Apakah Manfaat dari Omega 3 ?


Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini saya akan membahas tentang : “Apakah Manfaat dari Omega 3 ?”. Sobat sehat, sebenarnya omega-3merupakan salah satu asam lemak yang sangat berperan penting untuk menjaga agartubuh kita tetap sehat. Namun banyak sekali di Indonesia, bahkan penduduk diseluruh dunia yang kekurangan zat omega-3 ini di dalam menu makanan merekasehari-hari.

Disini khususnya penduduk Indonesia sebenarnya dalam polamakan sehari-hari, mereka banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asamlemak omega-6. Tetapi, tidak diimbangi dengan asam lemak omega-3. Akhirnya,tubuh mudah mengalami peradangan.

Pada zaman sekarang, sebenarnya ada banyak penyakit-penyakitkronis yang awalnya disebabkan oleh peradangan yang banyak di dalam tubuhmereka. Sobat sehat, mungkin bagi anda yang sering ke dokter atau sering keRumah Sakit, dan sering mendengar diagnosa dari dokter anda dengan akhiran kata‘itis’. Jadi sebenarnya ini adalahbahasa Latin yang artinya adalah peradangan.

Contohnya seperti ini :

  • Arthritis,berarti peradangan sendi (sendi anda sedang mengalami peradangan)
  • Ulcerativecolitis, berarti peradangan usus besar (kolon/usus besar anda mengalamiperadangan)

Dan banyak juga penyakit jantung yang awalnya disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah.

Jadi pada saat ini, kolesterol yang tinggi bukanlah satu-satunya penyebab dari penyakit jantung atau penyakit pada pembuluh darah anda. Dengan adanya peradangan, maka akan membuat kolesterol mudah menempel pada dinding pembuluh darah anda. Dan itulah yang menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah anda.

Jika anda ingin menyembuhkan diri dari berbagai penyakitkronis atau mencegah berbagai penyakit, maka anda harus mengurangi peradanganatau inflamasi pada tubuh anda. Cara terbaik atau cara yang paling mudah yangdapat anda lakukan adalah dengan menambahkan omega-3 ke dalam menu makanan ataumenu diet anda sehari-hari.

Mungkin anda bertanya seperti ini, “Dok, saya bisamendapatkan omega-3 dari mana? Makanan apa yang harus saya makan?”. Sobatsehat, sumber omega-3 yang dapat dengan mudah anda temukan berasal dari telur.Kemudian, anda juga bisa mengkonsumsi makanan dari ikan laut. Misalnya ikantuna, sarden, mackerel, dan ikan salmon. Dan ada juga bagi anda yang vegetarianatau vegan, anda bisa mendapatkan omega-3 dari biji-bijian. Contohnya disiniadalah biji-bijian dalam kategori superseed. Misalnya chia seed, flake seed,dan sebagainya.

Dan saat ini juga sudah banyak perusahaan-perusahaan yangmembuat omega-3 dalam bentuk suplemen. Biasanya menggunakan fish oil atau cod liver oil. Lalu, apa saja manfaat dari omega-3? Misalkan sayamengkonsumsi omega-3, apa benefit ataumanfaat yang akan saya dapatkan?

Kandungan omega-3 yang utama adalah EPA dan DHA. Dimanaomega-3 memiliki manfaat seperti yang saya sebutkan sebelumnya, yaitu antiradang atau anti inflamasi. Dan fungsi yang lainnya adalah omega-3 dapatmenjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anda, mengurangi resiko kanker,meningkatkan performa, recovery danmeningkatkan fungsi otak.

Apakah anak-anak boleh mengkonsumsi omega-3 ?

Saya juga mendapatkan banyak sekali pertanyaan, terutamadari ibu-ibu. Mereka bertanya :

  • “Dok, anak saya masih bayi. Bolehkah sayamemberinya suplemen omega-3?”
  • “Dok, anak saya sudah memasuki usia sekolah. Bolehkahsaya memberinya suplemen omega-3 supaya anak saya semakin pintar di sekolah?”
  • “Dok, anak saya tidak dapat ranking. Jika saya beri omega-3, bisakah anak saya menjadi juarasatu?”

Disini saya akan membahasnya terlebih dahulu. Jadi,sebenarnya omega-3 sudah terkandung pada ASI. Jadi para ibu yang mempunyai anakbayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya anda hanya memberikan ASI. Tenangsaja, karena ASI anda sudah mengandung omega-3. Dan sebaiknya anda tidakmemberikan makanan tambahan dari luar, atau kita sebut ASI eksklusif. Lalu bagipara ibu yang mempunyai anak-anak yang sudah memasuki usia sekolah, anda bolehmengajarkan mereka untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3dan makanan yang mengandung serat.

Bagi para ibu, anda jangan mencari gampangnya saja. Mungkin karenasibuk bekerja, akhirnya anda hanya memberikan anak anda mie instant setiaphari. Atau hanya nasi goreng karena ingin cepat. Akhirnya, perkembangan otakanak anda tidak sebagus jika anda memberikan makanan dengan gizi yang baik.Disini saya juga mendapatkan data bahwa di Indonesia, jumlah konsumsi mieinstant pada tahun 2015 mencapai lebih dari 13 miliar. Sangat besar sekali.

Kemudian omega-3 sendiri baik bagi mereka yang menderitastroke atau menderita penyakit jantung. Tetapi ingat, anda yang mendapatkanobat dari dokter harus berkonsultasi pada dokter anda terlebih dahulu. Terutama,bagi mereka yang mendapatkan obat pengencer darah. Jadi bagi anda yang inginmengkonsumsi omega-3, misalkan anda sudah membeli suplemen atau anda inginmakan ikan dalam porsi besar, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu padadokter anda.

Semoga penjelasan yang saya berikan ini dapat bermanfaatuntuk anda semua. Dan disini saya merekomendasikan 2 video lagi. Jika andamenyukai channel kesehatan dan gayahidup seperti ini, anda bisa klik likedi bawah ini, subscribe dan share kepada teman-teman anda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url