Bolehkah Saya Olahraga Lari Saat Usia di Atas 40 Tahun?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, topik saya adalah untukanda semua yang berusia di atas 40 tahun. Jadi, banyak pasien-pasien dan dariteman-teman juga yang bertanya : “Dok, bolehkahSaya Olahraga Lari Saat Berusia di Atas 40 Tahun?”. Untuk mengetahuijawabannya, tonton video ini sampai selesai.

Sobat sehat, siapa disini yang sebentar lagi berusia kepala empat?

Artinya, usianya di atas 40 tahun. Atau mungkin sekarang usia anda sudah 40 tahun ke atas. Silahkan anda comment di bawah. Biasanya, olahraga apa yang anda lakukan? Mungkin ada yang angkat bantal atau angkat besi (sendok dan garpu ‘kan juga besi).

Jadi untukanda semua, biasanya ketika ingin melakukan olahraga, anda merasa ragu-ragu. Katasi A, kata teman saya, kata guru saya, kata siapapun, saya tidak peduli itusiapa. Mereka bilang, “Jangan lari, nanti lututnya kalah, lututnya cedera!Nanti jatuh. Kalau patah tulang, tidak bisa sembuh” dan lain-lain. Jika andamendengarkan itu semua, akhirnya anda cuma di rumah dan tidak melakukanapa-apa.

Akhirnya, tubuh anda akan obesitas.

Akhirnya, penyakit-penyakit yang lain juga musah masuk atau anda mudah menderita penyakit-penyakit degenerative. Disini saya akan membahas mengapa mereka melarang anda untuk melakukan olahraga. Terutama olahraga lari.

Yangpertama, karena lari dapat memperparah penyakit lutut, bagi anda yang punyapenyakit lutut. Tetapi kalau berat badan anda normal, kemudian pola makan andanormal dan bagus, walaupun di usia 40 ataupun 50, anda tetap boleh lari.

Disini sayaakan menunjukkan beberapa klip video bukti bahwa mereka bisa berlari walaupunusia mereka sudah lanjut. Bahkan, sudah di atas 70 tahun. Silahkan anda tontonvideo ini. Oke, jadi itu adalah beberapa video yang menunjukkan bahwa walaupunusianya di atas 40 tahun, mereka masih boleh melakukan olahraga lari.

Tetapi, apayang perlu anda perhatikan? Yang pertama, asupan nutrisi anda. Jadi ketika andamelakukan olahraga lari, anda perlu menyiapkan kalsium, kemudian glukosaminuntuk tulang rawan atau sendi anda. Kemudian juga protein. Jadi, ketiganyaadalah bahan dasar yang perlu anda konsumsi.

Kemudian, anda juga harus melakukan latihan di bawah pengawasan.

Artinya, anda membutuhkan seorang trainer. Jadi, kebanyakan orang hanya bermodalkan sepatu dan lari. Serta membawa air minum. Apakah hal itu benar?

 Bagi anda yang sudah latihan lari sejak muda,sudah tahu basic’nya lari, sudah tahucara lari yang benar, itu tidak masalah. Namun untuk anda yang baru pertamakali belajar lari dan hanya karena ikut-ikutan teman, sebaiknya anda belajardulu cara berlari yang benar.

Jadi ada taping’nya, kemudian lari tidak bolehmiring ke kiri atau ke kanan, atau badan condong ke depan. Hal itu justru akanmerusak postur tubuh anda. Selain lututyangkalah, ankle, kemudian bagianpinggang. Saran saya untuk anda semua yang ingin lari, ada satu hal lagi.Biasanya mereka mengatakan : “Jangan lari terlalu cepat, nanti jantungnyakalah. Nanti bisa terkena penyakit jantung dan lain-lain”.

Sekarangsudah ada smart watch. Tapi, inibukan smart watch. Jadi, anda bisabeli smart watch merek apapun yangbisa mendeteksi denyut jantung anda. Jadi, jangan dipaksakan berlari. Karenakeasyikan lari, anda jadi lupa.

Jadi, syaratnya begini.. Denyut jantung anda tidak boleh melebihi 220, dikurangi umur anda sekarang.

Contoh, umur saya sekarang 50, misalnya. Jadi, denyut jantung saya tidak boleh melebihi angka 220 dikurangi 50. Silahkan dihitung. Anda punya kalkulator ‘kan?

Oke, jadiseperti itu saja masukan dari saya. Jadi ketika anda ingin lari, persiapkandulu sepatu yang baik, kemudian nutrisi anda dihitung kalorinya jika perlu.Kemudian, suplemen jika perlu juga. Jika nutrisi tidak cukup dari makanan anda,coba sediakan suplemen. Dan yang terakhir adalah coach atau trainer.

Oke, inisaja informasi dari saya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang hobi lari. Lanjutkan,tidak perlu ditahan. Tetapi harus mengikuti saran saya yang tadi ya..

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, bagianda yang menyukai video seperti ini, silahkan anda comment di bawah ini. Silahkan anda share kepada teman-teman anda yang suka olahraga lari dan olahragalainnya juga, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun. Dan sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url