Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang : “Mana yang Lebih Baik untuk Diet? Beras Putih atau Beras Cokelat?”.

Sobat sehat, pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan anda mengenai diet, beras putih atau beras cokelat, mana yang lebih baik. Lalu, mengapa lebih baik salah satunya? Jadi, di kolom comment banyak yang bertanya seperti itu dan saya akan bahas pada kesempatan kali ini.

Kita lihat dulu. Beras putih kalorinya berapa sih? Beras cokelat kalorinya berapa?

Beras putih kalorinya sekitar 130. Sedangkan beras cokelat kalorinya sekitar 110-111. Sebenarnya perbandingan kedua beras ini dari segi kalori tidak berbeda jauh. Dan saran saya, terserah anda mau diet pakai kentang, pakai jagung, atau apapun itu. Sebenarnya sah-sah saja. Tidak ada larangan atau patokan anda harus pakai beras cokelat, beras putih, jagung dan sebagainya.

Yang terpenting, anda bisa takar kalori anda. Kalori harian anda itu berapa dan setiap orang itu berbeda. Sesuaikan juga dengan pekerjaan anda. Sesuaikan juga dengan aktivitas fisik anda. Misalnya bagi anda yang tidak pernah berolahraga, lalu anda makan. Walaupun anda ganti dengan beras cokelat, tetapi jika sekali makan anda habis 3 piring, 3 x 3. Sehari anda makan habis 9 piring. Ya tetap saja anda gemuk.

Tetapi kalau dari sisi kesehatan pencernaan, ada kandungan serat, jujur, terus terang saja saya bisa bilang beras cokelat lebih baik daripada beras putih. Hal itu juga dulu sudah pernah saya bahas. Beras putih dengan beras cokelat itu sebenarnya sama-sama dari satu tanaman. Namun perbedaannya adalah di proses pengolahannya.

Jadi setelah padi itu dikeringkan, ketika padi itu dipecah kulitnya, itu namanya beras cokelat atau beras pecah kulit. Sedangkan beras putih, kulit arinya yang terdapat pada beras cokelat itu tadi dipoles lagi. Namanya dedak, dan itu sudah dibuang dan biasanya dijadikan makanan ternak.

Sebenarnya untuk proses pencernaan, kulit ari itu tadi sangat baik.

Sebelumnya saya sudah bahas apa fungsinya. Bisa menjaga jantung, pencernaan, kemudian mengurangi resiko diabetes dan sebagainya. Anda bisa tonton di video saya sebelumnya.

Lalu ada lagi yang bertanya. Mungkin ada yang bertanya seperti ini, “Lalu dok, berarti saya cukup makan beras cokelat saja dong selama saya diet? Tidak perlu makan makanan lainnya”. Kalau seperti ini, anda juga keliru. Karena tubuh anda juga membutuhkan zat-zat gizi lainnya untuk proses metabolisme.

Jadi, tubuh anda tetap membutuhkan protein. Protein itu darimana? Daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Bagi anda yang vegetarian, carilah sumber protein dari protein nabati. Dari brokoli, kacang-kacangan dan sebagainya. Susu kedelai juga bisa.

Lalu, zat-zat vitamin dan  zat-zat gizi lainnya juga bisa anda peroleh dari sayuran dan buah-buahan.

Jadi, jangan hanya karena anda mau diet, “Beras cokelat kalorinya lebih kecil. Beras cokelat ada fiber’nya. Oke, saya cukup makan beras cokelat saja”. Itu keliru.

Mungkin itu saja penjelasan singkat dari saya tentang beras cokelat. Bagi anda yang sedang diet, saya doakan semoga diet anda berhasil. Dan jangan lupa konsumsi air yang cukup, olahraga yang baik, dan istirahat yang cukup. Serta jaga pola makan anda.

Dan bagi anda yang sedang mencari beras cokelat, silahkan kunjungi www.boxsehat.com

Jadi boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat. Jadi, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

Dan bagi anda semua yang menyukai channel SB30 Health, silahkan comment di bawah ini, klik like, danbagi yang belum subscribe, silahkan subscribe.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here