Waspada Munculnya Gejala Kanker Kulit Yang Berbahaya - Kanker Kulit

Gejala adanya kanker kulit ini sangat perlu untuk diwaspadai, mengingat kanker kulit merupakan salah satu penyakit kulit yang berbahaya. Kanker kulit merupakan kondisi kelainan pada kulit yang diakibatkan adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada jaringan kulit. Tentunya hal ini akan menganggu penampilan kamu serta dapat memberi dampak negatif bagi tubuh.

Gejala kanker kulit ini sendiri juga berbeda tergantung jenis kanker kulit yang dialami oleh penderitanya. Ada beberapa jenis kanker kulit antara lain, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, serta melanoma. Jenis kanker kulit karsinoma sel basal merupakan jenis yang menyerang sel basal, sel basal sendiri merupakan sel yang menghasilkan sel baru yang menggantikan sel kulit mati, jenis kanker ini biasanya menyerang area wajah serta leher. Karsinoma sel skuamosa merupakan sel kanker yang tidak terlalu ganas dan biasanya tumbuh pada area wajah, kanker ini juga dapat menyerang bagian tubuh lain yang memiliki sel skuamosa. Sedangkan untuk melanoma sendiri merupakan kanker kulit yang menyerang sel melanosit, sehingga kondisi ini menyebabkan masalah pada sel yang menghasilkan melanin.

Gejala Kanker Kulit

Berikut beberapa gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya yang perlu untuk kamu waspadai:

Karsinoma sel basal

Gejala kanker kulit jenis karsinoma sel basal ini ditandai dengan munculnya benjolan lunak dan mengkilat atau biasa disebut dengan istilah lesi. Lesi merupakan suatu area abnormal pada jaringan tubuh yang memiliki bentuk datar pada area kulit yang berwarna cokelat gelap atau kemerahan mirip daging. Dimana kanker kulit jenis ini sering ditemui di sekitar area wajah serta leher.

Karsinoma sel skuamosa

Gejala kanker kulit satu ini yang paling sering dijumpai ialah adanya benjolan berwarna merah dengan tekstur yang keras di sekitar area kulit. Selain itu, jenis kanker kulit yang satu ini juga ditandai dengan adanya lesi yang berbentuk datar serta bersisik seperti kerak. Sama seperti karsinoma sel basal, kanker kulit jenis ini juga sering ditemui di area wajah.

Melanoma

Melanoma dapat ditandai dengan adanya benjolan atau bercak berwarna cokelat pada area kulit. Gejala melanoma cukup mirip dengan tahi lalat namun ada beberapa perbedaan antara melanoma dengan tahi lalat yaitu, melanoma memiliki bentuk yang tidak simetris, tepian pada melanoma cenderung tidak beraturan, melanoma tidak hanya memiliki satu warna, ukuran melanoma sendiri lebih dari 6 milimeter, serta pada melanoma dapat mengalami perubahan bentuk, ukuran, maupun warna.

Kanker kulit merupakan salah satu kondisi yang berbahaya dan perlu untuk segera ditangani. Oleh karena itu segera hubungi dokter apabila mengalami gejala kanker kulit seperti yang sudah disebutkan diatas untuk memperoleh pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here