Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?


Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini, saya akan membahas tentang : “Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?”.

Sobat sehat, siapa disini yang kolesterolnya tinggi?Biasanya yang usianya sudah di atas 30 plus-plus. Silhakan comment di bawah ini, apa yang biasanya anda makan jika kolesterolanda sedang tinggi. Atau apa yang biasa anda gunakan untuk mencegah kolesterol andanaik.

Kita tahu bahwa lipoprotein ini ada 2 jenis. Ada HDL dan adaLDL. Yang HDL disebut kolesterol baik, sedangkan LDL disebut kolesterol jahat. Untuklebih lengkapnya, anda bisa tonton video saya disini. Judulnya : “ApakahKolesterol itu Berbahaya”.

Disini saya akan membahas dahulu sedikit tentang apa itu kolesterol.

Jadi, kolesterol ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita. Dibuat di hati, kemudian karena kolesterol ini berbentuk lemak, di dalam darah harus terikat dengan protein yang disebut lipoprotein.

Jadi, saya sudah jelaskan apa itu HDL, apa itu LDL, dandisana sudah lengkap penjelasannya tentang kolesterol. Disini saya inginmembahas tentang apa saja sih makanan yang tidak boleh dimakan, atau maksudsaya dikurangi. Dan apa saja makanan yang harus anda makan atau makanan yangdianjurkan.

Kita bahas dulu makanan yang harus anda kurangi, terutama bagi para penderita kolesterol tinggi. Yang pertama adalah daging merah. Jadi maaf bagi anda pecinta daging, semua daging merah itu dapat menyebabkan kolesterol. Karena komposisi rasio protein dan lemak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan daging ikan.

Daging merah disini di antaranya adalah daging sapi, kemudian daging kambing, dan juga daging babi. Apalagi anda mengolahnya dengan dibakar, atau digoreng ditambah dengan mentega. Wah.., rasanya enak. Tetapi, kolesterolnya juga tinggi.

Jadi selain daging merah, anda juga harus memperhatikan carapenyajiannya. Apakah digoreng, dibakar, dikukus atau direbus. Direbus jauhlebih baik dibandingkan dibakar atau digoreng. Apalagi menggunakan mentega danminyak yang banyak. Namun untuk anda yang menderita kolesterol tinggi,sebaiknya anda kurangi dulu. Bagi anda yang normal, silahkan. Tetapi, andaharus mengontrol jumlahnya.

Kemudian ada yang bertanya. “Dok, apa yang harus saya makansupaya kolesterol saya bisa turun?”. Jangan minta turun cepat, tapi konsistenlahdengan makanan anda dan dengan olahraga anda. Yang pertama adalah lakukanolahraga.

Kemudian, perhatikan makanan anda. Makanan yang perlu anda konsumsiadalah sayuran hijau. Perbanyak sayuran hijau. Contohnya brokoli, kemudiansawi, bayam dan sebagainya yang tinggi akan serat. Kemudian, buah-buahan yangmengandung antioksidan. Dimana antioksidan ini bisa mencegah oksidasi darilemak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan plak atau aterosklerosis.

Kemudian ada lagi yang bertanya. “Dok, apakah jika sayamenderita kolesterol, maka saya harus minum obat seumur hidup?”. Jawabannyaadalah ‘tergantung’. Dan sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter anda. Karenasetiap orang punya kolesterol yang berbeda-beda. Ada yang kolesterol saja, adayang memmpunyai penyakit komplikasi. Contohnya seperti punya kolesterol, punyadarah tinggi, punya diabetes, dan punya resiko penyakit jantung. Kalau sepertiini, anda harus konsumsi obat dan harus kontrol ke dokter.

“Tetapi kalau kolesterol saya cuma naik sedikit, dok. Apakahsaya harus minum obat?”. Biasanya saya menyarankan pasien untuk berolahragadulu. Melakukan aktivitas fisik. Kemudian, mengatur pola makan. Kalau bisaturun dengan 2 hal ini, sebenarnya anda tidak perlu minum obat.

Kemudian ada lagi yang bertanya. “Dok, saya takut minumobat. Apakah ada produk suplemen atau produk herbal yang bisa saya konsumsiuntuk mengatasi kolesterol saya ini? Kolesterol saya ini sudah naik”. Untukproduk herbal atau produk suplemen, di negara-negara maju sudah berkembang produkuntuk mengobati berbagai macam penyakit. Contohnya di negara China. Kemudian dinegara Korea. Mereka menggunakan makanan, terutama makanan mentah untuk mengobatiberbagai macam penyakit, termasuk kolesterol.

Anda bisa lihat nanti. Di bagian akhir, akan saya berikan link’nya. Kemudian di Indonesia sendiri,sebenarnya produk bahan makanan yang bisa digunakan untuk membantu terapikolesterol itu sudah banyak. Salah satunya adalah beras. “Bagian beras mananyadok, yang digunakan?”. Bagian kulit arinya. Jadi, beras yang kita makansekarang sebenarnya sudah ‘dipoles’. Dulu saya sudah pernah bahas, “Mana yanglebih bagus, beras putih atau beras cokelat?”.

Beras cokelat ini masih mengandung kulit ari. Jadi, kulitari ini masih mengandung serat yang tinggi. Kemudian mengandung vitamin B,mengandung mineral, dan ini semua baik untuk tubuh anda. Termasuk salah satunyadapat mengurangi kadar kolesterol. Namun, beberapa orang tidak menyukai berasyang demikian. Karena katanya, ‘Lambung saya sakit’. Ya, karena andamengunyahnya terlalu cepat. Ada juga yang bilang baunya tidak enak dansebagainya. Di Indonesia sendiri, sudah ada yang dikapsulkan. Jadi zak atifkulit arinya diambil, kemudian dikapsulkan.

Saya juga tidak akan membahasnya disini. Tunggu di bagianakhir. Lalu, ada juga yang bertanya seperti ini. “Dok, kepala saya pusing.Apakah kolesterol saya sedang tinggi?”. Sebenarnya penyebab kepala pusing bukanhanya kolesterol. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kolesterol. Saran sayaadalah cek lagi, cari tahu apa penyebabnya, atau sebaiknya anda langsungperiksa ke dokter. Periksakan diri anda.

Pada beberapa orang, ketika kolesterolnya naik tinggi,mereka tidak merasakan apa-apa. Tetapi pada beberapa orang, kolesterolnya naiksedikit sudah ada gejala. Misalnya badan tidak enak, kepala pusing, leher kakudan sebagainya.

Untuk anda yang mencari suplemen atau herbal lokal, untukmembantu menurunkan kolesterol, silahkan anda lihat link’nya disini. Klik disini.

Dan seperti biasa, jika anda suka dengan channel kesehatan seperti ini, silahkanklik like di bawah ini, comment dan subscribe. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url