Benarkah strech marks bisa sembuh ?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Mengapa bisa muncul strech marks?”.

Sobat sehat, semua orang pasti ingin punya kulit yangcantik, kulit yang mulus, dan kulit yang bersih. Namun pada beberapa orang, terdapattanda khas pada kulit mereka yang kita sebut dengan strech marks. Jadi, strechmarks itu adalah tanda atau guratan yang terjadi pada permukaan kulit akibatperegangan yang melampaui batas elastisitas kulit.

Saya berikan contoh, bagi anda yang mempunyai baju yangelastis. Coba anda tarik sekuat-kuatnya, melampaui daya elastisitas bajutersebut. Atau karet juga bisa seperti itu. Jadi, akan muncul tanda atau bekas berwarnakeputihan.

Strech marks ini awalnya berwarna merah atau warna pink. Lama-kelamaan, berubah menjadi ungu, kemudian berubah menjadi lebh transparan atau warna putih, atau warna kelabu.

Lalu, apa yang menyebabkan strech mark ini muncul?

Yang pertama adalah karena berat badan anda yang bertambahterlalu cepat. Jadi, kulit anda tidak mampu mengikuti pertumbuhan berat badananda. Dimana akan terkonsentrasi di bagian lengan, kemudian di bagian payudara,terutama pada wanita. Kemudian di bagian perut, bagian lipatan paha dan bokong.

Apakah hal ini hanya bisa terjadi pada wanita? Tidak. Jadibaik wanita maupun pria, strech mark ini dapat muncul apabila anda mengalamipeningkatan berat badan yang drastis. Hal ini bisa terjadi pada orang-orangyang mengalami obesitas. Anda bisa perhatikan perutnya.

Kemudian juga mereka-mereka yang sedang hamil. Jadi, terjadiperegangan pada perut mereka. Dan disitu akan muncul garis-garis strech mark. Lalupada mereka-mereka yang binaragawan. Jadi, peregangan ini terjadi karena massaotot mereka yang terlalu besar. Tetapi kulit mereka tidak mampu mengimbangi.Selain itu, mungkin juga karena kurangnya asupan atau produksi kolagen di dalamkulit mereka.

Jadi, kolagen berfungsi sebagai perekat, sebagai sesuatu didalam kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih elastis. Kemudian adapertanyaan lagi. “Dok, saya sudah terlanjur mengalami strech mark. Apakah kulitsaya bisa kembali normal seperti semula?”. Jawabannya ‘tergantung’. Jika masihberwarna merah, mungkin masih bisa kembali seperti semula. Tetapi kalau sudahlama, sudah berwarna transparan atau kelabu, biasanya lebih sulit.

Biasanya para dokter, dokter kulit atau dokter kecantikan,mereka akan melakukan tindakan-tindakan seperti microdermabrasi, peeling, ataumungkin dilakukan operasi apabila sangat mengganggu fungsinya. Tetapi biasanyajika tidak sampai mengganggu fungsi, tidak akan dilakukan operasi.

Saran saya adalah anda semua yang sekarang suka bermain hp,melihat media sosial, banyak yang menjual krim untuk menghilangkan strechmarks. Saran saya adalah cek dahulu, ada nomor Badan POM’nya atau tidak. Jikatidak terdaftar di Badan POM, sebaiknya anda tidak membelinya. Janganbuang-buang uang untuk membeli barang-barang yang tidak terdaftar di Badan POM.Dan saran saya, tetap kunjungi dokter anda. Dokter spesialis kulit atau dokterkecantikan yang mengerti tentang masalah strech marks ini.

Karena begini.. Mungkin banyak iklan yang mengatakan bahwastrech marks dapat hilang 100%. Kembali lagi, strech marks’nya seperti apa? Danbiasanya, tidak bisa hilang 100%. Mungkin strech marks anda akan pudar,berkurang sekian persen. Tetapi kalau untuk 100%, rasanya sulit. Kecuali andamelakukan tindakan operasi.

Jadi saran saya, jangan terlalu muluk-muluk. Jangan stresskarena strech marks itu tadi. Cobalah konsultasi lagi dengan dokter anda.

Oke, semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaatuntuk anda semua. Dan seperti biasa, jika anda menyukai channel kesehatan dan gaya hidup seperti ini, silahkan klik like di bawah ini, comment dan share kepadateman-teman anda. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url