Penelitian membuktikan Bahwa Tertawa dapat membakar kalori, Apakah benar?

0
23

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik yang menarik, yaitu : “Apakah Tertawa dapat membakar kalori?”.

Sobat sehat, sebelum saya membahas video ini lebih lanjut, saya akan menginformasikan kepada kalian semua, para subscriber dan viewer dari SB30 Health.

Untuk pertama kalinya, tim SB30 Health akan membuat grup WhatsApp. Jadi, nantinya setiap hari kami akan memberikan tips-tips untuk kesehatan. Kami akan usahakan setiap hari, namun kalau tidak bisa setiap hari, jangan dikomplain yaa..

Tips-tips kesehatan ini akan kami berikan gratis, dan utnuk satu grup WhatsApp hanya untuk 250 orang. Memang terbatas seperti itu. Jadi untuk anda yang benar-benar membutuhkan, silahkan klik link’nya di bawah ini atau di atas. Silahkan anda cari. Silahkan daftar disana dan bergabung bersama kami di grup WhatsApp.

Oke, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan di awal video ini. Kita lanjut.. Sobat sehat, saya sudah baca dari artikel saya baca dari kompas di website lifestyle.kompas.com yang ditulis tanggal 3 Mei 2017. Disini dikatakan bahwa menurut penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University, tertawa selama 15 menit bisa membakar 10-40 kalori, tergantung pada intensitas tawa anda. Jadi, anda bisa cek disini.

Jadi, disini dikatakan bahwa tertawa selama 15 menit bisa membakar 10-40 kalori.

Contohnya begini.. Mungkin ada yang berpikir : “Oh, berarti saya bisa kurus hanya dengan cara tertawa terbahak-bahak, dong? Kalau begitu saya akan ke bioskop, lalu saya akan cari film yang lucu”.

Mungkin anda kenal dengan Mr. Bean. Film’nya itu ‘kan lucu-lucu. Jika anda menonton selama 1,5 jam sampai 2 jam, mungkin totalnya anda bisa tertawa selama 15-30 menit. Anda bisa tertawa terbahak-bahak. Ketika anda tertawa terbahak-bahak selama 30 menit, berarti kurang lebih 40-80 kalori anda terbakar. Tetapi jika anda ke bioskop, tidak mungkin anda tidak membawa camilan. Biasanya sudah beli popcorn, anda juga beli soda. Contoh anda membawa popcorn yang beratnya 100 gram ke bioskop. Kalorinya itu sekitar 375.

Kemudian, kalori dari popcorn tadi ditambah lagi dengan minuman. Biasanya minumannya adalah minuman bersoda. Satu kaleng itu sekitar 140 kalori. Jadi selama menonton bioskop, anda menghabiskan semua camilan tersebut, popcorn dan minuman bersoda. Akhirnya, anda bukannya mengurangi kalori, tetapi justru menambah kalori.

Tentu saja, karena 375 kalori saja sudah lebih besar daripada anda tertawa selama 30 menit yang hanya membakar 80 kalori.  Jadi apabila tujuan anda ke bioskop itu untuk menonton film lucu yang tujuannya untuk membakar kalori, lupakan saja.. Tujuan kita ke bioskop adalah untuk menikmati filmnya.

Lalu, apakah tertawa efektif untuk menurunkan berat badan?

Jadi begini.. Setiap hari, tubuh kita tetap membakar kalori. Itulah sebabnya ada yang namanya kalori harian atau kalori basal. Kurang lebihnya sekitar 1000-1500 kalori.

Mungkin jika aktivitas fisik anda lebih tinggi, bisa sampai 2000 kalori. Terutama pada mereka yang pria. Jadi, kegiatan kita setiap hari baik itu bernapas, berjalan, atau tidur pun kalori kita tetap terbakar karena jantung kita tetap bergerak. Ketika kita berjalan, usus kita bergerak, maka itu semua juga membakar kalori.

Tetapi jika anda ingin membakar kalori lebih banyak, yang harus anda lakukan itu bukannya memperbanyak tertawa. Namun yang perlu anda lakukan adalah memperbanyak olahraga. baik itu intensitasnya, waktunya maupun frekuensinya.

Jadi, saya sudah pernah membahas tentang olahraga apa yang paling banyak membakar lemak. Jadi, ada program HIIT dan program LIIS. Anda bisa lihat videonya disini, saya sudah pernah membahasnya.

Jadi apabila tujuan anda adalah membakar kalori, maka tentu saja anda harus lebih giat berolahraga. Mungkin anda bisa tambahkan kegiatan olahraga kardio dan mengangkat beban. Jika dikombinasikan, hasilnya akan lebih bagus daripada anda harus tertawa seharian selama 5 jam. Kemungkinan justru anda tidak akan bekerja lagi. Namun, anda berada di Rumah Sakit Jiwa karena terlalu lama tertawa.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan. Jika masih ada yang bertanya, “Dok, apakah tertawa itu bisa membakar kalori?”. Saya sudah menjawabnya.

“Dok, kalau menangis apakah juga bisa membakar kalori?”. Kurang lebih sama saja dengan tertawa.

Oke, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here