Home Berita Vitamin Apa Saja Yang Diperlukan Pada Saat Hamil

Vitamin Apa Saja Yang Diperlukan Pada Saat Hamil

0
5

Hallo sobat sehat jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Nah pada tulisan kali ini saya mau membahas lagi tentang kehamilan. Buat anda yang sedang hamil silahkan baca artikel ini simak baik-baik. Topik hari ini adalah vitamin apa saja yang di perlukan pada saat hamil?

Ya sobat sehat seorang ibu pada saat hamil, tentu saja porsi makannya akan meningkat tapi bukan berarti harus meningkat sampai 2x lipat. Jadi mungkin para suami yang sayang dengan istrinya pada saat istrinya sedang hamil support mereka untuk supaya makan banyak. Memang kebutuhan makanan naik yang dilihat adalah kebutuhan kalorinya, kebutuhan kalori naik sekitar 300 kalori jadi tidak perlu sampai 2x lipat. Misalnya anda yang butuh 1500 (kalori) sehari-harinya dinaikin jadi 1800 (kalori) nah kurang lebih seperti itu.

Kemudian zat gizi makro yang perlu anda perhatikan adalah protein. Protein ini penting untuk pembentukan sel-sel. Jadi seluruh sel tubuh terutama untuk janin anda ini memerlukan bahan yaitu protein. Biasanya pada saat hamil, biasanya seorang wanita atau seorang ibu memiliki gejala-gejala yang tidak enak contohnya seperti mual, muntah, kemudian lemes, pusing. Biasanya ini terjadi pasa trimester pertama yang disebut juga dengan morning sickness. Nah kalau sudah seperti ini otomatis jumlah makanannya akan tidak bisa memenuhi kebutuhan si ibu dan janin. Jadi biasanya kalau anda konsultasi dengan dokter kandungan atau dengan bidan akan diberikan suplemen tambahan tentu saja untuk memenuhi nutri mikro untuk ibu dan janin.

Lalu apa saja vitamin dan mineral yang diberikan dok? Nah saya akan bahas satu persatu.

Oke vitamin yang pertama adalah asam folat atau disebut vitamin B9. Vitamin ini sangat penting untuk ibu hamil terutama trimester pertama. Ini untuk mencegah bayi lahir cacat, terutama cacat pada saraf neural tube defect.

jadi ini ada beberapa gambar, anda bisa lihat disini yang pertama ini adalah gambar Anensefali

Jadi kalau anda pernah lihat gambar seperti ini atau bertemu dengan anak yang seperti ini. Pertumbuhan otaknya tidak baik, kemudian tempurung kepalanya ya tengkoraknya tidak tertutup dengan sempurna atau tidak ada nah ini namanya Anensefali. Ini disebabkan karena kurangnya vitamin B9 atau asam folat.

Kemudian ada juga yang seperti ini. Anda bisa lihat gambarnya ini adalah Spina Bifida.

Nah jadi 2 penyakit ini merupakan akibat karena kekurangan atau defisiensi asam folat selama kehamilan. Jadi buat anda sekarang para wanita yang sedang hamil atau sedang mau melakukan program hamil sebaiknya konsumsi asam folat. Satu harinya sekitar 400-800 mikogram dan saran saya kembali konsultasi ke bidan anda atau dokter kandungan anda.

Kemudian kalau dari makanan anda bisa memperoleh Asam folat ini dari sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum, sereal dan lain sebagainya. Vitamin yang kedua adala vitamin D nah vitamin D ini berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium pada ibu hamil. Anda bisa dapatkan di makanan-makanan seperti sarden, salmon, daging dan lain-lain. Untuk tambahan suplemen biasanya diberikan oleh dokter dokter dan bidan anda konsultasi lagi. Jika anda ingin mendapatkannya gratis caranya berjemur di sinar matahari. Jadi kalau anda saat berjemur jangan takut kelebihan dosis vitamin D karena kulit anda bisa mengatur untuk mensintesis vitamin D.

Selanjutnya ada mineral yang penting untuk ibu hamil salah satunya adalah kalsium. Pada saat hamil kalsium ini sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin. Jadi jangan sampai anda kekurangan dan saran saya adalah konsultasi ke dokter kandungan anda. Kalau makanan sehari-hari yang bisa anda makan untuk mendapatkan sumber kalsium seperti tempe, susu kedelai, yogurt, sayuran hijau dan lain-lain.

Yang ke empat adalah zat besi. Zat besi ini diperlukan oleh wanita yang sedang hamil. Sebenarnya wanita yang tidak sedang hamil pun butuh zat besi apalagi sedang hamil. Jadi zat besi ini untuk mencegah anemia, kalau sel darahnya cukup nutrisi, oksigen akan cukup diedarkan ke seluruh tubuh termasuk ke janin anda. Apa yang terjadi kalau wanita sedang hamil kekurangan zat besi? yang pertama anemia dan kecenderungan nanti bayinya lahir juga bisa anemia atau lahirnya bisa prematur. Saran saya anda tetap kunjungi ke dokter kandungan anda.

Kemudian suplemen lain yang diperlukan seperti vitamin C ini untuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu omega 3 disana ada EPA, DHA untuk pembentukan otak bayi dan lain-lain. Jadi yang penting tadi adalah 4 yang pertama silahkan kunjungi dokter kandungan anda, anda memperlukan suplemen tambahan apa lagi atau anda harus konsumsi apa selama kehamilan.

Saya dapat pertanyaan satu lagi yang saya akan bahas yaitu

“Saya mengalami morning sickness. Muntah, mual pada saat kehamilan ditrimester pertama. Ada engaak sih vitamin untuk mencegah hal tersebut? atau paling tidak mengurangi?”

Kalau untuk vitaminnya adalah vitamin B6 anda mendapatkannya dengan beli vitamin B kompleks atau anda suda konsumsi vitamin tersebut dan masih mengalami mual, muntah yang hebat silahkan kunjungi dokter kandungan anda.

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat buat anda semua. Jika anda rasa informasi ini penting silahkan share ke teman-teman anda terutama mereka yang sedang hamil atau mau program hamil.

Buat anda yang sedang mencari produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat silahkan kunjungi BoxSehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here