Home kesehatan Penyebab Ketiak Keringat Berlebih & Bau Serta Solusinya

Penyebab Ketiak Keringat Berlebih & Bau Serta Solusinya

0
11

Hallo sobat sehat jumpa lagi dengan saya Dr.Sung. Pada tulisan kali ini saya akan membahas masalah ketiak. Kenapa ketiak bisa bau, keringat berlebih dan ini solusinya.

Jadi kalau bahas tentang bau badan secara umum saya sudah pernah bahas di channel youtube judulnya “Kenapa Saya Sudah Mandi Tetapi Tetap Bau Badan” silahkan anda tonton mungkin mirip-mirip. Tetapi pada tulisan kali ini saya fokuskan ke daerah ketiak.

Kalau kita bicara soal bau badan, pasti fokus kita pertama kali adalah ketiak. Jadi kalau di tanya bau badan pasti yang anda cium di daerah ketiak . Kenapa seperti itu? karena ketiak ini posisinya berada di kulit yang berlipat-lipat dan cenderung tertutup. Akhirnya mudah sekali berkeringat dan banyak sekali bakteri yang tumbuh disana sehingga menimbulkan bau.

Sebelum Saya Bahas Lebih Lanjut, Kita Bahas Dulu Tentang Kulit.

Jadi seluruh kulit kita itu mempunyai beberapa kelenjar. Ada kelenjar minyak namanya Sebasea, kemudian ada kelenjar keringat. Nah kelenjar keringat ini dibagi lagi menjadi 2 ada namanya Ekrin dan ada namanya Apokrin.

Kelenjar keringat yang Aporkin inilah yang sering menimbulkan bau dan biasanya terdapat pada tempat-tempat yang ditumbuhi oleh rambut. Contohnya diketiak, diselangkangan, dikepala. Jadi kalau menghasilkan keringat kemudian bercampur dengan bakteri, bakteri makan sisa keringat tadi ada lemak, ada lipid ada protein ada garam ya. Makanya kalau anda jilat keringat secara tidak sengaja biasanya rasanya asin. Jadi kalau dimakan oleh bakteri tersebut dan hasil metabolisme inilah yang menghasilkan bau.

Kemudian ini juga dipengaruhi oleh makanan. Buat sobat sehat yang dulu pernah belajar jadi kulit kita merupakan salah satu organ eskresi. Apa itu eskresi? eskresi adalah mengeluarkan zat-zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh kita lagi. Contoh air seni kemudian tinja lalu keringat. Kulit merupakan salah satu alat eskresi. Jadi apapun yang kita makan itu akan di keluarkan atau dieskresikan kalau zat-zat sisanya tidak diperlukan lagi.

Kalau anda yang biasanya suka makan rempah-rempah misalnya. Jadi gini kalau anda ketemu orang India atau orang Amerika misalnya itu bau badannya akan berbeda dan Indonesia sendiri karena banyak sekali terdapat berbagai macam jenis suku, pola makan dan lain-lain. Tentu saja bau badannya berbeda-beda. Misalnya di Indonesia Timur akan berbeda dengan Indonesia Barat.

Contoh di India, kalay anda pernah ke India atau anda pernah makanan India disana banyak makanan yang kuat rempah-rempahnya salah satunya kari. Hayo siapa yang pernah makan kari? atau pernah bertemu dengan orang India baunya akan ke arah bau rempah-rempah. Kalau ke orang Amerika misalnya jadi kalau anda habis olahraga atu teadmill mereka berkeringat bau keringatny mungkin lebih ke arah susu, keju ya diary produk. Karena itulah makanan mereka sehari-hari, sedangkan orang Indonesia itu lebih bervariasi. Nah anda makannya apa? Ikan asin? Terong? Kalau ikan asin baunya jadi ikan asin dong?

Mereka juga yang mengkonsumsi alkohol sendiri mereka habis minum pun sudah kecium badannya, bau nafasnya bahkan keringetnya juga akan bau alkohol.

Kemudian para perokok mungkin tidak sadar kalau dia ngerokok karena sudah kebiasaan dengan baunya sehingga dia tidak sadar kalau badannya sendiri bau rokok. jadi anda yang perokok duduk di sampingnya itu sudah kecium “Oh, orang ini perokok”. Walaupun anda sudah pakai parfum tetap kecium dan biasanya seperti itu di perhatikan

Yang Kedua Yaitu Stress

Jadi mereka-mereka yang tingkat stressnya lebih tinggi itu bau badannya akan lebih dibandingkan mereka yang menikmati hidup, santai, senang-senang. Coba anda perhatikan kapan anda stress? misalnya musim ujian. Maka biasanya kalau kita sudah jadi mahasiwa dimusim ujian biasanya bau badannya lebih tidak enak dibandingkan tidak ujian. Saya tidak tau kenapa atau mungkin karena tidurnya telat belajar terus larut malam kemudian besok paginya tidak mandi atau karena salah satunya stress tadi.

Jaga Kebersihan

Nah siapa yang malas mandi? Ya kasusnya tadi misalnya ujian anda telat bangun tidak mandi langsung ke kampus. Anda sih tidak apa-apa teman anda yang kasihan. Jadi kalau anda misalnya olahraga segeralah langsung ganti baju kalau berkeringat atau jangan biarkan ketiak anda basah lama-lama. Kalau anda biarkan ketiak anda basah terlalu lama ya anda memberikan kesempatan untuk si bakteri. Akhirnya menimbulkan bau badan.

Bisa Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Ada yang tanya apa bedanya deodorant dan antiperspirant? Kalau deodorant apapun mereknya anda baca deodorant atau antiperspirant atau ada yang kedua-duanya deodorant+antiperspirant.

Kalau deodoant fungsinya untuk mengontrol bau badan. Jadi dia kerjanya itu menurunkan pH akhirnya bakterinya tidak bisa tumbuh disana. Fungsinya untuk mengontrol bau badan dengan cara membunuh si bakteri. kalau antiperspirant dia mengurangi keringatnya. Buat anda yang keringatnya berlebihan gunakan antiperspirant. Inipun harus anda coba satu-satu mana yang cocok dengan anda. Kadang wanginya deodorant atau antiperspirant ini bercampur dengan keringat anda justru baunya bikin tambah tidak enak. Jadi setiap orang tentu saja akan berbeda-beda untuk deodorantnya atau antiperspirantnya anda cocok yang mana? gunakan yang itu. Penggunaannya juga jangan berlebihan, misalnya anda yang keringatnya cuman sedikit pakai antiperspirant yang banyak digosok-gosok akhirnya kulit anda menjadi kering dan bisa iritasi juga. penggunaan terlalu banyak bisa membuat baju anda kehitaman atau kekuningan nantinya.

Konsultasi Dengan Dokter Kulit dan Kelamin

Anda tanyakan apakah perlu dilakukan tindakan salah satunya adalah botox. Jadi kalau anda pikir selama ini botox yang untuk mengencangkan dahi dan menghilangkan keriput. Coba anda konsultasi dengan dokter SPKK ini dapat mengurangi produksi keringat anda.

Kemudian tindakan yang selanjutnya bisa di operasi untuk mengangkat atau menonaktifkan kelenjar keringatnya. Tapi anda harus konsultasi dengan dokter tersebut yang sudah berkopentensi

Itu tadi adalah 5 Solusi yang anda dapat lakukan kalau anda mengalami masalah bau keringat, bau badan, bau ketiak dan keringat berlebihan. Saran saya gunakan deodorant atu antiperspirant dengan bijak, baca dulu. Dan kalau 4 cara tadi tidak efektif untuk anda, anda segera kunjungo dokter kulit. Seperti biasa untuk anda yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat silahkan kunjungi BoxSehat.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here