengapa? Karena kafein mempunyai efek diuretik. Siapa yang disini suka mengkonsumsi kopi? Misalkan anda habis nongkrong dengan teman anda di cafe, tidak lama kemudian anda harus ke kamar mandi. Bahkan ada yang bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Itulah efek diuretik. Efek diuretik itu adalah tubuh anda akan membuang cairan lewat urine.

Ketika andapuasa, misalkan pagi anda minum kopi, lalu anda puasa. Akhirnya, anda bolakbalik buang air kecil dan tubuh anda akan kekurangan cairan. Maka, anda harusmengisinya kembali. Jadi, saran saya kurangi atau berhentilah mengkonsumsikafein ketika anda puasa.

Lalu adayang bertanya lagi. “Dok, ada statement yangmenyatakan ‘berbukalah dengan yang manis’. Apakah itu boleh?”. Yang keempat adalahtidak semua makanan manis boleh dikonsumsi. Sebaiknya anda memilih makanan yangindeks glikemiknya rendah, bukan yang tinggi. Yang tinggi itu seperti sirupatau permen. Itu tinggi sekali, sehingga tubuh anda mudah sekali menyerapnya.

Jadi ketika anda ingin buka puasa, saran saya adalah minum dulu air hangat satu atau dua gelas. Kemudian anda boleh makan makanan yang manis, tetapi mengandung serat supaya tubuh anda tidak menyerap terlalu cepat.

Apa yang terjadi ketika anda puasa seharian?

Jadi ketikaanda puasa seharian, otomatis pankreas anda tidak menghasilkan insulin. Namuntiba-tiba anda isi cairan yang manis, yang kadar gulanya tinggi. Akhirnya,pankreas anda akan kaget dan akhirnya menghasilkan insulin dalam jumlah besar. Yangdiharapkan dengan anda mengkonsumsi makanan yang GI atau indeks glikemiknyarendah adalah agar penyerapan gulanya terjadi secara perlahan-lahan. Akhirnya,pankreas anda akan melepaskan insulin secara bertahap dan tidak kaget.

Kemudianyang kelima. Ini yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang di Indonesia.Yaitu suka makan gorengan. Jadi walaupun baru buka puasa, mereka langsungmembeli tahu goreng, tempe goreng, atau pisang goreng. Sebaiknya, andamengkonsumsi air dulu, barulah anda makan makanan yang tadi. Sepertisayur-sayuran atau buah-buahan. Kalaupun ingin makan gorengan, silahkan. Tetapi,jangan terlalu banyak. Biasanya mereka mengkonsumsi gorengan dan sambalnya ataucabe. Ada yang dicocol dan ada yang digigit. Mengapa tidak boleh?

Yang pertama, hal ini bisa menyebabkan anda radang tenggorokan.

Yang kedua untuk anda yang sakit maag, hal ini bisa memperparah sakit maag anda atau sakit lambung. Saran saya, kurangi pedasnya dan kurangi jumlah gorengannya. Namun bukannya mutlak tidak boleh. Tetapi harus anda kurangi.

Lalu halterakhir yang tidak boleh anda lakukan. Setelah makan kenyang langsung tidur. Mungkinanda berpikir, “Saya sudah berpuasa seharian. Sekarang sudah waktunya buka,saya mau balas dendam. Makan, setelah itu langsung tidur!”. Istirahat supayabesok bisa puasa lagi.

Jadi bagianda yang habis makan dan masih kenyang, sebaiknya jangan tidur dulu. Sayasudah pernah membahas hal ini juga di video-video saya sebelumnya. Mengapa? Ketikaanda dalam posisi duduk atau berdiri, maka makanan mengikuti hukum  gravitasi. Makanan akan turun ke bawah. Namunketika anda berbaring, makanan itu akan kembali ke atas. Dan hal ini dapat menyebabkanbagian dada anda panas atau kita sebut dengan GERD. Terutama pada mereka-merekayang katup LES’nya lemah.

LES itu apa?Lower esophageal sphincter. Jadi, terdapat katup di antaratenggorokan anda dan lambung anda. Jadi ketika anda makan, katup itu akan terbuka. Kemudian makanan akan masuk. Jadi pada saatanda makan, katup itu akan terbuka. Lalu ketika anda selesai makan, katupnyaakan tertutup kembali. Ketika anda tidur, katup ini akan terdesak. Akhirnya,makanan yang anda makan tadi akan naik kembali ke atas. Apalagi jika andaterlalu kenyang.

Jadi, makanitu jangan sampai terlalu kenyang. Kalau bisa 70% saja. Berhentilah sebelumanda kenyang.

Oke, mungkinitu saja yang bisa saya bagikan kepada anda semua yang sedang berpuasa atauyang sekarang sedang bersiap-siap untuk nantinya berpuasa. Siapkan diri anda.Semoga anda bisa menjalankan puasa dengan baik.

Dan sepertibiasa, untuk anda semua yang sedang mencari produk untuk mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url