Home Info Kesehatan Waspada! 5 Hal Ini Sebabkan Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Waspada! 5 Hal Ini Sebabkan Gangguan Pada Sistem Pencernaan

0
7

Kita perlu megetahui serta mengenal sistem pencernaan kita, dengan begitu kita dapat mengetahui bagaimana pentingnya sistem pencernaan ini. Sistem pencernaan sendiri merupakan sebuah rangkaian jaringan organ yang memiliki tugas untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sistem pencernaan sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi dari makanan yang kita konsumsi tersebut akan digunakan oleh tubuh agar setiap organ yang ada di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, termasuk dalam melakukan aktivitas setiap hari. Ketika tubuh sudah menyerap semua nutrisi yang diperlukan, maka zat sisa makanan dari proses pencernaan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

Karena fungsi sistem pencernaan yang sangat penting, maka kita perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik serta terhindar dari berbagai masalah atau gangguan pada sistem pencernaan yang memiliki dampak negatif bagi tubuh. Anda perlu waspada serta menghindari berbagai hal berikut agar sistem pencernaan anda tidak terganggu dan tetap berfungsi dengan baik:

1. Kurangnya konsumsi serat

Salah satu penyebab timbulnya masalah pada sistem pencernaan ialah kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat. Serat memiliki peran penting untuk melancarkan pencernaan atau metabolisme tubuh. Salah satu masalah yang paling sering muncul akibat kurangnya konsumsi serat ialah susah buang air besar atau sembelit.

2. Tingkat stres yang tinggi

Tingkat stres yang tinggi dan tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan munculnya gangguan pada sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Menurut beberapa ahli, mereka menyebutkan bahwa stres dapat mempengaruhi setiap bagian pada sistem pencernaan. Stres dapat membuat seseorang mengalami heartburn, mual, muntah, sakit perut, serta meningkatnya resiko diare atau sembelit. Stres juga dapat membuat aliran darah maupun oksigen ke perut berkurang, yang tentunya dapat menimbulkan masalah yang lebih serius.

3. Mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menganggu kinerja sistem pencernaan seseorang, terlebih jika hal ini sampai menjadi kecanduan. Jika hal ini tidak segera dihindari, tentunya akan menimbulkan masalah yang lebih serius. Salah satu masalah yang timbul akibat konsumsi alkohol ialah peradangan lambung. Akibat adanya kondisi ini tentu kinerja lambung tidak akan maksimal serta sistem pencernaan akan terganggu.

4. Kurangnya cairan

Tubuh kita memerlukan cairan yang cukup agar setiap organ maupun jaringan di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kita kekurangan cairan, hal ini akan menyebabkan dehidrasi serta menganggu fungsi organ maupun di dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Salah satu masalah pada sistem pencernaan yang paling sering muncul akibat seseorang mengalami dehidrasi adalah sembelit atau susah buang air besar.

5. Makan makanan tinggi lemak jahat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jahat yang tinggi akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Hal ini akan meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan penumpukan kotoran di dalam organ pada sistem pencernaan, khususnya usus. Dengan hal tersebut tentunya akan menganggu kinerja dari sistem pencernaan itu sendiri.

Hindari kebiasaan buruk yang anda miliki agar terhindar dari gangguan pada sistem pencernaan dan menjaga sistem pencernaan anda tetap sehat serta dapat berfungsi dengan baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here