Apakah Makanan Manis itu Semuanya Tidak Sehat?


Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Makanan Manis itu Semuanya Tidak Sehat?”.

Sobat sehat, di video ini saya kembali lagi untuk membahastentang makanan-makanan yang manis. Dimana makanan manis ini tentu sajamengandung kadar gula yang bisa dikatakan lumayan tinggi. Jadi, mengapa sayamembahas masalah ini?

Karena banyak pasien, dan banyak juga dari sobat sehat yangbertanya, “Dok, saya baca di literatur, saya membaca di berbagai referensi danartikel, dikatakan bahwa makanan-makanan yang mengandung tinggi gula jika kitakonsumsi dapat menyebabkan obesitas, diabetes, kemudian gangguan pencernaan dansebagainya”.

Bisa saya katakan bahwa hal itu tidak 100% benar dan tidak 100% salah.

Mengapa? Karena gula juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Yang berbahaya adalah jika dikonsumsi secara berlebihan. Gula berasal dari tebu seperti yang kita tahu. Di dalam satu batang tebu, terdiri dari yang pertama adalah serat. Kemudian juga ada air. Lalu ada gulanya.

Jadi melalui serangkaian proses, akhirnya didapatkan gulayang kita sebut gula pasir yang sehari-hari anda gunakan untuk membuat tehmanis. Kemudian untuk membuat sirup, digunakan untuk membuat kue, dan sebagainya.

Sebenarnya, makanan-makanan yang anda rasa enak, membuatanda ketagihan, yang membuatnya enak adalah rasa manis dari gula. Coba sajaanda membuat kue tart, atau kueapapun tetapi tidak memakai gula. Bagaimana rasanya? Saya yakin anda tidak maumemakannya. Disini saya ingin membahas bahwa jika anda mengkonsumsi gulaberlebihan, maka dapat menyebabkan gangguan-gangguan yang tadi, seperti kencingmanis. Ya, tentu saja.

Mengapa? Karena hal ini berkaitan dengan yang namanya glycemic index. Jadi apabila anda hanyamengkonsumsi gula tanpa disertai dengan makanan yang berserat, maka akanmenyebabkan peningkatan penyerapan dari gula itu tadi.

Dengan kata lain, indek glikemiknya tinggi. Akhirnya, tubuhanda lebih cepat menyerap gula dibandingkan dengan anda mengkonsumsi makananyang mengandung serat. Contohnya, anda hanya mengkonsumsi air yang diberi gula.Teh manis, misalnya. Penyerapannya dari tubuh akan lebih cepat daripada anda mengkonsumsimakanan seperti pepaya atau apel yang rasanya juga manis.

Ketika anda mengkonsumsi makanan tadi, yaitu apel danpepaya, itu masih mengandung serat. Jadi, apa gunanya serat dalam makanantersebut? Serat akan menghambat penyerapan gula yang terlalu cepat tadi. Jadi,tubuh akan menyerap gula secara perlahan. Akhirnya, kerja dari pankreas andatidak terlalu berat untuk mengangkut gula ke dalam sel.

Lalu ada pertanyaan seperti ini, “Dok, bagaimana cara agar saya tahu makanan ini mengandung gula atau tidak?”.

Sebagian besar karbohidrat yang kita makan itu mengandung gula. Bahkan, nasi putih juga. Tetapi jika anda mencari di kemasan nasi putih tersebut, memang tidak tertulis gulanya. Tetapi ketika anda makan, melalui enzim di dalam mulut anda, melalui enzim pencernaan akan diubah menjadi glukosa.

Tetapi apabila anda membeli camilan di supermarket, diminimarket dan sebagainya, anda bisa balik kemasannya. Jadi disitu ada gambarkotak berwarna putih, dengan tulisan NutritionFacts. Saya sudah pernah membahas ini sebelumnya. Anda bisa cek disana,terdapat kandungan gula. Kemudian, ada ingredientjuga. Anda bisa baca. Dan kandungan gula biasanya bukan hanya satu jenisgula dalam satu jenis makanan.

Jadi, disini akan saya tampilkan beberapa jenis gula yangterdapat dalam satu jenis makanan. Anda bisa lihat gambarnya disini. Itu semuaadalah gula yang terdapat di dalam satu jenis makanan. Jadi, tujuannya adalahuntuk menambah cita rasa. Dan ini semua membuat anda ketagihan untuk makanlagi. Dan untuk teman-teman yang terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan manis, bagaimanacara untuk menghentikannya?

Saran saya adalah anda menghentikannya secara perlahan. Misalnya,dalam satu hari anda bisa makan 5 pak biskuit yang mengandung gula itu tadi. Cobaanda kurangi secara perlahan. Anda jangan ‘stop’ secara mendadak. Mengapa? Karenagula bisa dikatakan “menyebabkan kecanduan”.

Coba saja anda yang biasa bangun pagi minum teh manis, makanbiskuit yang manis, lalu tiba-tiba besoknya anda berhenti total. Apa yangterjadi? Mood anda pasti berubahmenjadi tidak bagus. Kemudian emosi anda tidak stabil, gangguan konsentrasi dansebagainya.

Jadi, di video ini saya hanya ingin menjelaskan bagaimanaperan dari gula dan peran dari serat. Saya bisa katakan bahwa gula tetapdibutuhkan oleh tubuh kita. Bukan berarti anda sama sekali tidak mengkonsumsigula. Hal itu juga tidak baik untuk anda.

Sekian informasi yang bisa saya berikan hari ini. Semogainformasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url