Apa itu Kutu Air?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padavideo kali ini saya akan membahas suatu penyakit yang paling sering menyebabkangatal pada sela-sela jari kaki yang disebut athlete’sfoot atau dikenal dengan kutu air.

Sobat sehat, mungkin beberapa dari anda, keluarga anda atauorang tua anda mungkin paman, tante, atau teman-teman anda sering mengalamigatal pada sela-sela jari kaki atau sela-sela jari tangan. Sebenarnya penyebab yangpaling umum adalah athlete’s foot. Apaitu athlete’s foot? saya akanmembahasnya pada video kali ini.

athlete’s foot

Athlete’s foot merupakansalah satu jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur “Tinea Pedis”. Jadi, jamur inimengkonsumsi protein yang terdapat pada kulit kita yang disebut dengan keratin. Kulit kita memiliki beberapalapis dan keratin ini adalah lapisankulit yang paling atas dan merupakan makanan bagi jamur tersebut.

Disini saya akan membacakan apa saja gejala-gejalanya dan apasaja tanda-tandanya jika anda terkena jamur tersebut? Jadi yang pertama adalah rasa gatal pada jari kaki dan sekitarnya.Kemudian kulit yang sangat kering, pecahmaupun retak pada jari kaki. Lalu pembengkakanatau penebalan kulit. Walaupun jarang, hal ini dapat terjadi. Kemudian, ada bau yang tidak sedap pada kaki. Mungkinkarena terkena infeksi dari jamur tersebut. Kemudian pada kasus yang parah, bisa terdapat bisul. Selain pada jari kaki,kutut air juga dapat menyerang sela-sela pada jari tangan jika tidak dirawatdengan baik.

Kemudian, jamur ini dapat menyelundup ke lapisan kulitmelalui pecahan. Karena itu, seseorang dengan kulit yang terluka atau kulit yangkering dan pecah itu mudah terinfeksi oleh berbagai jenis jamur dan bakteri. Denganmelalui pecahan tersebut, kuman-kuman akan mudah masuk ke dalamnya.

Sobat sehat, khusus untuk jamur yang menyebabkan athlete’s foot ini dapat mudah menyebar dariseseorang ke orang lain. Karena jamur ini dapat bertahan pada beberapa tempat.Contohnya seperti saluran got di kamar mandi, kemudian bathtub, tempat gym,kolam renang, dan sebagainya. Untuk itu, misalkan anda memiliki luka di kaki,sebaiknya rawatlah luka anda dengan baik dan menggunakan alas kaki jika andabepergian atau berkunjung ke tempat-tempat umum. Contohnya di toilet umum.

Dan juga satu lagi. Jamur tersebut dapat bertahan di dalamsepatu anda. Jadi, sebaiknya jangan gonta-ganti sepatu milik teman (salingpinjam). Apalagi baru saja selesai dipakai. Dan rawatlah kebersihan sepatuanda.

Disini ada beberapa hal yang meningkatkan resiko terkena athlete’s foot. Jadi yang pertama adalahberjalan atau berolahraga dengan bertelanjang kaki dapat menyebabkan kaki andayang berkeringat mengangkut bakteri dan jamur. Lalu, tidak mencuci kaki denganbenar. Jadi asal cuci, yang penting selesai dicuci. Sebenarnya bakteri ataujamur akan tetap tertinggal pada kaki anda. Sebaiknya, cucilah kaki anda denganbaik dan benar. Lalu keringkan. Jangan dibiarkan basah lalu memakai sepatu.

Kemudian mandi dengan bertelanjang kaki pada kamar mandiumum. Tadi saya sudah bahas sebelumnya. Bila anda ke kamar mandi umum atautoilet umum, sebaiknya gunakan alas kaki. Lalu bagi anda yang sering melakukanperawatan di salon, misalnya. Jika melakukan perawatan menicure-pedicure sebaiknya pilihlah salon yang menjaga kebersihanalat-alat perawatan mereka. Karena jamur ini dapat menular melalui alat-alattersebut.

Kemudian, penggunaan sepatu dan kaos kaki sepanjang hari. Jadibagi anda yang harus menggunakan sepatu, pilihlah sepatu yang baik. Janganterlalu sempit atau terlalu ketat. Gunakanlah kaos kaki yang baik juga. Danjangan gunakan kaos kaki setiap hari, sepanjang minggu misalnya. Anda harusmengganti kaos kaki anda secara rutin. Karena pada kaos kaki tersebut akanmudah tumbuh bakteri atau jamur.

Lalu bagi mereka yang memiliki alergi yang menyebabkan kulitkering juga resikonya sangat tinggi untuk terkena infeksi jamur tersebut.Mereka yang memiliki imun yang lemah karenaautoimmune disorders atau pengobatan steroid juga lebih rentan terkenainfeksi jamur tersebut. Untuk itu, rawatlah kaki anda. Cucilah kaki anda denganbersih. Kemudian mereka yang memiliki sirkulasi peredaran darah yang buruk jugarentan terkena infeksi jamur tersebut. Contohnya pada mereka yang mengidapdiabetes atau neuropathy. Merekaharus diberi perhatian khusus, terutama pada daerah kaki.

Kemudian perawatan yang dapat anda lakukan di rumah untuk menjagaagar tidak terinfeksi kutu air atau athlete’sfoot itu tadi, anda dapat melihat video saya selanjutnya. Dan bagi andayang sudah melakukan pengobatan baik itu salep atau apapun itu dan sudahsembuh, tetapi tidak lama kemudian kena lagi, mungkin anda perlu memperhatikanfaktor resiko yang sudah saya sebutkan tadi di atas.

Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untukanda semua. Dan seperti biasa, bagi anda yang menyukai video inisilahkan klik subscribe di bawah ini, kliklike dan share kepada teman-temananda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Pada video kali ini saya akan membahas suatu penyakit yangpaling sering menyebabkan gatal pada sela-sela jari kaki yang disebut athlete’s foot atau dikenal dengan kutu air. Semoga informasi yang sayaberikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url