Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik. “Setujukah Anda Kalau Sehat itu Mahal?”.

Sobat sehat, siapa disini yang setiap hari atau mungkin sering mendengar kata-kata ‘Sehat itu mahal’ atau ‘Sehat itu susah’? Mungkin anda pernah mendengar kata-kata ini dari teman anda, saudara anda, atau bahkan orang tua anda. “Waduh.., hidup sehat itu mahal!”

Sekarang kita lihat, dari sudut pandang mana yang mengatakan kalau ‘sehat itu mahal’?

Jadi kalau kita lihat dalam keseharian hidup anda atau hidup kita sebagai manusia. Jadi ketika bangun pagi, apa yang anda lakukan? Kalau anda bisa bangun lebih pagi untuk berdoa atau bersyukur, sebenarnya hal itu merupakan salah satu tips untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Apakah hal itu butuh biaya? Itu yang pertama.

Kemudian setelah berdoa, bersyukur, bangun, kemudian kita minum air putih. Mungkin cukup minum 1 sampai 1,5 gelas. Kalau badannya lebih besar, mungkin bisa sampai 2 gelas. Air putih bisa saya katakan murah, walaupun kita harus tetap membayar setiap harinya untuk air putih. Tetapi, air putih itu lebih murah dibandingkan dengan anda minum minuman yang manis-manis. Itulah yang kedua.

Kemudian yang ketiga, setelah itu anda melakukan aktivitas fisik. Misalnya anda olahraga ke luar rumah, anda jalan-jalan atau lari. Hal itu juga tidak membutuhkan biaya. Kemudian, anda juga akan mendapatkan vitamin D. Tentu saja dari sinar matahari yang memproses pro vitamin D di bawah kulit anda. Dan itu juga gratis. Dimana biayanya?

Kemudian mengatur pola makan. Jadi bagi anda yang suka makan junk food, biasanya setahu saya makanan seperti daging merah yang banyak lemaknya itu lebih mahal dibandingkan dengan sayuran hijau. Tetapi, lebih baik anda kombinasikan karena anda tetap membutuhkan protein dari daging. Mungkin bisa anda ganti dengan telur, tahu, tempe atau ikan.

Jadi apabila anda berkata ‘mahal’, maka mahalnya itu dimana? Mungkin jika anda bekerja lebih ekstra, anda stress lebih tinggi, mungkin anda membutuhkan suplemen tambahan. Mungkin anda akan spare sedikit atau anda akan mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli suplemen.

Atau bagi anda yang pekerjaannya rawan dengan tingkat stress tinggi, anda juga sering mendengarkan musik untuk merelaksasi diri anda.

Mungkin biayanya hanya disitu. Lalu ketika malam hari, anda membutuhkan istirahat. Jadi, tubuh kita ini sudah dipakai bekerja seharian, berpikir, mungkin juga stress. Maka di malam harinya anda harus istirahat yang cukup. Tidur malam. Apakah itu juga butuh biaya? Setahu saya, tidur itu gratis. Mungkin iya untuk tempat tidurnya. Anda butuh uang untuk tempat tidur. Tetapi ‘kan cuma perlu beli satu kali. Kalau tidur doang, dimana-mana ‘kan gratis? Ya ‘kan?

Sekarang, kita bahas dari sisi ketika kita sudah sakit. Jadi, mana yang lebih mahal?

Sekarang, berapa biaya kamar di Rumah Sakit? Mulai dari kelas 1, 2, 3, VIP atau suite class. Ya, anda sendiri yang pilih. Anda bisa cek di Google berapa harganya dan mana yang lebih mahal. Kemudian konsultasi ke dokter, obat dari dokter, apalagi kalau sudah sampai stroke. Separuh badan tidak bisa bergerak. Hal ini juga saya rasa jauh lebih mahal.

Mungkin yang anda maksud ‘mahal’adalah anda harus bangun pagi, tetapi anda malas bangun pagi. Anda harus bangun olahraga, tetapi anda malas olahraga. mungkin yang dimaksud ‘mahal’ ada disitu? Saya tidak tahu. Hal ini kembali kepada diri anda masing-masing.

Jadi, sekarang kembali kepada diri anda masing-masing. Silahkan anda comment di bawah mana yang mahal, sehat atau sakit? Hal ini juga pernah saya tanyakan di Instagram. Sudah ada banyak comment juga disana dan sekarang saya buat dalam bentuk video. Jadi, hal ini kembali kepada diri kita masing-masing.

Ada pepatah yang mengatakan begini :

“Sukses itu dibangun setiap hari”

Ketika anda sudah berusia lanjut, jika anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, hal itu juga harus dibangun setiap hari. Anda sakit pun, hal itu juga karena dibangun setiap hari. Jadi, anda mau membangun kebiasaan yang seperti apa? Tergantung diri anda sendiri.

Oke, semoga pertanyaan sederhana yang mungkin kelihatannya tidak penting ini dapat membuka wawasan anda. Mungkin juga bisa membantu anda berpikir :

“Iya juga ya.. Mumpung saya masih muda, masih bisa bergerak, saya akan melakukan olahraga dengan baik, makan makanan yang baik”. atau mungkin ada juga yang berpikiran : “Mumpung masih muda, saya mau makan makanan yang enak. Toh nanti kalau sudah tua, saya juga harus diet!”. Itu terserah anda. Kembali kepada diri kita masing-masing. Yang terpenting, pertanyaan ini bisa anda analisa sendiri.

Oke, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here