5 Bahaya Minuman Keras Yang Wajib Kamu Waspadai

Bahaya minuman keras tentunya menjadi ancaman berarti bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi kalian yang sering mengkonsumsi minuman keras atau kecanduan alkohol. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Menurut beberapa sumber mengkonsumsi alkohol diketahui memiliki beberapa manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, kebiasaan mengkonsumsi minuman keras akan membuat seseorang kesulitan untuk mengendalikan jumlah alkohol yang dikonsumsi dan berujung pada kecanduan yang berdampak buruk bagi tubuh.

Berikut beberapa bahaya minuman keras yang wajib untuk kamu ketahui dan kamu waspadai:

1. Gangguan fungsi hati

Bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh yang pertama ialah gangguan fungsi organ hati. Hati sendiri merupakan organ terbesar di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting yaitu menetralisir racun dari dalam darah. Apabila alkohol dikonsumsi secara berlebihan maka hal ini dapat berdampak buruk bagi fungsi organ hati, salah satunya ialah menyebabkan penyakit sirosis pada organ hati. Mengkonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang panjang juga dipercaya dapat menyebabkan kanker hati.

2. Kerusakan pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ yang berperan sangat penting dalam metabolisme tubuh. Dimana, pankreas berfungsi untuk memcah karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga berfungsi sebagai penghasil insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat pankreas bekerja secara ekstra yang berujung dapat merusak organ pankreas itu sendiri akibat bekerja terlalu keras.

3. Gangguan metabolisme

Bahaya minuman keras yang selanjutnya ialah menganggu sistem metabolisme atau sistem pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan, mengkonsumsi alkohol dapat membuat nutrisi yang masuk di dalam tubuh tidak dapat diserap dengan baik. Akibatnya tubuh akan kekurangan asupan nutrisi. Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti radang lambung hingga kanker di saluran pencernaan.

4. Kerusakan otak

Bahaya minuman keras yang satu ini tentunya tidak dapat dianggap remeh begitu saja. Mengkonsumsi alkohol dipercaya dapat mengganggu fungsi serta kinerja otak. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan zat pada saat mengkonsumsi alkohol secara berlebih. Penumkan zat tersebut akan menyebabkan kerusakan pada otak serta jaringan saraf. Dalam jangka pendek, konsumsi alkohol dapat menimbulkan beberapa efek negatif seperti kesulitan berpikir, tubuh gemetaran, mudah mengantuk, serta sakit kepala. Sedangkan dalam jangka panjang, konsumsi alkohol dapat merusak otak secara permanen.

5. Meningkatkan resiko kanker

Beberapa riset menyebutkan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan berkaitan erat dengan peningkatan resiko kanker. Beberapa penyakit kanker yang erat kaitannya dengan alkohol antara lain yaitu kanker mulut, kanker lidah, kanker hati, kanker lambung, hingga kanker usus besar. Hal ini dikarenakan adanya sifat karsinogen di dalam alkohol yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Bahaya minuman keras tentunya perlu kita waspadai dan hindari. Oleh karena itu selalu terapkan pola hidup sehat dan hindari konsumsi minuman keras atau alkohol. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url