5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Yang Mudah Dilakukan

Cara menghilangkan kutu rambut berikut ini tentunya mudah untuk kamu lakukan, bahkan dapat kamu lakukan di rumah saja. Kutu rambut menjadi salah satu masalah pada rambut dan kepala yang sangat menganggu. Kutu rambut sendiri dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Adanya kutu di kepala akan membuat kita menggaruk-garuk kepala hingga membuat kita menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Oleh karena itu, kutu rambut perlu dibasmi dan kamu dapat menghilangkannya dengan beberapa cara berikut ini.

Berikut beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang mudah untuk kamu lakukan di rumah saja:

1. Menyisir rambut saat basah

Cara menghilangkan kutu rambut yang mudah untuk kamu lakukan ialah dengan menyisir rambut pada saat rambut dalam keadaan basah. Menyisir rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut menggunakan sisir bergigi halus dan rapat dipercaya dapat menghilangkat kutu beserta telurnya. Lakukan cara ini selama tiga hingga empat kali dalam seminggu selama beberapa minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Minyak astiri

Beberapa jenis minyak astiri seperti minyak pohon teh dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Sebuah studi yang dilakukan menyebutkan bahwa campuran dari minyak pohon teh dan minyak lavender berhasil menghilangkan kutu rambut secara efektif. 41 dari 42 partisipan sudah tidak memiliki masalah kutu rambut setelah tiga kali perawatan menggunakan ramuan tersebut.

3. Minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya yang mudah untuk dilakukan ialah dengan menggunakan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala hingga ujung rambut, lalu sisir dengan menggunakan sisir bergigi halus untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 cara ini dianggap sangat efektif untuk mengatasi masalah kutu rambut dan mencegah kutu rambut untuk datang kembali, khususnya pada anak-anak.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sudah sangat terkenal sebagai bahan yang digunakan dalam perawatan rumahan untuk rambut dan kulit. Salah satu manfaat minyak kelapa ialah dapat menghilangkan kutu rambut secara efektif. Pada penelitian yang dilakukan di Brasil tahun 2010, disebutkan bahwa minyak kelapa lebih efektif dalam mengatasi masalah kutu rambut daripada obat kutu rambut yang di jual bebas di pasaran.

5. Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan masalah kutu rambut. Meskipun petroleum jelly membuat rambut menjadi berminyak, namun cara ini dipercaya dapat membunuh kutu rambut beserta telur-telurnya. Cukup oleskan petroleum jelly pada kulit kepala hingga ujung rambut lalu diamkan selama beberapa saat. Selanjutnya cuci rambut selama beberapa kali untuk menghilangkan sisa petroleum jelly hingga rambut benar-benar bersih.

Kutu rambut merupakan masalah yang sangat menganggu. Kamu dapat menghilangkan kutu rambut dengan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas. Apabila kutu rambut kamu tidak kunjung hilang setelah mencoba cara-cara di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang sesuai. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url