Apa itu Asma?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas sebuah topik, yaitu tentang “ASMA”.

Sobat sehat, saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman dan dari sobat sehat juga bertanya, “Dok, asma itu apa? Apakah semua sesak napas itu asma?”. Kemudian, “Apakah penyebab asma? Mengapa ketika saya makan kacang saya tidak sesak, tapi terkadang saya merasa sesak?”.

Disini saya akan membahas itu semua di dalam video kali ini.Jadi yang pertama, saya mau membahas dahulu apa itu asma. Asma merupakanpenyumbatan atau peradangan pada saluran napas yang berlangsung secara kronis,yang ditandai dengan batuk dan adanya mengi atau wheezing. Jika anda tidak tahu apa itu mengi, anda bisa mendengarkansuara berikut ini, dan disertai dengan rasa sesak di dada.

Kemudian tadi ada yang bertanya, “Apakah semua sesak napasadalah asma?”. Tidak semua sesak adalah asma. Contohnya, misalkan pada anda atauorang tua anda yang punya penyakit jantung, mereka juga bisa merasakan sesak didada. Atau mungkin setelah mendengar berita yang tidak baik, juga akanmerasakan sesak di dada. Atau mungkin, anda baru saja diputusin pacar anda,mungkin ada sedikit rasa sesak di dada. Tetapi tidak disertai dengan batuk dan tidakdisertai dengan mengi.

Anda sudah mendengarkan suara mengi atau wheezing itu tadi. Itu adalah ‘khas’dari asma. Apa sih penyebab asma? Mengapa saat sesak napas bisa keluar suaraseperti tadi? Jadi di dalam saluran pernapasan kita mulai dari hidung sampai kesaluran pernapasan berikutnya, sampai ke paru-paru, terjadi penyempitan padasaat terkena serangan asma. Biasanya, terjadi pada bronkus. Anda bisa melihatgambarnya disini jika anda tidak tahu apa itu bronkus. Terjadi penyempitan padabronkus yang biasa disebut dengan bronkokonstriksi atau bronkospasme.

Saat terjadi penyempitan, biasanya juga disertai denganproduksi lendir yang kental dan akhirnya menutup sebagian besar saluran pernapasan,sehingga menimbulkan bunyi wheezingyang khas. Itulah yang kita sebut dengan asma.

Kemudian, “asma bisa menyerang siapa saja, dok?”.

Asma bisa menyerang mulai dari anak-anak, remaja, bahkan usia dewasa, tanpa terkecuali. Terutama mereka yang secara genetika orang tuanya menderita asma atau menderita alergi yang lainnya. Maka kemungkinan besar, anak akan menderita asma juga.

Lalu kita bahas derajat keparahan. Jadi ada yang terkenaasma dalam waktu 30 menit sampai 1 jam kemudian, dan bisa reda sendiri tanpamengkonsumsi obat-obatan, tanpa mengkonsumsi apapun bisa hilang sendiri. Namunjika semakin berat, maka membutuhkan penanganan atau perawatan medis yangtepat. Karena jika tidak, sesak napas yang berkepanjangan dapat berakibat fatal,bahkan bisa menyebabkan kematian.

Disini, saya ingin membahas tentang ‘apa sih bahaya asma?’. Jadi, mungkin masih banyak yang belum tahudan menganggap, “Ah, paling hanya sesak napas biasa. Nanti juga sembuhsendiri..”. Jika dapat sembuh sendiri, itu bagus. Namun, ada baiknya jika seseorangatau anak anda terkena sesak napas, segeralah dibawa ke Rumah Sakit terdekatatau Unit Gawat Darurat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Karena secaranormal, kita menghirup udara yang mengandung oksigen. Dan paru-paru akanmenukar oksigen dengan karbon dioksida untuk dikeluarkan.

Bagaimana jika salurannapas menyempit?

Yang terjadi adalah : Oksigen yang masuk akan berkurang dankarbon dioksida akan terkumpul di dalam, tidak bisa dikeluarkan. Dan akhirnyadapat berakibat fatal. Pada orang dewasa maupun anak-anak, hal ini akanmengganggu produktivitas mereka. Mungkin bagi mereka yang harus bekerja dikantor atau di tempat kerjanya masing-masing, akhirnya akan terganggu karenasesak napas.

Dan bagi anak-anak, hal ini akan mengganggu masa pertumbuhanmereka. Apalagi serangan asma biasanya terjadi pada malam hari menjelang pagi.Maka waktu tidur mereka akan terganggu. Akhirnya saat bangun pagi ke sekolah, sudahtidah produktif lagi untuk belajar karena mengantuk di sekolah. Hal seperti iniperlu mendapatkan perhatian dari para orang tua.

Kemudian, saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini : “Dok,ketika saya makan kacang saya tidak kenapa-kenapa. Tetapi terkadang ketika sayamakan kacang, tiba-tiba saya merasa sesak?”. Saya menjawabnya seperti ini. Karenaasma itu sendiri selain dari faktor allergen,juga dipengaruhi oleh faktor pemicu. Misalnya ketika anda dalam kondisigembira, tidak ada tekanan, dan kondisi fisik baik. Maka ketika andamengkonsumsi makanan yang biasanya anda alergi, asma anda tidak kumat.

Karena selain dari faktor allergen, asma juga juga dipengaruhi dari faktor pemicu. Diantaranyastress yang berlebihan, misalkan anda berolahraga berlebihan, anda penuhtekanan, kemudian suhu udara yang dingin juga dapat memicu asma anda kumat ataumemicu anda mendapatkan serangan asma.

alergi serbuk sari

Selain itu, faktor allergensendirilah yang berperan penting dalam menyebabkan timbulnya asma. Contohnyaanda yang alergi terhadap serbuk sari. Jika terkena serbuk sari, maka asma andaakan kumat. Atau anda yang alergi terhadap kacang dan alergi terhadap sea food. Jadi, bagi anda yang menderitaalergi, cobalah berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang dapatmenyebabkan asma anda kumat.

Selain itu, anda juga harus memperbaiki pola hidup anda.Terutama pencernaan anda, yaitu pilihan makanan anda. Karena makanan-makanan yangbanyak mengandung pengawet dan banyak mengandung zat-zat kimia, dapat membuatsistem imun anda lebih sensitif.

Semoga video yang saya berikan ini dapat bermanfaat untukanda semua. Dan seperti biasa, bila anda menyukai channel kesehatan seperti ini, anda bisa klik like di bawah ini, jangan lupasubscribe dan share kepadateman-teman anda. Untuk penanganan yang dapat anda lakukan di rumah,anda bisa mengikutivideo saya selanjutnya.Dan video kali ini sekian sampai disini.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luarbiasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url