Apakah Suplemen Menyebabkan Ketergantungan ?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Suplemen Menyebabkan Ketergantungan?”. Sobat sehat, saya membuat topik ini berdasarkan polling yang dilakukan SB30 Health beberapa waktu yang lalu. Jadi disini saya akan menjawab atau menjelaskan beberapa tanggapan-tanggapan yang telah anda tuliskan.

Jadi disini yang pertama adalah : Apakah suplemen dapatmenyebabkan ketergantungan ?

Jawaban saya adalah TIDAK. Karena sekali lagi saya maumenjelaskan. Suplemen adalah makanan tambahan. Jadi, makanan tambahan adalahmakanan yang anda tambahkan ketika makanan utama anda tidak mencukupi. Misalnyadalam satu hari ini anda kekurangan serat. Anda boleh menambahkan suplemen fiber.

Jadi bukannya anda tidak makan sayur sama sekali dalam satuhari, lalu anda hanya mengandalkan dari suplemen fiber saja. Itu keliru. Kecuali jika anda lakukan itu. Jelas ajamenyebabkan ketergantungan. Ketika anda tidak makan fiber, misalnya. Anda sembelit. Karena anda tidak makan sayuranyang utama. Jadi, real food itu perluanda makan. Dan fiber hanyalahtambahan.

Contoh, anda sedang bepergian naik kereta. Anda tidak sempatmembeli sayur. Anda tidak sempat makan sayur. Maka anda  boleh membawa suplemen fiber selama perjalanan anda disana. Atau anda sedang ada meeting, tidak sempat makan. Maka andabisa menambahkan suplemen. Jadi bukan berarti anda tidak makan pagi, siang dan malam,lalu anda makan semua suplemen.

Namanya saja makanan tambahan. Jadi, diberikan saat andakekurangan. Bukan menjadi makanan utama. Penjelasannya seperti itu.

Kemudian disini ada lagi yang menjawab, “Saya tidak mengkonsumsisuplemen, karena itu merupakan bahan kimia. Lebih baik makan buah dan sayuralami tanpa efek samping. Anda bisa makan buah dan sayur secara alami itu jauhlebih bagus. Dan jika anda mengatakan tanpa efek samping, jika anda makannyaberlebihan juga tetap ada efek sampingnya.

Yang mau saya luruskan adalah “karena itu bahan kimia”. Jadibegini.. Semua komponen makanan kita, itu ada unsur kimianya. Contohnya air. Kalaudulu anda pernah mempelajarinya, rumus kimianya adalah H2O. Kemudianzat besi unsur kimianya adalah Fe. Kemudian garam dapur adalah NaCl atauNatrium Klorida. Jadi, hampir semua komponen, kalau saya bilang semuanya ituada unsur kimianya. Namun ada yang sintetis dan ada yang alami.

Mungkin kalau anda memilih suplemen, carilah yang alami.Anda bisa baca di kemasannya. Anda bisa bertanya ke produsennya atau yang menjual.

Kemudian disini ada lagi, “Ya. Saya mengkonsumsi suplemenkalsium untuk tulang dan B kompleks untuk energi”. Hal ini bagus. Mungkin dalamkehidupan sehari-hari, makanan saja tidak cukup mengandung kalsium, misalnya.Akhirnya ditambahkan dari suplemen.

Lalu, “Saya anak gym. Suplemen membantu saya membentuk massaotot saat saya kekurangan real food proteindan vitamin”. Berarti, orang ini berwawasan. Jadi ketika kebutuhannya dari real food tidak cukup untuk protein,orang tersebut mengkonsumsi suplemen. Jadi bukan berarti pagi, siang dan malamanda minum susu protein, tetapi tidak makan. Itu keliru.

Lalu disini ada yang lucu, sobat sehat. Jawabannya, “Sayatidak konsumsi suplemen karena takut dan tidak merasa butuh. Terkadang sajapada saat atau mau flu saya minum UC1000. (Eh, itu suplemen ‘kan ya?)”. Sayajadi bingung. Dia menjawab, tapi memberikan pertanyaan. UC1000 itu ‘kan isinya vitaminC 1000 mg. Berarti, mengapa anda minum itu? Sekarang saya balik bertanya.Berarti anda dari makanan saja tidak cukup. Ketika anda minum itu dan andabaikan, itu artinya suplemen vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh anda.Jawabannya seperti itu.

Kemudian disini ada lagi yang menjawab, “Saya tidakmengkonsumsi karena masih bingung dalam memilih suplemen yang baik”. Jadi,suplemen harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda pria atau wanita, usiaanda berapa. Jadi disesuaikan. Anda bisa belajar dari buku atau dari internet, ‘apasih yang saya butuhkan?’.

Misalkan ‘Saya gejalanya seperti ini. Gusi saya mudah sekaliberdarah’, misalnya. Saat sikat gigi, berdarah. Tidak ngapa-ngapain koktiba-tiba berdarah. Mungkin anda kekurangan vitamin C. Jadi, itulah yang andabutuhkan. Pelajari tubuh anda dan zat apa yang anda butuhkan. Jika anda bisapenuhi dari sayur-sayuran, buah-buahan, protein dari daging ikan dan telur itumemang jauh lebih baik. Tetapi tidak ada salahnya ketika anda kekurangan, dansaat anda membutuhkan lebih, anda bisa tambahkan dari suplemen.

Contoh ibu hamil, misalnya. Ibu hamil biasanya kalau pergikontrol ke bidan atau ke dokter spesialis kandungan, mereka akan diberikan suplemenasam folat untuk membantu perkembangan janin, terutama otaknya. Jadi, suplemenbukanlah hal yang buruk. Tetapi jika anda menggantikan makanan utama dengansuplemen, itu akan menjadi buruk. Penjelasannya seperti itu.

Kemudian disini ada lagi yang menanggapi, “Tidak. Karenakasihan ginjalnya”. Sebenarnya tidak ada masalah dengan ginjal selama andamengkonsumsinya dengan mengikuti aturan. Atau anda berkonsultasi dahulu dengandokter.

Karena begini, contohnya anda tidak makan ikan laut. Dalamwaktu satu bulan, mungkin anda hanya satu kali makan ikan laut. Otomatiskebutuhan omega-3 anda akan kurang. Maka anda bisa memperolehnya dari suplemen.Misalnya minyak ikan yang sudah dalam kemasan kapsul. Itu tidak akan membebaniginjal anda.

Kalaupun anda makan realfood, misalnya anda makan daging, tetapi jumlahnya berlebih. Dagingmengandung protein, dan kelebihan protein itu juga dapat menyebabkan ginjalanda rusak. Sekarang saya beri satu pertanyaan. Orang-orang yang terkenamasalah ginjal, yang masuk Rumah Sakit dan harus cuci darah itu sebagian besarkarena apa? Apakah karena mengkonsumsi banyak suplemen? Saya rasa bukan itujawabannya.

Biasanya karena komplikasi dari diabetes. Karena itulah kenaginjalnya. Ataupun karena kelebihan suatu zat tertentu. Misalnya anda yangtidak rutin minum air putih. Anda hanya minum soda terus. Hal ini juga bisaberdampak buruk bagi ginjal anda. Jadi, jangan apa-apa yang disalahkan suplemen.Bukan begitu.

Kemudian disini juga ada yang mengatakan, “Tidak. Karenatakut efek samping”. Saya rasa jika anda mengkonsumsi dengan wajar, anda tidakakan mendapatkan efek samping. Bahkan, realfood pun sama. Jika suplemen tersebut diambil dari real food, dari bahan makanan alami, saya rasa tidak masalah.Mungkin beberapa orang akan sensitif ketika dia alergi. Misalnya, ‘saya alergiikan laut’. Ketika saya mengkonsumsi minyak ikan, bisa terjadi alergi. Itubisa. Tetapi kalau sampai takut berlebihan, saya rasa jangan sampai sepertiitu.

Kemudian disini ada tanggapan lagi. “Tidak. Karena seringlupa, padahal punya”. Kalau ini masalah kedisiplinan anda saja. Jika anda punyasuplemen, jangan lupa diminum sebelum expired.Karena jika sudah expired, sebaiknyaanda buang. Ataupun belum sampai expired,tetapi warnanya sudah berubah. Misalnya vitamin C karena teroksidasi, andamenutupnya tidak rapat, tetapi expired’nyamasih jauh dan warnanya telah berubah. Sebaiknya anda buang. Jangan dikonsumsilagi.

Disini ada 170 comments.Dan saya tidak mungkin membahas semuanya disini. Saya juga sudah pernahbercerita di video-video saya sebelumnya. Apa sih suplemen yang baik untukpenderita darah tinggi? Suplemen itu apa? Apakah bisa untuk therapy? Saya juga sudah pernah membahassebelumnya. Tetapi bagi anda yang masih kurang jelas, silahkan menonton videosaya sebelumnya. Anda boleh datang ke tempat praktek saya di Surabaya. Sayadengan senang hati akan menjelaskannya kepada anda.

Namun bagi anda yang tidak beradadi wilayah Surabaya atau kesulitan untuk datang ke tempat praktek, anda boleh ­­­follow Instagram saya : @tanyadrsung. Andabisa baca disini. Disana saya sering sharingbeberapa suplemen yang sering saya gunakan. Dan tentu saja alami.

Dan seperti biasa, Jika anda menyukai video seperti ini,jangan lupa klik subscribe, share kepadateman-teman anda. Dan satu lagi, jangan lupa klik like.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url